Kategori: Jateng

Dinkes Kembali Lakukan Tes Swab di Setda Grobogan, Aduh Kenapa Ya


Solopos.com/Arif Fajar Setiadi

Solopos.com, PURWODADI -- Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan kembali menggelar tes swab kepada puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Setda Grobogan, Senin (12/10/2020).

Tidak hanya staf, beberapa pejabat juga mengikuti tes swab yang digelar di Pendapa Kabupaten Grobogan. Total peserta ada 38 peserta yang diswab oleh petugas Dinas Kesehetan (Dinkes) Grobogan.

Tes swab tersebut, sebagai tindak lanjut adanya seorang ASN yang dinyatakan positif Covid-19. Menurut Kepala UPTD Labkesda Dinkes Grobogan dr. Pungki Adita Puspita, yang bersangkutan merupakan ASN di Setda Grobogan

"Jadi ada ASN yang menjalani tes swab kemudian hasilnya baru diketahui kemarin [Minggu, 11/10/2020]. Sehingga hari ini kita langsung lakukan tracing terhadap teman satu kantor dan yang sempat berhubungan dengan yang bersangkutan," ujar dr. Pungki di Pendapa Kabupaten Grobogan, Senin.

Inspiratif! Paguyuban di Klaten Ini Dirikan Warung Makan Gratis di Tengah Pandemi

Mengenai sumber penularan dari ASN Setda Grobogan yang positif terpapar Covid-19, dr. Pungki mengatakan ada kemungkinan dari Pasar Pagi di Jl. Gajah Mada Purwodadi. Karena yang bersangkutan diduga pernah ke pasar tersebut.

"Sebelumnya kan memang sudah ada kasus, satu pedagang Pasar Pagi positif terjangkit Covid-19. Kemudian kita lakukan tracking kontak terdekat dan siapa saja yang pernah berhubungan. Salah satunya ASN di lingkungan Setda Grobogan kemudian dilakukan tes swab. Hasilnya ASN berjenis kelamin laki-laki tersebut positif terpapar Covid-19," kata dr. Pungki.

Waduh, Sudah 5 Warga Salatiga Meninggal Akibat Covid-19

Menutup Pasar

Bahkan guna memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19) dari Pasar Pagi tersebut, Dinkes Grobogan berkoordinasi dengan Disperindag menutup pasar tersebut selama tiga hari. Kemudian dilakukan penyemprotan cairan disinfektan.

Sebelumnya Dinkes Grobogan menggelar tes swab terhadap pegawai di lingkungan Kantor Sekretariat Daerah (Setda) setempat, Kamis (1/10/2020) siang. Langkah tersebut karena ada satu ASN yang dinyatakan positif terpapar Covid-19. Selain ASN lingkungan Setda, kegiatan itu juga diikuti pegawai Dinas PUPR Kabupaten Grobogan.

Lawan Corona, Pasar Bunder Sragen Dilengkapi Tempat Cuci Tangan dan Klinik

"Kalau yang Dinas PUPR karena ada keluarga dari staf di dinas tersebut yang dinyatakan positif terkena Covid-19 jadi kita lakukan tracing dengan tes swab. Alhamdulillah yang tes swab awal Oktober lalu ASN Setda dan Dinas PUPR Grobogan hasilnya negatif semua," tambah dr. Pungki.

Share
Dipublikasikan oleh
Arif Fajar Setiadi