Tutup Iklan
Ilustrasi manasik haji (Solopos-Dok)

Solopos.com, MAGETAN -- Jumlah calon jemaah haji (calhaj) asal Kabupaten Magetan, Jawa Timur, yang bisa berangkat ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji tahun ini tercatat sebanyak 444 orang. 

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magetan intensif memantau kesehatan dan kebugaran ratusan calon haji tersebut.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Kabupaten Magetan, Hananta Prakosa, di Magetan, Sabtu (11/5/2019), mengatakan guna mengetahui tingkat kesehatan calon haji, pihaknya telah melakukan sejumlah tes.

Di antaranya adalah tes kebugaran yang telah dilakukan baru-baru ini.

"Kondisi kesehatan para calon haji asal Magetan menjadi perhatian oleh dinas kesehatan setempat. Melalui tes kebugaran, kami ingin memastikan kesehatan para calon haji tetap terjaga sampai dengan berangkat haji nanti," ujar Hananta kepada wartawan.

Pemeriksaan kesehatan dan kebugaran, ia menjelaskan juga ditujukan untuk memetakan kondisi jemaah calon haji dan upaya-upaya yang perlu dilakukan untuk mengatasinya, termasuk kebutuhan untuk menyediakan tenaga pendamping bagi calon haji dengan risiko kesehatan tinggi.

"Kesehatan calon haji menjadi faktor penting sebelum berangkat ke Tanah Suci, sehingga di sana bisa menunaikan ibadah dengan baik," kata dia.

Ia mengatakan jemaah calon haji dengan risiko kesehatan tinggi disarankan untuk menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah haji, dan menyesuaikan aktivitas dengan kondisi kesehatan mereka.

"Saat berangkat semua keperluan penting harus dibawa, di antaranya obat-obatan, masker, dan perlengkapan yang menunjang kelancaran ibadah haji lainnya," kata dia.

Silakan ">KLIK dan ">LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten