Tutup Iklan
Dilarang di Mal Solo, Anak di Bawah 15 Tahun Melenggang di Mal Sukoharjo
Ilustrasi mal di Sukoharjo (Shoqib Angriawan/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO -- Larangan anak berusia di bawah 15 tahun masuk mal di Solo tak berlaku untuk mal di Sukoharjo. Anak-anak pun bisa melanggang bebas masuk mal di Sukoharjo.

Hal itu karena aturan yang mengatur soal larangan tersebut adalah peraturan wali kota (Perwali) yang diterbitkan Wali Kota Solo. Tentu saja, pengelola mal di Sukoharjo tidak berkewajiban mematuhinya.

Dua kebijakan di dua pemerintah daerah ini menjadikan perwali yang sudah disusun apik demi mencegah anak-anak tertular Covid-19 menjadi nyaris sia-sia. Jarak yang dekat membuat jalan-jalan di mal kabupaten sebelah adalah hal yang biasa. Dilarang di mal Solo, anak-anak tetap bisa jalan-jalan di mal Sukoharjo.

Ada Luka Lecet di Jenazah Pendaki Gunung Lawu, Diduga Karena Ini

Warga Sukoharjo, Via, saat ditemui Solopos.com, Selasa (7/7/2020), mengatakan bukan hal aneh melihat satu keluarga, termasuk anak-anak, makan dan jalan-jalan di mal di Sukoharjo.

“Banyak kok anak-anak pas saya ke The Park [The Park Mall Solo di Solo Baru]. Diajak orang tuanya ngemal di Solo Baru. Ya nggak dilarang, wong memang nggak ada aturannya,” ujar dia.

Dia tak habis pikir kenapa pemerintah daerah di dua wilayah yang berdekatan punya kebijakan yang berbeda. Seharusnya, jika mau serius melindungi anak-anak yang lebih rentan terjangkiti virus corona jenis baru, pemimpin daerah harus satu suara.

Sri Mulyani Prioritaskan Redenominasi Rupiah Rp1.000 Jadi Rp1, Kenapa?

Tidak Terapkan Larangan Pengunjung Usia Tertentu

Marcom Hartono Mall Solo Baru Sukoharjo, Elfizia Carina, mengatakan Hartono Mall tidak menerapkan larangan pengunjung untuk usia tertentu. Hal ini mengingat letak Hartono Mall berada di Solo Baru, Sukoharjo, sehingga tak harus mengikuti regulasi Pemkot Solo.

Kendati demikian, dia memastikan pihaknya bersikap tegas dalam urusan penerapan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. Sikap tegas itu seperti kewajiban memakai masker dan cuci tangan pakai sabun atau memakai hand sanitizer.

Dia menambahkan saat ini jumlah pengunjung mal naik hingga 50 persen jika dibandingkan pada awal munculnya kasus Covid-19 di Soloraya. Meskipun demikian, kenaikan pengunjung mal di Sukoharjo ini dinilai masih jauh dari jumlah pengunjung pada hari normal sebelum ada virus corona jenis baru.

10 Berita Terpopuler: Solo, Sukoharjo, Boyolali & Klaten, Masuk Zona Oranye Covid-19

“Jumlahnya kalau sekarang untuk weekdays sekitar 4.000 orang/hari dan weekend 6.000 orang/hari,” papar perempuan yang kerap disapa Fia ini, Senin (6/7/2020).

Menurutnya, sebagian besar tenant di mal tersebut telah buka. Hanya beberapa tenant yang masih tutup seperti bioskop Platinum dan tempat pijat atau refleksi.

Di sisi lain, mal di Solo konsisten melarang anak-anak berusia di bawah 15 tahun masuk mal. Manajemen mal di Solo pun harus siap menerima omelan pengunjung yang marah-marah karena anaknya dilarang masuk mal.

Solopos Hari Ini: Pesilat, Dengarkan Suara Publik


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho