Dimulai Akhir Desember, Ini Sasaran Prioritas Vaksinasi Anak Sukoharjo

Pemkab Sukoharjo akan memulai vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun pada akhir Desember 2021, namun masih menunggu pasokan vaksin Sinovac yang menipis.

 Ilustrasi penyuntikan vaksin Covid-19. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penyuntikan vaksin Covid-19. (Freepik.com)

Solopos.com, SUKOHARJO — Vaksinasi Covid-19 dengan target sasaran anak usia 6-11 tahun di Sukoharjo direncanakan dimulai pada akhir Desember 2021. Pemberian vaksin untuk anak pada tahap awal akan diprioritaskan anak kelas III, IV, dan VI.

Pemerintah pusat telah mengizinkan penyuntikan vaksin Covid-19 dengan sasaran anak usia 6-11 tahun. Hal ini ditindaklanjuti pemerintah daerah yang melakukan persiapan vaksinasi anak berusia 6-11 tahun.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Salah satu syarat vaksinasi anak usia 6-11 tahun yakni capaian vaksinasi dosis pertama secara kumulatif mencapai di atas 70 persen dan capaian vaksinasi kelompok lanjut usia (lansia) di atas 60 persen.

Baca Juga: Keren! Aplikasi Jelajah Sukoharjo Diganjar Penghargaan Smart Branding

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, mengatakan vaksinasi dosis pertama per 14 Desember mencapai 78,06 persen. Sedangkan capaian vaksinasi kelompok lansia mencapai sekitar 74,26 persen.

Artinya, Kabupaten Sukoharjo telah memenuhi syarat vaksinasi anak usia 6-11 tahun. “Untuk tahap awal, vaksinasi anak usia 6-11 tahun direncanakan pada akhir Desember. Namun demikian, vaksinasi anak menyesuaikan kondisi stok vaksin Sinovac,” katanya saat berbincang dengan wartawan, Rabu (15/12/2021).

Yunia menyebut vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Sukoharjo menggunakan vaksin jenis Sinovac. Namun, stok vaksin Sinovac di Sukoharjo saat ini mulai menipis. Yunia mengaku telah berkoordinasi dengan DKK Jawa Tengah agar segera memasok vaksin jenis Sinovac.

Baca Juga: Dongkrak Literasi Pajak, DJP Jateng Buka Tax Center di Univet Sukoharjo

Saat ini, sebagian siswa kelas I, II, dan V tengah mengikuti Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). Harus ada interval waktu minimal empat pekan sebelum disuntik vaksin Sinovac.

Program BIAS

“Vaksinasi anak diprioritaskan terlebih dahulu terhadap siswa kelas III, IV, dan VI. Sementara vaksinasi Covid-19 bagi siswa yang mengikuti program BIAS dilaksanakan pada tahun depan,” ujarnya.

Direktur RSUD Ir Soekarno Sukoharjo itu masih menunggu hasil pendataan anak usia 6-11 tahun yang jadi sasaran vaksinasi Covid-19. Pendataan anak dilakukan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo dan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sukoharjo.

Baca Juga: Blusukan ke Desa Toriyo, Tim Gabungan Bendosari Edukasi Prokes ke Warga

Saat ini, pemerintah terus menggenjot capaian vaksinasi dosis kedua dengan sasaran beragam kelompok masyarakat. “Kasus Covid-19 di Sukoharjo memang melandai namun program vaksinasi harus terus digulirkan. Satgas melibatkan ketua rukun tetangga [RT] untuk mendata masyarakat yang belum disuntik vaksin dosis kedua,” paparnya.

Seorang orang tua siswa asal Kelurahan Jombor, Kecamatan Bendosari, Yohana, mengatakan kelompok anak harus segera disuntik vaksin seiring pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah. Terlebih, imunitas kelompok anak cenderung lemah dibanding orang dewasa. Mereka lebih cepat terinfeksi virus saat berinteraksi dengan warga yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      + PLUS Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      Gempa bumi dalam dan menengah yang biasa terjadi di Laut Jawa menyimpan banyak misteri yang belum terungkap dengan detail. Banyak teori yang membahas tentang fenomena gempa bumi dalam dan menengah.

      Berita Terkini

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 16 Agustus 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini bisa disimikan pada artikel ini.

      Proyek Simpang Joglo Solo, Mulai Hari Ini Jl Kol Sugiyono Jadi Searah

      Mulai hari ini, Selasa (16/8/2022), Jl Kolonel Sugiyono, Banjarsari, Solo, berlaku dua arah menyusul dimulainya pekerjaan pemasangan pilar jembatan rel layang Simpang Joglo.

      Terus Berkurang, Kebo Bule Keraton Solo Kini Tinggal 15 Ekor

      Jumlah kebo bule milik Keraton Solo kini tinggal 15 ekor menyusul kematian empat ekor kerbau ikon kirab malam 1 Sura itu dalam waktu kurang dari sebulan terakhir.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 16 Agustus 2022, Pagi Sudah Hujan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Selasa (16/8/2022), hujan akan turun sejak pagi dan meningkat intensitasnya di malam hari.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 16 Agustus 2022, Berawan dan Hujan

      Hujan ringan masih akan mewarnai prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Selasa (16/8/2022).

      Cuaca Sukoharjo Selasa Ini: Awan Tebal Sore, Hujan Malam Hari

      Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo secara lengkap untuk hari ini, Selasa (16/8/2022).

      Cuaca Boyolali Selasa Ini, Hujan Ringan Sore hingga Malam Hari

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Selasa (16/8/2022), tersaji secara lengkap dalam artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Solo Selasa 16 Agustus, Hujan Bergeser ke Malam Hari

      Prakiraan cuaca Kota Solo akan hujan pada Selasa (16/8/2022) malam.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Selasa Ini: Gerimis Pukul 19.00 WIB

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Selasa 16 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Selasa Ini: Gerimis Malam

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Selasa 16 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Target Pendapatan Daerah 2022 Naik Rp8 Miliar, Pemkot Solo Genjot Pajak

      Hasil kesepakatan Pemkot dan DPRD Solo, pendapatan daerah pada APBD Perubahan 2022 dinaikkan senilai Rp8 miliar.

      Sambut HUT RI, Warga dan Eks Napiter Boyolali Heboh Lomba Mancing Mania

      Seratusan warga Desa Bendan, Kecamatan Banyudono, Boyolali, serta stakeholder pemerintahan di kecamatan setempat menggelar lomba memancing disertai pengibaran bendera dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI dan meningkatkan nasionalisme di desa setempat, Minggu (14/8/2022).

      Warga Solo Mau Ikut Pawai Pembangunan 2022? Buruan Daftar di Link Ini

      Pemkot Solo mengadakan Pawai Pembangunan memperingati HUT ke-77 RI pada Jumat (19/8/2022), masyarakat umum bisa ikut berpartisipasi sebagai peserta.

      Bak Model, Puluhan ODGJ Ikut Fashion Show di Griya PMI Peduli Solo

      Puluhan orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ penghuni Griya PMI Peduli di Mojosongo, Solo, bergaya bak model di acara fashion show memeriahkan HUT RI.

      Sambut HUT RI, Warga Krakitan Klaten Bikin Es Puter Merah Putih

      Warijo, 62, berjualan es puter di Dukuh Bugel, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Minggu (14/8/2022) siang.

      Fix! Lapangan Pringgodani Wonogiri Jadi Lokasi Upacara Kemerdekaan RI

      Pemerintah Kabupaten Wonogiri memastikan akan melaksanakan upacara peringatan detik-detik Kemerdekaan RI di Lapangan Pringgondani, Wonokerto, Wonogiri, Rabu (17/8/2022).