SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Jumlah warga miskin Kota Jogja 2011 menurun dibanding 2010 lalu. Dari data terbaru yang telah disahkan Walikota Jogja tercatat warga miskin sebanyak 17.018 keluarga atau 54.530 jiwa. Data mencatat penurunan 16,81% untuk jumlah keluarga dan 16,58% untuk jumlah jiwa.

Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) kota Jogja, MK Pontjosiwi menyampaikan, penurunan angka kemiskinan selama ini difokuskan di wilayah Kricak kecamatan Jetis, Sorosutan kecamatan Kotagede, dan Tegalpanggung kecamatan Danurejan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Data tahun ini mengalami penambahan 66 keluarga dibandingkan data warga miskin sesuai uji publik pada November 2011 lalu,” ujarnya kepada media di kompleks Balaikota, Rabu (18/1).

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut Pontjosiwi, angka penurunan jumlah warga miskin selain jumlah warga pindah dan meninggal, penurunan jumlah juga terjadi karena adanya berbagai proyek bantuan sosial dari pemkot Jogja. Sementara penambahan jumlah 66 keluarga berasal dari data pengajuan komplain kepada Dinsosnakertrans maupun DPDR kota warga miskin yang datanya terhapus dari pemegang KMS sebelumnya.

Pontjosiwi menegaskan, 66 keluarga tercatat masuk data base, tetapi dinyatakan telah pindah. Namun saat dilakukan penelusuran mereka hanya pindah domisili dan masih tetap menjadi warga kota Jogja. “Akhirnya tetap kita masukan ke dalam data warga miskin,” tambahnya.

Adapun, Kepala Bidang Bantuan Tri Maryatun melanjutkan, penambahan data warga telah dimasukkan dalam data base warga miskin 2010. Sedangkan untuk warga yang mengaku miskin tetapi tidak masuk dalam data base baru akan ditindaklanjuti pada survei di 2012 yang dilakukan sepanjang 2011.(Harian Jogja/Pamuji Tri Nastiti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya