SOLOPOS.COM - Pejabat Forkompinda Sragen dan pimpinan perusahaan menyaksikan pelantikan Bupati dan Wabup secara virtual di Pendapa Sumonegaran, kompleks Rumdin Bupati Sragen, Senin (24/5/2021). (Solopos-Moh. Khodiq Duhri)

Solopos.com, SRAGEN -- Pasangan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati - Suroto, mendapatkan pesan khusus dari Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo.

Ganjar meminta Yuni - Suroto untuk mempertahankan dan melanjutkan kegiatan penanggulangan Covid-19 di Bumi Sukowati dengan kekuatan penuh atau gas pol.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Hal itu disampaikan Ganjar Pranowo seusai melantik Yuni dan Suroto sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sragen, di Kantor Gubernur Jateng di Semarang, Senin (24/5/2021).

Baca juga: PDIP & Demokrat Sragen Berkomitmen Kawal Pemerintahan Yuni-Suroto Yang Dilantik Senin

“Pesan Pak Gubernur untuk Sragen, tangani Covid-19 secara komprehensif dan pemulihan ekonomi. Khusus Sragen, beliau berpesan gas pol. Lanjutkan kegiatan penanggulangan yang kemarin, tambah lagi gasnya dan harus lebih baik lagi,” ujar Bupati Yuni sesampainya di Sragen kepada wartawan di Rumdin Bupati.

Untuk diketahui, dalam sambutannya Ganjar Pranowo menyebut varian baru Covid-19 asal India telah masuk ke salah satu wilayah di Jateng. Dia berpesan supaya varian baru Covid-19 itu tidak menyebar ke semua wilayah di Jateng.

Menurut Ganjar, belum terlihat adanya lonjakan kasus Covid-19 akibat mudik Lebaran. Namun, dia memperkirakan lonjakan kasus itu baru terdeteksi 14 hari setelah Lebaran.

“Untuk kegiatan pemulihan ekonomi, kami berencana menganggarkan bantuan modal usaha dan pelatihan bagi UMKM. Baik untuk startup atau UMKM yang sudah terdaftar di database kami,” lanjut Yuni.

Baca juga: Klaster Covid-19 Pelemgadung Sragen: Positif Tambah 4, Meninggal Jadi 3 Orang

Bersama Suroto, Yuni berkomitmen tetap guyub rukun sama halnya saat ia bekerja sama dengan Dedy Endriyatno sebagai pasangan Bupati dan Wakil Bupati periode 2016-2021.

“Saya dengan Pak Suroto sudah berkomitmen menjaga itu [kerukunan]. Jaga Sragen senantiasa aman dan tenteram, guyub rukun, gotong royong buat Sragen lebih baik lagi,” ujarnya.

Kesetaraan Nasib Petani

Sementara itu, Suroto berharap bisa membantu membangkitkan perekonomian warga khususnya di sektor pertanian. Dia membidik kesetaraan nasib petani di selatan maupun utara Sungai Bengawan Solo.

“Selain pertanian, banyak industri kecil di Plupuh, Gemolong, Kalijambe dan lain-lain. Semua butuh dukungan dan semangat supaya mampu meningkat taraf hidup mereka,” papar Suroto.

Baca juga: Periode Kedua Bupati Sragen Kejar Banyak Mimpi Besar di Waktu Sempit

Sebagai informasi, sejumlah pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) dan pimpinan perusahaan BUMN, BUMD di Sragen turut hadir dalam menyaksikan pelantikan Bupati dan Wabup Sragen secara virtual di Pendapa Sumonegaran, kompleks Rumdin Bupati Sragen.

“Kegiatan nonton bareng pelantikan Bupati dan Wabup ini juga diselenggarakan di 20 Kantor Kecamatan di Sragen. Semua kades dan lurah turut menyaksikan prosesi pelantikan itu di masing-masing Kantor Kecamatan,” papar Asisten III Setda Sragen, Simon Nugroho.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya