SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KULONPROGO—Dinding tebing Kali Progo di tikungan Kalibawang tergerus aliran air dan material lain hingga merongga.

Dinas Pekerjaan Umum DIY memperbaikinya guna mencegah gerusan semakin luas. Beberapa hari terakhir, sejumlah pekerja tampak mengerjakan pembangunan dinding tebing di tikungan Kali Progo di dekat pintu air Saluran Induk Kalibawang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pekerjaan sudah dimulai dua minggu lalu, ini hampir selesai,” ungkap petugas pintu air Saluran Induk Kalibawang, Rohmat, Senin (17/10).

Ekspedisi Mudik 2024

Ia menjelaskan, bagian dinding tebing yang tergerus merupakan pojok tikungan sungai, sehingga sering ‘tertabrak’ arus air dan material lain yang mengalir di sungai.

Bagian yang tergerus memanjang hingga 30 meter, setinggi dua meter di atas permukaan air dan satu meter di bawah permukaan air.

Dinding tebing itu, katanya, menjadi pengarah arus air agar berbelok dan masuk ke pintu air Saluran Induk Kalibawang. Selain itu, dinding berfungsi agar arus air tidak menggerus tebing karena bisa berakibat longsor.(HARIAN JOGJA/Nina Atmasari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya