SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JOGJA – DILo (Digital Innovation Lounge) Indonesia bekerjasama dengan Telkom menyelenggarakan DILo Hackathon Festival (DHF) 2019 untuk memeriahkan HUT ke-74 RI. Acara ini merupakan lomba untuk membuat produk digital yang berfungsi sebagai solusi atas masalah-masalah di Indonesia.

DHF 2019 ini diselenggarakan di 8 kota yakni Bandung, Malang, Jakarta, Medan, Pekanbaru, Balikpapan, Denpasar, dan Jogja. Khusus Jogja, acara diselenggarakan khusus oleh DILo Solo dan DILo Jogja. Acara ini digelar di Jogja Digital Valley, Jumat-Sabtu (23-24/8/2019), dengan tema Digitalizing Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

DHF 2019 ini mengajak pengembang aplikasi di Jogja, Solo, dan Jawa Tengah untuk turut berkontribusi memberikan solusi digital untuk masalah yang ada di Indonesia melalui produk digital baik berupa web, aplikasi, atau IoT (Internet of Things).

DHF Jogja-Solo 2019 mengambil kategori khusus untuk kompetisi ini, yaitu: Telecommunication Tech, Big Data, dan Smart City. Tema-tema khusus ini dimaksudkan agar produk solusi yang ditawarkan bisa terfokus pada masalah di masyarakat langsung.

Hasilnya terdapat lima pemenang yang diambil. Juara pertama adalah Tim Doa Ibu dengan ide Smart Traffic light untuk membantu optimasi kendaraan prioritas sesuai yang sudah di atur dalam Pasal 134 UU LLAJ. Tim ini berhak mendapatkan hadiah senilai Rp15 juta.

Juara kedua disabet oleh Tim Permanent BetaDev dengan hadiah Rp10 juta. Kemudian juara ketiga diraih Tim Arima dengan hadiah Rp6 juta. Juara harapan I diraih Tim MazaNUT dengan hadiah Rp4 juta, serta Tim Urus menyabet juara harapan II dengan hadiah Rp2,5 juta.

Pemenang dinilai dari nilai bisnis produk, potensi keberhasilan jika ide dijalankan, dan pitch deck atau presentasi. Acara ini diharapkan bisa menumbuhkan dan mengembangkan inovasi startup digital.

“Aplikasi yang dihasilkan peserta juga diharapkan dapat menciptakan solusi digital yang tepat untuk permasalahan pelayanan umum di masyarakat,” terang Public Relation DILo Solo, Hilma, dalam rilis yang diterima Solopos.com, Selasa (27/8/2019).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya