SOLOPOS.COM - Ilustrasi penjualan Minyakita. (Solopos.com-Imam Yuda S.)

Solopos.com, SOLO — Kementerian Perdagangan (Kemendag) melarang MinyaKita dijual di marketplace. Namun, produk minyak goreng ini masik marak dijual di Facebook.

Dalam Surat Edaran (SE) Nomor 3 Tahun 2023, tentang Pedoman Penjualan Minyak Goreng Rakyat, dijelaskan bahwa Minyakita dilarang untuk dijual secara bundling. Kemendag sendiri tegas melarang MinyaKita dijual di marketplace.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun, berdasarkan pantauan Solopos.com di Facebook, banyak yang menjual MinyaKita di atas HET dan dijual dalam paket bundling. Salah satunya pada akun Facebook, DL. Dalam unggahan tersebut menjual MinyaKita seharga Rp15.000/liter, kemudian satu kardus berisi 12 kemasan dijual dengan harga Rp175.000.

Ekspedisi Mudik 2024

Solopos.com menghubungi salah satu penjual MinyaKita di Facebook, WO. Pengiriman MinyaKita bundling yang ia jual berasal dari Medan. Namun, ia hanya melayani pembeli yang datang langsung ke lokasi penjualan.

“Kita [di] Medan, jemput lokasi belum bisa pengantaran. Kalau beli jemput di pabrik Rp155.000, minimal order 300 kardus. Kalau barang ready 160 kardus, satu kardus isi 12,” ujar WO.

Sebelumnya diberitakan, pasokan minyak goreng bersubsidi merek MinyaKita di Kota Solo diklaim stabil saat Ramadan 2023. Kepala Pasar Legi Solo, Nur Rahmadi, menguraikan hingga saat ini pasokan MinyaKita di Pasar Legi aman. “Untuk MinyaKita, kami pantau sampai saat ini masih aman tapi enggak tahu kalau nanti mendekati Lebaran,” papar Nur saat dihubungi Solopos.com pada Senin (27/3/2023).

Sementara itu, harga MinyaKita saat ini masih sesuai harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah yaitu Rp14.000/liter. Untuk merek Bimoli dan minyak goreng kemasan sederhana dibanderol dengan harga Rp21.000/liter.

Senada, Kepala Pasar Nusukan Solo, Giyarto, menguraikan stok MinyaKita relatif aman karena pasokan dari distributor cukup lancar. Berdasarkan pantauan harga yang dilakukan oleh petugas Pasar Nusukan Solo, harga MinyaKita adalah Rp14.000/liter. Sementara minyak curah dibanderol dengan Rp15.000/liter, minyak kemasan Sunco Rp20.000/liter.

Terpisah, Pemkot Solo juga mengaku tidak khawatir dengan stok MinyaKita saat Ramadan di Kota Bengawan. “MinyaKita masih dalam kondisi aman,” terang Kepala Dinas Perdagangan Solo, Heru Sunardi.

Dilansir dari Bisnis.com, Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah menyiapkan sejumlah upaya untuk memastikan ketersediaan minyak goreng, baik curah maupun kemasan Minyakita, jelang Ramadan. Plt Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Kasan, menyampaikan, pihaknya telah berkoordinasi dengan para produsen dan/atau eksportir minyak goreng terkait pasokan minyak goreng dalam negeri.

Selain itu, selama tiga bulan ke depan, pemerintah telah menaikkan kewajiban Domestic Market Obligation (DMO) 50 persen per bulan untuk menghadapi puasa dan lebaran 2023, selama Februari hingga April 2023 sebesar 450.000 ton dari sebelumnya 300.000 ton per bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya