SOLOPOS.COM - Jokowi (berbaju putih) (Foto: JIBI/SOLOPOS/Antara)

Jokowi (berbaju putih) (Foto: JIBI/SOLOPOS/Antara)

JAKARTA—Badan Musyawarah Betawi bakal menobatkan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) sebagai orang Betawi melalui pagelaran adat sebelum pergantian tahun nanti.

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

“Kami akan menobatkan Pak Jokowi sebagai orang Betawi. Bamus Betawi akan menyelenggarakan penobatan itu dalam adat dan budaya Betawi,” kata Ketua Badan Penasehat Bamus Betawi Effendi Yusuf saat mendampingi Jokowi mengunjungi situs Setu Babakan, Jakarta, Rabu (21/11/2012).

Effendi menilai ide-ide Jokowi untuk memajukan budaya Betawi merupakan ide baru dan menyegarkan. Bentuk acara penerimaan adat Betawi ini akan disemarakkan dengan gelaran budaya khas Betawi.

“Kami harap Pak Jokowi dapat berkenan hadir dalam penobatan tersebut. Kemungkinan akan kami laksanakan pada akhir tahun ini,” ujarnya.

Atas penobatan itu, Jokowi akan mendapat julukan baru. Jokowi, kata Effendi adalah singkatan dari Joko Betawi.

Sementara itu, dalam kunjungan tersebut, Jokowi menggagas beberapa ide untuk menjadikan budaya Betawi sebagai tuan rumah di Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya