SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, SURABAYA — Sebanyak 1.584 fasilitas kesehatan disiagakan untuk melayani para pemudik saat berlangsungnya arus mudik dan arus balik Idulfitri 1440 Hijriyah di wilayah Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim Kohar Heri Santoso mengatakan 1.584 fasilitas kesehatan terdiri tas 239 rumah sakit, 924 puskesmas, 243 tambahan di pos pengamanan, dan 178 klinik di seluruh jalur mudik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Jadi ada 1.584 fasilitas kesehatan yang tersebar bukan hanya di jalan tol. Di tiap pos ada sifnya yaitu tiga sif. Nanti akan kita hitung kekuatan yang ada,” kata Kohar saat dimintai konfirmasi di Surabaya, Senin (13/5/2019).

Dia menjelaskan Dinkes Jatim secara umum telah memantau kondisi para pemudik dengan mendatangi Perusahaan Otobus (PO) dan melakukan pemeriksaan terhadap kesehatan pengemudi.

“Kemudian yang kedua sosialisasi kepada masyarakat. Nanti H-10 kami akan buka pos kesehatan karena pada saat itu puncak arus mudik,” ujarnya.

Kepada masyarakat, Dinkes Jatim juga menyosialisasikan tips mudik sehat dan selamat. Kohar Heri Santoso menjelaskan poin pertama ialah dengan membawa bekal yang cukup termasuk obat-obatan.

“Selanjutnya upayakan pengemudi dan kendaraan pada kondisi prima. Saya meminta pemudik datang ke pos kesehatan kalau memang ada keluhan. Selain itu, istirahatlah 15 menit setiap setelah dua jam mengemudi. Kemudian kelola emosi ketika mengemudi,” tuturnya.

Menurut Kohar, ada berbagai macam keluhan dari pemudik saat arus mudik yaitu kelelahan karena dehidrasi kemudian kecapaian di jalan.

“Terperangkap dalam kemacetan semacam itu. Kalau yang masuk pos kesehatan itu umumnya karena ada kecapaian, tetapi ada penyakit penyaluran napas, saluran cerna, kita antisipasi kemudian biasanya habis puasa kemudian balas dendam makan berlebihan bisa diare dan lain sebagainya,” ujarnya.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya