Diminta Mundur karena Tragedi Kanjuruhan, Ini Daftar Susunan Pengurus PSSI

Susunan pengurus PSSI yang diminta mengundurkan diri oleh Achsanul Qosasi pasca terjadinya tragedi di Stadion Kanjuruhan saat ini dipimpin oleh Ketua Umum Mochamad Iriawan.

 PSSI (pssi.org)

SOLOPOS.COM - PSSI (pssi.org)

Solopos.com, JAKARTA—Berikut ini susunan pengurus PSSI yang diminta mengundurkan diri pasca terjadinya tragedi di Stadion Kanjuruhan pada pekan ke-11 Liga 1 2022/2023. Permintaan mundur itu disuarakan Achsanul Qosasi. Presiden Madura United FC itu mengatakan pengurus PSSI wajib bertanggung jawab atas jatuhnya korban jiwa, korban luka, dan masalah yang ada.

Hal tersebut disampaikan oleh Achsanul Qosasi melalui unggahan di akun Twitternya, @AchsanulQosasi. “PSSI wajib bertanggung jawab, dan semua pengurusnya harus mundur sebagai respek terhadap korban dan keluarganya,” tulis Achsanul dalam cuitannya, Minggu (2/10/2022), seperti dikutip dari Bisnis.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Dia pun menilai bahwa PSSI tidak perlu membentuk tim-tim tertentu untuk mengusut tragedi Kanjuruhan. “Jangan melokalisir kesalahan di Malang, bahwa yang salah seolah yang mengurus pertandingan di Malang. Ini keputusan federasi nasional, di bawah kendali federasi [PSSI], tragedi dunia sepak bola,” tulis Achsanul yang juga anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Baca Juga: Kualifikasi Piala Asia U-17 Hari Ini: UEA vs Palestina, Guam vs Indonesia

PSSI, organisasi yang didirikan di Solo pada 19 April 1930 saat ini dipimpin oleh Mochamad Iriawan. Mochammad Iriawan menjadi ketua umum ke-19 PSSI setelah menang mutlak pada Kongres Luar Biasa PSSI 2019 dengan memperoleh suara 82 di Hotel Shangri-La Jakarta.

Pria yang memiliki nama panggilan Iwan Bule akan menjabat sebagai Ketua Umum PSSI hingga 2023. Purnawirawan komisaris jenderal polisi itu dibantu beberapa orang dalam susunan pengurus PSSI, seperti dilansir dari laman resmi PSSI, yaitu dua Wakil Ketua Umum Iwan Budianto dan Cucu Soemantri.

Menempati posisi Sekretaris Jenderal adalah Yunus Nusi yang dibantu Wakil Sekretaris Jenderal Maaike Ira Puspita.

Baca Juga: Guam vs Indonesia: Skuat Bima Sakti Lebih Bugar

Dalam susunan pengurus PSSI terdapat 12 anggota Komite Eksekutif.  Mereka adalah Yoyok Sukawi, Dirk Soplanit, Endri Erawan, Haruna Soemitro, Hasnuryadi Sulaiman, Juni Rahman, Pieter Tanuri, Sonhadji, Ahmad Riyadh, Hasani Abdul Gani, Yunus Nusi dan Vivin Cahyani.

Tugas dan kewenangan Komite Eksekutif  PSSI sesuai Pasal 37 Statuta PSSI di antaranya mengambil keputusan atas seluruh hal yang bukan merupakan lingkup tanggung jawab Kongres PSSI atau yang tidak diberikan kepada Badan lain sebagaimana diatur pada Statuta PSSI.

Kemudian mengesahkan perubahan nama, domisili dan/atau kepemilikan Badan Hukum sebuah Klub setelah melalui mekanisme dan proses kajian yang akan ditetapkan kemudian melalui regulasi, instruksi atau edaran yang dikeluarkan oleh PSSI.

Baca Juga: Sambil Terisak, Presiden Arema FC Juragan 99 Minta Maaf atas Tragedi Kanjuruhan

Selain itu menunjuk Pelatih Kepala dan Perangkat Pelatih untuk Tim Nasional atas usulan dari Departemen Teknis di Sekretariat Jenderal dan oleh Komite Teknis dan Pengembangan.

 

Berikut Susunan Pengurus PSSI 2019-2023:

Ketua Umum:  Mochamad Iriawan

Wakil Ketua Umum I: Iwan Budianto

Wakil Ketua Umum II: Cucu Soemantri

Sekretaris Jenderal: Yunus Nusi

Wakil Sekretaris Jenderal: Maaike Ira Puspita

Anggota Eksekutif Komite:

Yoyok Sukawi

Dirk Soplanit

Endri Erawan

Haruna Soemitro

Hasnuryadi Sulaiman

Juni Rahman

Pieter Tanuri

Sonhadji

Ahmad Riyadh

Hasani Abdul Gani

Yunus Nusi

Vivin Cahyani

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Hasil 16 Besar Piala Dunia 2022: Korsel Dihajar Brasil 1-4, Wakil Asia Habis

      Wakil Asia tak tersisa di Piala Dunia 2022 setelah Korsel disingkirkan Brasil 1-4 pada pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Stadium 974 Doha.

      Hasil 16 Besar Piala Dunia 2022: Kroasia Singkirkan Jepang Lewat Adu Penalti

      Ambisi Jepang menembus perempat final Piala Dunia 2022 belum terwujud setelah dikalahkan Kroasia lewat adu penalti 2-4 pada babak 16 besar di Al Janoub Stadium Al Wakrah.

      Extra Time Tetap 1-1, Jepang vs Kroasia Berlanjut ke Adu Penalti

      Laga Jepang melawan Kroasia harus ditentukan lewat adu penalti setelah skor sama kuat 1-1 pada waktu normal hingga tambahan waktu atau extra time babak  16 besar Piala Dunia 2022 di Al Janoub Stadium Al Wakrah.

      Hasil Undian BWF World Tour Finals 2022: Jojo dan Ginting Bentrok di Grup B

      Undian BWF World Tour Finals 2022 telah dilakukan, hasil lengkapnya bisa disimak dalam ulasan di bawah ini.

      Ivan Perisic Samakan Kedudukan 1-1, Jepang vs Kroasia ke Babak Tambahan Waktu

      Jepang kembali membuat kejutan dengan mengalahkan Kroasia 1-0 pada babak pertama 16 besar Piala Dunia 2022 di Al Janoub Stadium Al Wakrah.

      Prediksi Skor Brasil Vs Korea Selatan di Piala Dunia: Ada Pembantaian

      Berikut prediksi skor dan susunan pemain pertandingan Babak 16 Besar Piala Dunia FIFA 2022 antara Brasil dan Korea Selatan.

      Live Streaming Piala Dunia 2022: Brasil Vs Korea Selatan, Harapan Asia!

      Korea Selatan berupaya mencetak keajaiban lagi saat mereka menghadapi Brasil di 16 besar Piala Dunia 2022 yang ditayangkan secara langsung diSCTV dan live streaming.

      Kejutan Lagi! Jepang Sikat Kroasia 1-0 di Babak Pertama

      Jepang kembali membuat kejutan dengan mengalahkan Kroasia 1-0 pada babak pertama 16 besar Piala Dunia 2022 di Al Janoub Stadium Al Wakrah.

      Jokowi: Kejuaraan Dunia Wushu Junior Pererat Persaudaraan Antarbangsa

      Indonesia selaku tuan rumah Kejuaraan Dunia Wushu Junior menurunkan 23 atlet terbaik yang terdiriatas 12 atlet untuk nomor taolu dan 11 atlet sanda.

      Preview Persis Solo Vs RANS Nusantara, Begini Komentar Coach Leonardo Medina

      Leonardo Medina menegaskan dirinya sama sekali tak grogi menjelang laga Persis Solo Vs RANS Nusantara pada lanjutan kompetisi Liga 1 kali ini.

      Ini Susunan Pemain Jepang vs Kroasia: Ritsu Doan Starter

      Jepang menurunkan Ritsu Doan sebagai starter untuk menghadapi Kroasia pada babak 16 besar Piala Dunia di Al Janoub Stadium Al Wakrah.

      Kondisi Menjelang BWF World Tour Finals 2022, Nimibutr Arena Bangkok Berangin

      Wakil Indonesia menjalani sesi latihan perdana di Nimibutr Arena, Bangkok, Thailand sebagai adaptasi sebelum terjun bertarung di BWF World Tour Finals 2022.

      Persis Solo Vs RANS Nusantara di Liga 1: Tantangan Pertama Leonardo Medina

      Persis Solo Vs RANS Nusantara dalam Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, akan menjadi laga kompetif pertama bagi pelatih Leonardo Medina.

      Skenario 16 Besar Brasil vs Korsel: Ancaman Taeguk Warriors

      Gaya permainan Korsel bisa memberikan ancaman bagi Brasil yang agak pincang karena beberapa pemain cedera pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Stadium 974 Doha.

      Live Streaming Piala Dunia 2022 Malam Ini: Jepang Vs Kroasia, Pantang Menyerah!

      Pertandingan Jepang Vs Kroasia di babak 16 besar Piala Dunia 2022 ini berpeluang berjalan sengit sepanjang 2x45 menit babak reguler.