SOLOPOS.COM - Warga membanjiri Jl Pemuda saat digelar car free night (CFN) merayakan malam pergantian tahun, Sabtu (31/12/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso).

Solopos.com, KLATEN — Kegiatan Car Free Night atau CFN di Jl Pemuda, Klaten, bakal digelar mulai Sabtu (11/2/2023) malam. Pemkab memutuskan CFN digelar rutin sekali dalam sebulan.

Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya, menjelaskan sesuai rencana car free night digelar di sepanjang Jl Pemuda antara simpang lima Plasa Klaten hingga simpang empat Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperakim).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

CFN diadakan antara pukul 19.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. “Nanti akan diresmikan oleh Bu Bupati pada Sabtu [11/2/2023] malam. Rencananya dirutinkan setiap pekan kedua, sekali dalam sebulan,” kata Yoga saat ditemui Solopos.com di Desa Ngandong, Gantiwarno, Jumat (3/2/2023).

Kegiatan CFN di Jl Pemuda itu digelar untuk memfasilitasi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Klaten serta menjadi tempat hiburan warga Kabupaten Bersinar. “Tujuannya untuk memfasilitasi UMKM dan masyarakat supaya ada pergerakan perekonomian. Selain itu untuk meramaikan kawasan perkotaan,” jelas dia.

Para pelaku UMKM bisa berjualan di sepanjang badan jalan selama car free night digelar. Terkait para pelaku usaha pertokoan di sepanjang ruas Jl Pemuda yang bakal digunakan untuk CFN, Yoga menjelaskan Pemkab segera memberikan sosialisasi ihwal rencana itu.

“Kami berharap dari para pelaku usaha bisa memahami dan bekerja sama. Tujuan dari kegiatan ini untuk menggerakkan UKM di Klaten,” ungkap dia.

Sesuai ketentuan Perbup, Alun-alun Klaten masuk zona merah PKL atau daerah yang dilarang digunakan untuk lokasi berjualan PKL. Yoga menjelaskan saat CFN digelar, pedagang berjualan di badan Jl Pemuda Klaten yang ditutup untuk CFN.

Sementara alun-alun tetap steril dari PKL. Di sisi lain, Car Free Day (CFD) tiap Minggu pagi tetap digelar di Jl Mayor Kusmanto pukul 05.00 WIB-09.00 WIB. Bupati Klaten, Sri Mulyani, menjelaskan selain memfasilitasi pelaku UMKM serta memberikan ruang rekreasi, CFD sekaligus mempromosikan taman kuliner dan segera dioperasikan tahun ini.

Taman kuliner itu berada di tepi Jl Mayor Kusmanto tepatnya di kawasan Gedung Wanita serta Mal Pelayanan Publik (MPP) Klaten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya