Diluncurkan 2019, Ini Prediksi Harga Mobil Esemka Garuda 1 & Bima

Dalam Permendagri itu, terdapat daftar mobil keluaran 2019, pabrikan pembuatnya, bobot, berikut NJKB-nya masing-masing. NJKB mobil Esemka Garuda 1 2.0 MT adalah Rp209 juta. Sedangkan NJKB mobil Esemka Bima 1.2 MT adalah Rp81 juta.

Diluncurkan 2019, Ini Prediksi Harga Mobil Esemka Garuda 1 & Bima

SOLOPOS.COM - Mobil pikap terparkir di halaman pabrik mobil Esemka di Sambi, Boyolali, Senin (22/10/2018). (Antara - Aloysius Jarot Nugroho)

Solopos.com, SOLO — PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) menargetkan produknya, yakni mobil Esemka, bisa diluncurkan ke pasar pada tahun ini. Namun PT SMK belum mau berbicara banyak soal harga tiap tipe mobil tersebut.

Direktur Utama SMK Eddy Wirajaya mengatakan perusahaan itu tengah menyiapkan fasilitas dan produksi untuk model pikap yang diharapkan dapat diluncurkan pada tahun ini. Pernyataan terakhir itu juga belum menyebutkan petunjuk harga mobil Esemka.

“Kami harapkan, itu [diluncurkan tahun ini] harapan kami,” ujarnya di sela-sela Pameran Industri Komponen Otomotif di Jakarta, Selasa (13/8/2019).

Meski demikian, perkiraan harga mobil Esemka bisa terlihat dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) tahun 2019. Dua tipe mobil Esemka, yakni Esemka Geruda 2.0 MT dan Esemka Bima 1.2 MT, muncul dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 14/2019 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2019.

Dalam Permendagri itu, terdapat daftar mobil keluaran 2019, pabrikan pembuatnya, bobot, berikut NJKB-nya masing-masing. NJKB mobil Esemka Garuda 1 2.0 MT adalah Rp209 juta. Sedangkan NJKB mobil Esemka Bima 1.2 MT adalah Rp81 juta.

NJKB bukan patokan harga sebuah mobil karena bisa saja harga jual mobil tersebut dipatok lebih tinggi. Misalnya Daihatsu Sirion 1.3 AT yang NJKB-nya hanya Rp151 juta dan Sirion 1.3 MT yang NJKB-nya Rp143 juta. Di pasar, harga Sirion 1.3 AT mencapai Rp193,5 juta, sedangkan versi MT Rp182,5 juta.

Namun jika dilihat bentuknya yang beredar melalui foto-foto di media sosial, Esemka Garuda 1 disebut-sebut mirip Foday Landfort, SUV buatan Guangdong Foday Automobile (GFA). Santer beredar informasi yang menyebutkan mobil ini banyak di-rebadge oleh produsen mobil di Asia.

Harga Foday Landfort sendiri dipatok mulai dari 109.800-148.800 yuan atau sekitar Rp232 juta – Rp315 juta. Foday Landfort sendiri memiliki dua varian mesin, yaitu Mitsubishi 4G69S4N bensin 2.378 cc dan mesin D19TCID1 diesel turbocharged 1.850cc. Sedangkan petunjuk dalam NJKB menunjukkan mobil Esemka Garuda 1 memiliki mesin dengan kapasitas 2.000 cc.

Foday Landfort (Alibaba.com)

Berita Terkait

Berita Terkini

Warga di Masaran Sragen Kenakan Jas Hujan Saat Memandikan & Memakamkan Jenazah, Biar Aman

Kisah unik tentang warga Desa Jirapan, Masaran, Sragen, yang memandikan dan memakamkan jenazah salah seorang perangkat desa memakai jas hujan agar aman dari penularan Covid-19.

Kabar Baik, BOR Rumah Sakit Covid-19 di Karanganyar Mulai Turun

Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di Karanganyar sudah mulai turun.

Tersangka Ilham Siregar Meninggal karena Sakit, Bagaimana Kelanjutan Kasus Korupsi ASABRI?

Tersangka kasus dugaan korupsi PT ASABRI Ilham W Siregar meninggal dunia setelah dirawat di rumah sakit.

Geger! Teror Bra Gelantungan Bikin Heboh Warga Rembang

Teror bra bergelantungan di sejumlah lokasi menggegerkan warga di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Kempis-Kempis, 8.000 Karyawan Lion Air Dirumahkan

Sekitar 8.000 karyawan maskapai penerbangan Lion Air bakal dirumahkan agar perusahaan mampu bertahan menghadapi pandemi.

Kuliner Solo, Memanjakan Selera Harus Tahu Batas

Laman Kementerian Komunikasi dan Informatika menggolongkan informasi bahwa satai brutu menyebabkan mudah lupa atau mudah pikun sebagai disinformasi.

Kebakaran Kandang di Grobogan: 13.000 Ekor Ayam Hangus, Rugi hingga Rp1,2 Miliar

Kebakaran terjadi di kandang berisi 13.000 ekor ayam di Grobogan, Jawa Tengah, yang menimbulkan kerugian mencapai Rp1,2 miliar.

Kasus Kematian Covid-19 di Jateng Tinggi, 90% dari Pasien Usia 40 Tahun ke Atas

Kasus kematian atau crisis fatality rate (CFR) akibat Covid-19 di Jawa Tengah (Jateng) masih terbilang tinggi.

Kisah Tragis 2 Wanita Kembar Dijuluki PSK Tertua di Dunia

Kisah tragis kali ini tentang wanita kembar yang dijuluki sebagai PSK tertua di dunia.

Pembangunan Fisik Capai 95%, Bendungan Bendo Ponorogo Mulai Diisi Air

Bendungan Bendo yang berada di Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, mulai diisi air awal atau impounding, Sabtu (31/7/2021)

Terlibat Kejar-kejaran dengan Orang Tak Dikenal, Remaja Meninggal Seusai Tabrak Pohon di Jogja

Seorang remaja meninggal setelah menabrak pohon perindang di Jalan AM. Sangaji, Jetis, Kota Jogja, Sabtu (31/7/2021) dini hari.

Jurus Cegah Jakarta Tenggelam, Mampukah Bertahan?

Wagub DKI Jakarta menegaskan wilayahnya tidak akan tenggelam dalam 10 tahun ke depan karena sederet jurus pencegahan yang dilakukan.