SOLOPOS.COM - Harley Davidson seri Road Glide milik Doni Salmanan dilelang untuk bantu korban erupsi Gunung Semeru dan Banjir Garut. (Instagram/donisalmanan)

Solopos.com, JAKARTA — Kepolisian menyatakan penyidikan terhadap influencer Doni Salmanan terkait dugaan penipuan investasi binary option dengan menggunakan platform Quotex.

“Doni Salmanan [dilaporkan] bukan menggunakan platform Binomo, melainkan menggunakan platform Quotex,” kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Pol. Gatot Repli Handoko kepada wartawan di Jakarta, Jumat (5/3/2022).

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Dia menjelaskan Doni Salmanan dilaporkan oleh korban berinisial RA ke Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri dengan nomor LP:B/0059/II/2022/SPKT/BARESKRIM POLRI pada 3 Februari 2022.

“Doni Salmanan dilaporkan terkait pelanggaran Undang-Undang Informatika dan Transaksi Elektronik (ITE) atau Pasal 378 KUHP,” lanjut Gatot dilansir Antara.???????

Baca juga: Profil Doni Salmanan Si Youtuber Kaya: Ngaku Cuma Lulusan SD – Pernah Jadi Juru Parkir & OB

Pria yang dikenal sebagai crazy rich??????? asal Bandung itu disangkakan dugaan tindak pidana judi daring dan penyebaran berita bohong melalui media elektronik dan/atau penipuan atau perbuatan curang dan/atau tindak pidana pencucian uang (TPPU), sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (2) UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE dan Pasal 28 ayat 1 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE dan/atau Pasal 378 KUHP dan Pasal 55 KUHP dan/atau Pasal 3, Pasal 5, dan Pasal 10 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan Pemberantasan TPPU.

“Ancaman hukuman maksimal 20 tahun,” ujar Gatot. Penyidik telah meningkatkan penanganan perkara yang menjerat Doni Salmanan dari penyelidikan ke tahap penyidikan pada Jumat. Sebanyak 10 saksi diperiksa, yang terdiri atas tujuh saksi korban dan tiga saksi ahli.

Membagikan Cara Investasi

Lalu seperti apa sosok Doni Salmanan, crazy rich Bandung yang tersangkut kasus binary option Quotex ini? Mengutip bisnis.com, Sabtu (5/3/2022), sama seperti Indra Kenz, Doni merupakan influncer yang aktif membagikan cara investasi melalui aplikasi Binomo. Ia pun kerap membuat video seputar Binomo di media sosialnya. Namun kini semua video tersebut telah dihapus.

Baca juga: Akun Instagram Crazy Rich Bandung Doni Salmanan Lenyap, Netizen Heboh

Tak hanya Binomo, Doni Salmanan juga memiliki aplikasi trading bernama Quotex. Quotex merupakan situs trading milik Doni yang akan terhubung dengan grup King Salmanan. Doni mengklaim siapa saja yang mendaftar di Quotex akan secara langsung menjadi member VIP di grup King Salmanan. Namun pada Juli 2021 lalu, OJK mengatakan bahwa Quotex milik Doni adalah ilegal.

Selang beberapa bulan, Quotex masuk ke dalam blacklist OJK. Meski sempat dituduh melakukan penipuan dari trading ilegal, Doni mengklaim sumber kekayaannya tak hanya dari situ. Ia mengaku terjun juga di dunia kripto dan mendirikan usaha di bawah nama Salmanan Grup.

Dia bercerita sebagian sumber kekayaannya berasal dari trading dan saham yang dilakukannya. Dalam sebuah kesempatan ia bercerita pernah meraup keuntungan sebanyak Rp28 juta dengan modal Rp500 ribu.

Baca juga: Pemotor Bagi-bagi Uang di Jalanan Ternyata Doni Salmanan, Youtuber yang Ngaku Lulusan SD

Selain terjun di dunia investasi, Doni juga memiliki usaha di bidang coffeeshop dan production house. Di Bandung, Doni mendirikan kedai kopi bernama Salmanan Coffee Shop. Doni juga terjun di dunia bisnis rokok elektronik.

Doni juga terus meraup pundi-pundi kekayaannya dari Youtube. Doni membagi kanal Youtube-nya menjadi dua yakni Doni Salmanan dan King Salmanan. Youtube King Salmanan memiliki lebih dari 1 juta subsriber. Di Youtube-nya ini, Doni juga kerap membagikan tips seputar trading untuk dipelajari oleh para pengikut.

Sementara untuk kanal Doni Salmanan, ia aktif membagikan kesehariannya bersama sang istri. Doni juga kerap melakukan review motor dan mobil sport yang memiliki harga fantastis.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya