SOLOPOS.COM - Ilustrasi nyamuk Aedes aegypti penyebar demam berdarah dengue. (JIBI/Solopos/Dok.)

Perilaku hidup sehat kunci perangi demam berdarah

Harianjogja.com, JOGJA-Dinas Kesehatan DIY selalu berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mencegah penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembayun Setyaningastutie mengatakan, Dinkes DIY selalu melakukan sosialisasi dan pendampingan bagi warga agar selalu menerapkan perilaku hidup bersih. Pasalnya, kebersihan lingkungan adalah kunci utama dalam pengendalian penyakit tersebut.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia menjelaskan, jika lingkungannya penuh dengan genangan air, fogging atau penyemprotan insektisida tidak akan berarti banyak. “Karena yang mati hanya nyamuk dewasa, sementara jentik-jentiknya tetap selamat,” kata dia, Selasa (14/11/2017).

Baca jug : April Diprediksi Jadi Masa Rawan Demam Berdarah

Ia mengatakan, kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan, sudah mulai tinggi, utamanya untuk kawasan perkotaan. Namun, untuk tempat-tempat seperti kebun kadang masih luput. “Intinya saya menghimbau masyarakat untuk berperilaku hidup sehat bersih saat musim hujan dan melakukan pemberantasan sarang nyamuk,” tutupnya.

Baca juga : Demam Berdarah Bisa Dikendalikan, Ternyata Caranya Sederhana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya