SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Jawa Tengah terus mendorong perempuan untuk lebih percaya diri dalam memulai maupun mengembangkan usahanya. Apalagi 80% binaan Dinas Koperasi dan UKM Jateng adalah pengusaha perempuan.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jateng, Ema Rachmawati mengatakan rasa percaya diri menjadi modal utama yang harus dimiliki perempuan. Menurutnya perempuan tidak perlu merasa minder dengan laki-laki dalam memulai sebuah berbisnis ketika ingin sukses.  “Perempuan harus bangun kepercayaan dirinya sebagai seorang perempuan ketika mau menjadi pengusaha dan lainnya,” kata Ema, Senin (29/4/2019).

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Dia mengatakan, perempuan juga harus senantiasa terus belajar dan mengoreksi segala kekurangan dalam bisnisnya. Jangan mudah puas dengan hasil, namun harus terus belajar agar kian maju. “Perempuan tidak boleh berhenti belajar, hidup belajarlah sampai akhir khayatnya,” ucapnya. 

Disebutnya, saat ini pun telah banyak perempuan yang berwirausaha. Dari banyak pelatihan dan pendampingan yang dilakukan Dinkop, 80% merupakan kalangan perempuan. “Kita lihat sebenarnya dari pendampingan kita kebanyakan UKM ya perempuan. Perempuan telaten, langsung cepat naik,” katanya. 

Dia menambahkan, Dinkop dan UKM Jateng terus berupaya memfasilitasi perempuan agar mau berwirausaha dengan adanya berbagai pelatihan, pendampingan dan pendekatan dengan sumber permodalan.  “Kita fasilitasi perempuan untuk mendekati sumber permodalan baik dengan perbankan, kredit umi, koperasi,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya