DILo Hackathon Festival 2019, Adu Ide Produk Digital

DILo (Digital Innovation Lounge) Indonesia menyelenggarakan DILo Hackathon Festival (DHF) 2019 untuk memeriahkan HUT ke-74 RI. Acara ini merupakan lomba untuk membuat produk digital yang berfungsi sebagai solusi atas masalah-masalah di Indonesia.

DILo Hackathon Festival 2019, Adu Ide Produk Digital

SOLOPOS.COM - DILo Hackathon Festival 2019 (istimewa)

Solopos.com, JOGJA - DILo (Digital Innovation Lounge) Indonesia bekerjasama dengan Telkom menyelenggarakan DILo Hackathon Festival (DHF) 2019 untuk memeriahkan HUT ke-74 RI. Acara ini merupakan lomba untuk membuat produk digital yang berfungsi sebagai solusi atas masalah-masalah di Indonesia.

DHF 2019 ini diselenggarakan di 8 kota yakni Bandung, Malang, Jakarta, Medan, Pekanbaru, Balikpapan, Denpasar, dan Jogja. Khusus Jogja, acara diselenggarakan khusus oleh DILo Solo dan DILo Jogja. Acara ini digelar di Jogja Digital Valley, Jumat-Sabtu (23-24/8/2019), dengan tema Digitalizing Indonesia.

DHF 2019 ini mengajak pengembang aplikasi di Jogja, Solo, dan Jawa Tengah untuk turut berkontribusi memberikan solusi digital untuk masalah yang ada di Indonesia melalui produk digital baik berupa web, aplikasi, atau IoT (Internet of Things).

DHF Jogja-Solo 2019 mengambil kategori khusus untuk kompetisi ini, yaitu: Telecommunication Tech, Big Data, dan Smart City. Tema-tema khusus ini dimaksudkan agar produk solusi yang ditawarkan bisa terfokus pada masalah di masyarakat langsung.

Hasilnya terdapat lima pemenang yang diambil. Juara pertama adalah Tim Doa Ibu dengan ide Smart Traffic light untuk membantu optimasi kendaraan prioritas sesuai yang sudah di atur dalam Pasal 134 UU LLAJ. Tim ini berhak mendapatkan hadiah senilai Rp15 juta.

Juara kedua disabet oleh Tim Permanent BetaDev dengan hadiah Rp10 juta. Kemudian juara ketiga diraih Tim Arima dengan hadiah Rp6 juta. Juara harapan I diraih Tim MazaNUT dengan hadiah Rp4 juta, serta Tim Urus menyabet juara harapan II dengan hadiah Rp2,5 juta.

Pemenang dinilai dari nilai bisnis produk, potensi keberhasilan jika ide dijalankan, dan pitch deck atau presentasi. Acara ini diharapkan bisa menumbuhkan dan mengembangkan inovasi startup digital.

"Aplikasi yang dihasilkan peserta juga diharapkan dapat menciptakan solusi digital yang tepat untuk permasalahan pelayanan umum di masyarakat," terang Public Relation DILo Solo, Hilma, dalam rilis yang diterima Solopos.com, Selasa (27/8/2019).

Berita Terkait

Berita Terkini

Klaster Sangon Kulonprogo Tambah 45 Kasus Baru, Total Menjadi 107

Klaster sangon di Kabupaten Kulonprogo terus mengalami penambahan kasus positif. Ada tambahan 45 kasus baru sehingga total jadi 107 kasus.

DK PBB Segera Bahas Palestina, Indonesia Pesan ke 3 Negara

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengirimkan pesan kepada menlu tiga negara terkait Palestina menjelang rapat Dewan Keamanan PBB.

Kapolda Jateng: Balik Ke Jakarta Wajib Bawa Hasil Swab dan Surat Izin

Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol. Ahmad Luthfi meminta masyarakat yang hendak balik ke Jakarta membawa hasil uji swab dari fasilitas kesehatan lokal.

Israel Runtuhkan Kantor Al Jazeera & AP di Gaza

Gedung kantor media internasional Al Jazeera asal Qatar dan Associated Press asal Amerika Serikat di Jalur Gaza runtuh dibom Israel.

28 Pemudik ke Jateng Positif Covid-19

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus mengimbau masyarakat Jateng di perantauan untuk tidak mudik Lebaran 2021 demi mencegah Covid-19.

1,5 Juta Orang Bakal Balik ke Jabodetabek

Sebanyak 1,5 juta orang diperkirakan bakal berkendara memasuki wilayah Jabodetabek selama periode arus balik mudik Lebaran 2021.

Kapal Penangkap Ikan Indonesia Kecelakaan di Samudera Hindia

Kementerian Luar Negeri menginformasikan adanya kapal penangkap ikan bernama KM Bandar Nelayan 188 yang kecelakaan mengalami kebocoran di Samudera Hindia.

Ini Nama-Nama Korban Perahu Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali

Sebanyak sembilan orang menjadi korban perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali, Sabtu (15/5/2021) siang WIB. Sementara 11 orang lainnya dinyatakan selamat.

Mau Bikin Video Klip Tema Alam? Cek Dulu Sekipan

Mau bikin video klip tema alam? Anda bisa cek ke Sekipan, Tawangmangu.

Pemboman Israel Hancurkan Gedung Pusat Media di Gaza

Pesawat-pesawat tempur Israel pada Sabtu (15/5/2021) menghancurkan sebuah gedung tempat sejumlah media internasional seperti Aljazeera dan Associated Press berkantor.

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kita Harus Menjadi Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Ardian Nur Rizki, guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri Johor Bahru, Malaysia.