Dinsos PA3KB Klaten Targetkan Kabupaten Layak Anak Tingkat Nindya
Kepala Dinsos P3AKB Kabupaten Klaten, Drs Muh Nasir MM. (Solopos.com/Humas Setda Klaten)

Solopos.com, KLATEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten meraih penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak Award tingkat madya selama lima kali berturut-turut. Dinsos PA3KB pada 2021 menargetkan penghagaan sebagai Kabupaten Layak Anak Tingkat Nindya

Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Disos P3AKB) Klaten membantu tugas Bupati Klaten dalam bidang penanganan sosial. Juga pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak serta pengendalian penduduk dan keluarga berencana.

“Dinsos P3AKB Klaten pada tahun 2021 menargetkan Kabupaten Klaten mendapatkan penghagaan sebagai Kabupaten Layak Anak Tingkat Nindya. Untuk itu mohon dukungan dan doa restu masyarakat Klaten, agar kita mampu mencapai target tersebut,” kata Kepala Dinsos P3AKB Drs Muh Nasir MM, Jumat (13/11/2020).

Sedangkan untuk bidang pengendalian penduduk dan KB, menurut Muh Nasir, Dinsos P3AKB Klaten mendorong agar kehadiran Kampung KB di Kabupaten Klaten bisa optimal. Karena di Kampung KB ada kegiatan Tribina, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS), kegiatan pokja, dan sebagainya.

“Kampung KB diselaraskan dengan program nasional, provinsi dan kabupaten. Sehingga Kampung KB dapat membantu program pengentasan kemiskinan dengan pemberdayaan perempuan melalui kegiatan UPPKS,” ujar Muh Nasir.

Muh Nasir menjelaskan kelompok Tribina Kampung KB meliputi Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), dan Bina Keluarga Lansia (BKL). Tribina Kampung KB merupakan program yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dan anggota keluarga lainnya. Dalam hal membina tumbuh kembang, baik secara fisik, motorik, kecerdasan emosional, dan sosial ekonomi dengan sebaik-baiknya kepada balita dan anak remaja.

2.468 Lansia dan 250 ODKB di Klaten Terima Bansos

Bansos Dampak Covid-19


Bupati Klaten Hj Sri Mulyani menerima penghargaan Piagam Manggala Karya Kencana dari Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, Sabtu 29 Agustus 2020. (Solopos.com/Humas Setda Klaten)

“Bahkan melalui program pengendalian penduduk dan program KB, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani meraih penghargaan Manggala Karya Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN),” kata Muh Nasir.

Penyerahan penghargaan dilakukan secara langsung oleh Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo. Yaitu pada peringatan, Hari Kontrasepsi Sedunia Tingkat Kabupaten Klaten di Pendapa Pemda Klaten, Sabtu 29 Agustus 2020.

Prestasi lainnya yang diraih Kabupaten Klaten adalah juara 1 tingkat Provinsi Jateng melalui program TNI Manunggal KB Kesehatan. Kemudian pelayanan KB di rumah sakit Bagas Waras juga juara I tingkat Provinsi Jateng.

“Dinsos P3AKB Klaten mohon doa restu agar berbagai prestasi yang diraih di tingkat Provinsi Jawa Tengah tersebut saat dilombakan di tingka nasional, dapat meraih juara untuk kemajuan Kabupaten Klaten,” pungkas Muh Nasir.

Deputi Pencegahan BNPB Kunjungi Barak Pengungsian di Balerante Klaten

Sementara terkait penyaluran bantuan sosial atau bansos untuk masyarakat terdampak Covid-19. Bansos tersebut menurut Muh Nasir, berasal dari Pemkab Klaten, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Kementerian Sosial.

Muh Nasir berharap bansos tersebut dapat membantu masyarakat. Terutama untuk memenuhi kebutuhan harian. Terkait penyerahan bansos yang dilakukan Dinsos P3AKB Klaten, mungkin ada informasi yang belum tersampaikan atau aduan masyarakat.

“Sehingga Dinsos P3AKB Klaten membentuk tim aduan yang sekaligus memberikan assessment atau edukasi kepada masyarakat,” terang Muh Nasir.

 

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom