Ilustrasi mudik (Solopos-Whisnupaksa Kridangkara)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sukoharjo menyebut mayoritas jalur mudik ke Kabupaten Makmur berstatus mantap. Kalau pun ada jalan yang rusak, kerusakannya tidak parah, hanya lubang atau rusak ringan.

Pemkab Sukoharjo sudah mulai menginventarisasi jalur mudik Lebaran mendatang. Targetnya jalur mudik tersebut dalam kondisi mulus dan siap dilalui para pemudik pada H-10 Lebaran.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PUPR Sukoharjo Sarjito mengatakan persiapan menghadapi musim mudik Lebaran mulai dikerjakan sejak dini. Hal ini dilakukan agar saat tiba momen mudik, jalur tersebut semua sudah siap. Artinya, tidak ada pekerjaan yang mendadak.

"Kami sudah melakukan pembagian mulai jalur utama, alternatif, dan pendukung untuk mudik Lebaran," katanya ketika berbincang dengan wartawan, pekan lalu.

Jalur utama di Kabupaten Sukoharjo adalah Ngasem-Kleco, Kartasura-Sanggung, Grogol, dan Grogol-Sukoharjo-Nguter. Kewenangan perbaikan jalan untuk jalur utama ini ada di pemerintah pusat. Kemudian jalur alternatif di antaranya ruas Tegalan-Mangkuyudan, dan Jl. Slamet Riyadi Kartasura.

Selain itu jalur alternatif di jalur lingkar timur ada ruas Bulakrejo-Terminal Sukoharjo dan jalur lingkar barat ruas Terminal-Jl. Rajawali sampai Kejaksaan. Ruas Bulakrejo-Terminal, lanjut dia, menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Jateng.

Sedangkan ruas jalan lain menjadi wewenang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) termasuk Jl. Jenderal Sudirman dan Jl. Slamet Riyadi Kartasura. Ihwal jalur pendukung, DPUPR memetakan ruas Baki-Pajang, ruas Tanjunganom-Daleman, ruas Bahu-Dlopo, Wirun-Palur, Gentan-Bekonang, Songgorunggi-Malangsari, Sukoharjo-Weru, dan ruas Carikan-Bulakan.

"Dari hasil pantuan sementara, kondisi jalan masih cukup baik dan berstatus mantap. Hanya ada beberapa lokasi yang berstatus kurang mantap dan rusak berat," katanya.

Status kurang mantap adalah kondisi jalan berlubang atau mengalami kerusakan kecil. Tim sapu lubang akan memperbaikinya agar jalur mudik mulus pada H-10 Lebaran.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo Joko Indrianto mengatakan mulai melakukan pengecekan rambu lalu lintas, pos pantau, traffic light, markah jalan, dan lainnya. Pengecekan dilakukan guna mempersiapkan arus mudik dan balik Lebaran.

"Hasilnya mayoritas dalam kondisi baik dan tidak perlu penggantian. Kalaupun ada yang perlu diperbaiki sifatnya hanya ringan," katanya.

Selain itu Dishub memetakan lokasi pemasangan rambu petunjuk jalan menyambut arus mudik Lebaran.

Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten