SOLOPOS.COM - Sapi putih (Dok/JIBI/Solopos)

Harianjogja.com, KULONPROGO- Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Kepenak) Kulonprogo berupaya mendongkrak populasi sapi, terutama sapi putih.

Kepala Dinas Kepenak Kulonprogo, Endang Purwaningrum Titi Lestari mengatakan sapi jenis putih ternyata lebih mudah dalam pengembangbiakkannya serta menghasilkan sapi yang lebih berkualitas dari sisi genetik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sementara, kualitas sapi merah dinilai tidak sebaik sapi putih karena terkendala beberapa hal, antara lain, perkawinan berulang sehingga silsilah sulit dilacak serta masa birahi lebih panjang yang menyebabkan peternak sulit menentukan musim kawin.

Ekspedisi Mudik 2024

Kabid Peternakan Diskepenak Kulonprogo, Nur Syamsu Hidayat, menyebutkan, untuk meningkatkan populasi sapi telah dilakukan beberapa kegiatan, seperti pengembangan kawasan sapi potong, integrasi ternak dengan tanaman, serta pengembagan sapi potong di wilayah hutan.

“Semua ini sudah mulai berjalan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya