SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Debat Pilpres 2019 putaran pertama di Hotel Bidakara Jakarta, Kamis (17/1/2019) malam, berlangsung dalam tensi yang terus meninggi. Sempat diawali dengan penyampaian visi-misi yang tidak diwarnai aksi saling serang, tensi meninggi hingga akhir debat. Bahkan, tak ada pernyataan positif dari kedua paslon terhadap lawannya dalam pernyataan penutup.

Kedua moderator debat, yakini Ira Koesno dan Imam Priyono di sesi terakhir sebenarnya meminta kedua pasangan calon untuk memberikan pernyataan penutup beserta komentar positif tentang lawan politik mereka dalam debat. Namun, baik Prabowo maupun Jokowi tidak memberikan komentar yang diharapkan itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami tidak punya rekam jejak korupsi, kami tidak punya rekam jejak pelanggaran HAM di masa lalu. Kami akan bekerja untuk perbaikan bangsa ini,” kata Jokowi dalam pernyataan penutupnya. Pernyataan itu cukup singkat dan masih menyisakan waktu. Ira Koesno yang masih melihat ada waktu tersisa mengingatkan agar Jokowi masih punya kesempatan untuk memberikan komentar positif tentang Prabowo-Sandiaga.

“Ada yang mau diapresiasi dari pasangan calon nomor urut 02?” tanya Ira. Namun Jokowi tetap bergeming. “Cukup!” kata Jokowi.

Rupanya hal serupa juga ditunjukkan oleh Prabowo. “Kepastian hukum, penegakan hukum insitusi hukum terutama hakim jaksa dan polisi adalah prasyarat negara yang berhasil. Karena itu apabila kami mendapat mandat, hal ini kami lakukan. kami akan realistis, ini yang akan kita bangun supaya tidak ada yang korup, kita cari akar masalah. Kami tidak akan mengatakan siapa yang salah, kami lihat persoalan bangsa. Kami ingin mengghilangkan kebocoran, naikkan tax ratio. Kami melihat kekayaan kita bocor ke luar negeri, bukan salah siapa, salah semuanya. kita lipatgandakan gaji jaksa dan hakim, kita akan bikin lembaga yang tidak bisa dikorupsi. kita cari the best di lembaga itu sehingga jadi pilar,” katanya.

Jadi sama sekali tidak ada pernyataan positif yang dilontarkan Jokowi maupun Prabowo kepada lawan debat masing-masing. Ira Koesno pun akhirnya berkomentar. “Tidak ada komentar positif terhadap lawan dalam debat ini.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya