Tutup Iklan

Dinkes Jatim Selidiki Pola Penularan Hepatitis A di Pacitan

Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) memberikan dukungan kepada Pemerintah Kabupaten  Pacitan dalam menanggulangi penularan penyakit hepatitis A yang telah mewabah di wilayah setempat.

Dinkes Jatim Selidiki Pola Penularan Hepatitis A di Pacitan

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Hepatitis A. (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, SURABAYA -- Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) memberikan dukungan kepada Pemerintah Kabupaten  Pacitan dalam menanggulangi penularan penyakit hepatitis A yang telah mewabah di wilayah setempat.

"Kami sudah melakukan penyelidikan epidemologi untuk mengetahui pola sebaran dan mekanisme penularannya yang terjadi, sehingga bisa memutus rantai penyebaran dan tidak menyebar lebih luas," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim Setya Budiono di Surabaya, Jumat (28/6/2019).

Setya mengatakan Pemkab Pacitan sudah menggerakkan seluruh fasilitas kesehatan untuk mendukung layanan tata laksana pengobatan penyakit perada gangan para organ hati itu.

"Di puskesmas setempat, petugas kesling (kesehatan lingkungan) sudah melakukan kaporitisasi, kemudian meningkatkan kemampuan masyarakat sekaligus mengajak masyarakat meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat. Perilaku ini menjadi pengobatan efektif untuk KLB," ujar dia.

Setya mengimbau penderita yang memasuki masa pemulihan untuk istirahat total selama sebulan sebagai upaya mengurangi penyebaran hepatitis A yang lazim disebut penyakit kuning. Selain itu, masyarakat yang sudah sakit hepatitis A dimohon berobat ke puskesmas terdekat atau dokter.

"Setelah gejala kuning hilang, harus istirahat total sebulan dan jangan bepergian meskipun tidak rawat inap," tutur Setya.

Lebih lanjut penerapan pola hidup bersih juga harus dilakukan seperti yang sehat. Mulai dengan mencuci tangan saat sebelum dan sesudah buang air besar dan kecil, sebelum dan sesudah memasak dan makan.

Sementara bagi yang sehat sebelum dan sesudah merawat pasien dengan hepatitis A juga harus mencuci tangan. "Kemudian makan makanan sehat dan matang, air juga harus dimasak lebih dahulu selama KLB mohon tidak mengonsumsi makanan mentah," katanya.

Kalaupun terpaksa, makanan mentah harus dicuci dengan baik. Misal buah Jambu, karena tidak mungkin direbus, maka dicuci dengan sabun buah.

Pemerintah Kabupaten Pacitan memutuskan menetapkan status KLB hepatitis A pada 25 Juni 2019. Jumlah penderita Hepatitis A di Kabupaten Pacitan hingga Kamis (27/6/2019) siang, tercatat sebanyak 824 orang. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Gunung Merapi Pagi Ini: 2 Kali Luncurkan Awan Panas Guguran dan Lava Pijar sejauh 1,4 Km

Gunung Merapi pagi ini terpantau mengeluarkan dua kali awan panas guguran. Status erapi belum berubah, masih Siaga.

Nama Pati Rupanya Berasal dari Peleburan Tiga Kadipaten

Kisah ini diawali dari pelarian Dewi  Ruyung Wulan, putri dari Adipati Carangsaka yang dinikahkan paksa dengan Menak Jasari, putra dari Kadipaten Paranggaruda.

10 Berita Terpopuler : Saminisme Ajaran Asli Indonesia - Mahasiswi Terjun ke Sungai

Ulasan tentang ajaran saminisme hingga mahasiswi nekat terjun ke sungai dari jembatan masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Ada Pemberlakuan Aturan Baru Aktivitas Publik di Banyumas

Sejumlah langkah tegas disiapkan Pemkab Banyumas untuk membatasi aktivitas publik masyarakat selama pandemi Covid-19.

Anjlok Lagi, Berikut Harga Emas Pegadaian Hari Ini Jumat 18 Juni 2021

Harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada hari ini, Jumat (17/6/2021) kembali turun, baik untuk cetakan UBS maupun Antam.

Solopos Hari Ini: Tarik Rem Darurat

Solopos edisi Jumat (18/6/2021) mengulas soal lonjakan kasus Covid-19 yang harus diatasi pemerintah. Tingginya angka kasus harian Covid-19 bisa membuat fasilitas kesehatan kolaps.

Aplikasi Simpati Diluncurkan, Isinya Informasi Lengkap Soal Wisata Sragen

Aplikasi Simpati bisa diakses melalui laman simpati.sragenkab.go.id serta juga bisa diunduh di playstore dengan nama Sragen Tourism.

Belgia Lolos ke 16 Besar, Ini Klasemen Grup B Euro 2020

Hasil ini membuat Belgia lolos ke 16 besar sementara Denmark hampir pasti tersingkir di fase grup.

Uposotha Mandala Puja, Ritual Perenungan Diri Umat Buddha

Ritual ini bernama upacara Uposotha Mandala Puja yang diadakan setiap dua kali sebulan pada tanggal satu dan tanggal lima belas  bulan lunar penanggalan Jawa.

Tertular Cacar Langka dari Kucing, Wanita Ini Terancam Buta

Kasus cacar sapi pada manusia meskipun langka namun berpotensi ada kasus serupa di masa depan.

De Bruyne Jadi Pembeda Belgia

Dengan kemenangan ini, Belgia pun menjadi tim kedua setelah Italia yang memastikan diri lolos ke babak 16 besar Euro 2020.

Pentingnya Membangun Impresi yang Baik Untuk Meraih Sukses

Cara membangun impresi yang baik dipaparkan dalam webinar bertajuk Making a Good Impression to be Impactful in New Normal Era.