SOLOPOS.COM - Ruang pos pelayanan kesehatan di rest area km 519B Masaran, Sragen, cukup nyaman dan dilengkapi dengan pendingin ruangan dan ketersediaan obat-obatan, Jumat (29/4/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Dinas Kesehatan (Dinkes) Sragen mengerahkan 504 tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas melayani pemudik yang membutuhkan layanan kesehatan. Para nakes itu diambilkan dari puskesmas dan rumah sakit (RS), baik RS swasta maupun RS milik Pemkab Sragen.

“Mereka ini bertugas mengecek vaksin. Melayani vaksinasi bagi pemudik, sosialisasi bagi pemudik yang membutuhkan pelayanan vaksinasi atau tes, dan pelayanan kesehatan lainnya. Mereka tidak mendapat insentif karena sudah menjadi tugas dan pekerjaan mereka,” ujar Kepala Dinkes Sragen, Hargiyanto, Jumat (29/4/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Siang itu Hargiyanto bersama tim dari Dinkes meninjau tujuh pos pelayanan kesehatan untuk para pemudik. Tujuh pos kesehatan itu tersebar di sejumlah lokasi mulai dari jalan arteri Sragen-Ngawi,  jalur arteri Solo-Purwodadi, hingga jalur tol Solo-Ngawi.

“Setiap pos pelayanan kesehatan itu ada satu dokter, dua perawat, dan satu sopir ambulans. Bila dibutuhkan rujukan maka langsung bisa dilakukan penanganan. Dengan kebutuhan empat personel per sif dan sehari minimal dua sif maka nakes yang diterjunkan itu tujuh posko kali delapan orang kali sembilan hari, terhitung sejak 28 April-8 Mei mendatang. Total ada 504 orang nakes,” sambung Hargiyanto.

Mereka mendatangi mulai dari pos pengamanan Alun-alun Sragen. Kemudian bergerak ke pos pengamanan Pilangsari, Ngrampal, dan pos pelayanan di exit tol Sragen Timur, tepatnya di Toyogo, Sambungmacan, Sragen.

Baca Juga: Pemudik Pulang Bawa Duit Banyak, Camat Jatipuro: Kabeh Bakul Payu

Pos pelayanan di exit tol Sragen Timur tersebut berdekatan dengan pos pelayanan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Di sana terdapat fasilitas dua unit toilet portabel dan bak penampungan air di pinggir jalan.

Pos milik Kemen PUPR itu sempat ditinjau langsung Menteri PUPR M. Basuki Hadimuljono pada Rabu (27/4/2022) lalu. Dalam kunjungan tersebut, Menteri Basuki meminta ruang pos diperluas.

Selepas dari exit tol Toyogo, tim Dinkes langsung bergerak melewati jalur tol menuju pos pelayanan di rest area tol km 519B dan km 519A di wilayah Masaran, Sragen.

Pos pelayanan kesehatan di rest area itu terpisah dengan pos pengamanan untuk para personel gabungan dari Polri, TNI, dan stakeholders lainnya. Pos pelayanan kesehatan itu justru berdekatan dengan area parkir.

Baca Juga: Pemudik Asal Karanganyar Ditemukan Meninggal di Bus, Begini Kondisinya

Daftar Posko Pelayanan Kesehatan Bagi Pemudik di Kabupaten Sragen 2022

  1. Pos Peyalanan Exit Tol Sragen Timur (Toyogo, Sambungmacan, Sragen)
  2. Pos Pengamanan Pilangsari, Ngrampal, Sragen.
  3. Pos Pengamanan Alun-alun Sragen
  4. Pos Pos Terpadu Exit Tol Pungkruk, Sidoharjo, Sragen.
  5. Pos Pelayanan Rest Area Tol Km 519A Masaran, Sragen.
  6. Pos Pelayanan Rest Area Tol Km 519B Masaran, Sragen
  7. Pos Pengamanan Gemolong, Sragen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya