SOLOPOS.COM - KRL Jogja-Klaten saat berada di Stasiun Klaten, Rabu (28/10/2020). (Istimewa-Dokumentasi Dishub Klaten)

Solopos.com, KLATEN -- Kereta Rel Listrik atau KRL Jogja-Klaten sempat mampir di Stasiun Klaten, beberapa waktu lalu. Menurut rencana, kereta Jogja-Klaten diluncurkan pada 10 November 2020.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, Sudiyarsono, mengatakan KRL Jogja-Klaten sempat menjalani uji coba dari Jogja hingga Stasiun Klaten, Rabu (28/10/2020). Hal itu menandai bahwa KRL rute tersebut segera diluncurkan di bulan November 2020.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Tanggal 28 Oktober 2020 itu uji coba listriknya," kata Sudiyarsono, kepada Solopos.com, Senin (2/11/2020).

Warung dan Parkiran di Pantai Glagah Rusak Diterjang Ombak

Ekspedisi Mudik 2024

Sudiyarsono mengatakan salah satu konsekuensi dioperasionalkannya KRL Jogja-Klaten, yakni dilebarkannya jalur perlintasan langsung (JPL) di Karangduwet dan Klasis.

Sedangkan JPL di bagian barat Stasiun Klaten akan ditutup secara permanen. Penutupan JPL di barat Stasiun Klaten karena untuk langsiran KRL.

"Jadi, sebelum JPL stasiun [di barat Stasiun Klaten] ditutup, akan dilakukan pelebaran perlintasan di Karangduwet [timur Stasiun Klaten] dan Klasis [barat Stasiun Klaten]," katanya.

Video Syur Diduga Ketua PDIP Pangkep Viral, Polisi Turun Tangan

Sudiyarsono berharap keberadaan KRL Jogja-Klaten dapat memudahkan masyarakat di Klaten dalam memperoleh kemudahan transportasi umum yang aman, nyaman, dan dengan harga terjangkau.

"Pada akhirnya nanti, KRL itu akan tersambung Jogja-Solo," katanya.

Baru Uji Coba

Terpisah, Kepala Stasiun Klaten, Sutopo, mengatakan kewenangan kapan KRL dioperasionalkan berada di Ditjen Perekeretapian.

"Soal kapan di-launching, masih menjadi domainnya Pak Dirjen. Kalau info awal, launching-nya, 10 November mendatang. Kami pun baru uji coba," katanya.

Jatuh Korban Lagi, Petani Sragen Meninggal Tersetrum Jebakan Tikus di Sawah

Sebagaimana diketahui, adanya KRL Jogja-Klaten akan menggantikan KA Prambanan Ekspres (Prameks). KRL ini menjadi bagian proyek strategis nasional guna meningkatkan pelayanan transportasi umum dan pertumbuhan ekonomi di wilayah Jogja hingga Solo.

"KRL ini mendadak. Awalnya, saya tak menyangka akan secepat ini. Saya enggak yakin tahun ini [selesai]. Di di luar dugaan, lebih cepat [pembangunannya]," kata Senior Manager Penjagaan Aset PT KAI Daops VI Jogja, Dedi Akmal, saat menghadiri audiensi di DPRD Klaten, Rabu (21/10/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya