SOLOPOS.COM - PSSI (pssi.org)

Solopos.com, JAKARTA—Berikut ini susunan pengurus PSSI yang diminta mengundurkan diri pasca terjadinya tragedi di Stadion Kanjuruhan pada pekan ke-11 Liga 1 2022/2023. Permintaan mundur itu disuarakan Achsanul Qosasi. Presiden Madura United FC itu mengatakan pengurus PSSI wajib bertanggung jawab atas jatuhnya korban jiwa, korban luka, dan masalah yang ada.

Hal tersebut disampaikan oleh Achsanul Qosasi melalui unggahan di akun Twitternya, @AchsanulQosasi. “PSSI wajib bertanggung jawab, dan semua pengurusnya harus mundur sebagai respek terhadap korban dan keluarganya,” tulis Achsanul dalam cuitannya, Minggu (2/10/2022), seperti dikutip dari Bisnis.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia pun menilai bahwa PSSI tidak perlu membentuk tim-tim tertentu untuk mengusut tragedi Kanjuruhan. “Jangan melokalisir kesalahan di Malang, bahwa yang salah seolah yang mengurus pertandingan di Malang. Ini keputusan federasi nasional, di bawah kendali federasi [PSSI], tragedi dunia sepak bola,” tulis Achsanul yang juga anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Baca Juga: Kualifikasi Piala Asia U-17 Hari Ini: UEA vs Palestina, Guam vs Indonesia

PSSI, organisasi yang didirikan di Solo pada 19 April 1930 saat ini dipimpin oleh Mochamad Iriawan. Mochammad Iriawan menjadi ketua umum ke-19 PSSI setelah menang mutlak pada Kongres Luar Biasa PSSI 2019 dengan memperoleh suara 82 di Hotel Shangri-La Jakarta.

Pria yang memiliki nama panggilan Iwan Bule akan menjabat sebagai Ketua Umum PSSI hingga 2023. Purnawirawan komisaris jenderal polisi itu dibantu beberapa orang dalam susunan pengurus PSSI, seperti dilansir dari laman resmi PSSI, yaitu dua Wakil Ketua Umum Iwan Budianto dan Cucu Soemantri.

Menempati posisi Sekretaris Jenderal adalah Yunus Nusi yang dibantu Wakil Sekretaris Jenderal Maaike Ira Puspita.

Baca Juga: Guam vs Indonesia: Skuat Bima Sakti Lebih Bugar

Dalam susunan pengurus PSSI terdapat 12 anggota Komite Eksekutif.  Mereka adalah Yoyok Sukawi, Dirk Soplanit, Endri Erawan, Haruna Soemitro, Hasnuryadi Sulaiman, Juni Rahman, Pieter Tanuri, Sonhadji, Ahmad Riyadh, Hasani Abdul Gani, Yunus Nusi dan Vivin Cahyani.

Tugas dan kewenangan Komite Eksekutif  PSSI sesuai Pasal 37 Statuta PSSI di antaranya mengambil keputusan atas seluruh hal yang bukan merupakan lingkup tanggung jawab Kongres PSSI atau yang tidak diberikan kepada Badan lain sebagaimana diatur pada Statuta PSSI.

Kemudian mengesahkan perubahan nama, domisili dan/atau kepemilikan Badan Hukum sebuah Klub setelah melalui mekanisme dan proses kajian yang akan ditetapkan kemudian melalui regulasi, instruksi atau edaran yang dikeluarkan oleh PSSI.

Baca Juga: Sambil Terisak, Presiden Arema FC Juragan 99 Minta Maaf atas Tragedi Kanjuruhan

Selain itu menunjuk Pelatih Kepala dan Perangkat Pelatih untuk Tim Nasional atas usulan dari Departemen Teknis di Sekretariat Jenderal dan oleh Komite Teknis dan Pengembangan.

 

Berikut Susunan Pengurus PSSI 2019-2023:

Ketua Umum:  Mochamad Iriawan

Wakil Ketua Umum I: Iwan Budianto

Wakil Ketua Umum II: Cucu Soemantri

Sekretaris Jenderal: Yunus Nusi

Wakil Sekretaris Jenderal: Maaike Ira Puspita

Anggota Eksekutif Komite:

Yoyok Sukawi

Dirk Soplanit

Endri Erawan



Haruna Soemitro

Hasnuryadi Sulaiman

Juni Rahman

Pieter Tanuri

Sonhadji

Ahmad Riyadh

Hasani Abdul Gani

Yunus Nusi

Vivin Cahyani

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya