SOLOPOS.COM - Konsol game Nintendo Playstation. (Istimewa/Heritage Auction)

Solopos.com, SOLO - Rumah lelang Heritage Auction berhasil menjual mesin game konsol langka Nintendo Playstation seharga US$360.000 atau setara Rp5,1 miliar. Konsol game ini sebenarnya adalah prototipe atau purwarupa yang tak jadi dirilis di pasaran.

Dua perusahaan besar Nintendo dan Sony pernah berencana untuk membangun sebuah konsol game bersama, tetapi belakangan kerja sama itu tidak diteruskan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Nintendo Rilis Game Mario Kart Versi Mobile 25 September 2019

Dilansir Mashable, Jumat (6/3/2020), menurut Heritage Auction, rumah lelang yang menjual konsol itu, sebanyak 200 unit purwarupa Nintendo Playstation yang pernah dibuat. Adapun yang dilelang kemarin adalah satu-satunya yang tersisa, sementara 199 unit lainnya sudah dihancurkan.

Ekspedisi Mudik 2024

Konsol Nintendo Playstation yang dilelang itu diketahui milik Olaf Olafsson, pendiri Sony Interactive Entertainment. Konsol itu diketahui masih bisa berfungsi normal.

Olafsson membawa konsol langka itu saat meninggalkan Sony dan pindah ke Advanta. Dari sana ia kemudian hengkang ke Time Warner, tetapi konsol itu ditinggalkannya di Advanta. Advanta belakangan bangkrut dan menjual semua asetnya, termasuk konsol game langka Nintendo Playstation itu.

Ini Beda Nintendo Switch Lite dengan Nintendo Switch

Kolaborasi Nintendo Playstation

Nintendo Playstation merupakan buah kolaborasi antara Nintendo dan Sony di akhir dekade 1980an hingga awal 1990an. Nintendo yang ketika itu sudah masuk ke pasar video game ingin menggunakan teknologi CD yang dimiliki Sony.

Nintendo, yang ketika itu sudah sukses dengan konsol Super Nintendo-nya, tak ingin ketinggalan dari pesain seperti Sega dan Atari yang sudah merilis konsol berbasis CD.

Sayang kolaborasi dengan Sony itu tak berlangsung lama. Hanya sehari setelah Sony mengumumkan kolaborasi dengan Nintendo pada 1991, Nintendo justru mengumumkan kemitraan baru dengan Philips. Perubahan ini belakangan mengubah pasar game selamanya.

Siap Dirilis Sony, Harga Playstation 5 Diperkirakan Rp7 Jutaan

Sony yang merasa ditinggal, kemudian mengembangkan konsol game sendiri yang diberi nama Playstation. Konsol ini sangat laris dan berhasil terjual sebanyak 100 juta unit.

Sebaliknya Nintendo, kolaborasinya dengan Philips justru gagal menghasilkan konsol yang laris di pasaran. Penjualannya lesu dan jauh tertinggal dari Playstation.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya