SOLOPOS.COM - Para pendukung Bajo siap memenangkan pasangan calon dari jalur independen tersebut di Pilkada Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo akan memulai proses verifikasi faktual pendukung tambahan pasangan calon jalur perseorangan Bagyo Wahyono-FX Supardjo alias Bajo, Minggu (9/8/2020).

Ketua Tim Pemenangan Bajo, Robert Hananto, saat ditemui Solopos.com, Kamis (6/8/2020), mengatakan verifikasi pendukung bajo akan dilakukan di satu tempat, tidak door to door ke rumah warga. Sebanyak 64 lokasi sudah disiapkan tim Bajo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sekitar 16.700 pendukung kami tersebar di 54 kelurahan ada. Kami sudah siapkan 64 lokasi untuk proses verifikasi ini di mana 54 lokasi merupakan pendapa kelurahan. Sepuluh lainnya gedung pertemuan,” tutur dia.

Membeludak, 8.000-An UMKM Sukoharjo Mendaftar Untuk Dapat Bantuan Modal dari Pemerintah

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut Robert, tim sudah meminta para pendukung tambahan Bajo di Pilkada Solo yang akan menjalani verifikasi faktual untuk datang ke lokasi yang ditentukan pukul 10.00 WIB. Pada Minggu pagi berkas baru diserahkan PPK ke PPS.

“Para pendukung ini sudah kami minta untuk datang ke lokasi-lokasi yang sudah ditentukan di wilayah mereka. Proses verifikasi di atas pukul 10.00 WIB karena berkas verifikasi baru diserahkan PPK kepada PPS paginya,” tambah dia.

Untuk mencegah terjadinya persebaran virus corona atau Covid-19 dari kegiatan itu, menurut Robert, verifikasi dilakukan bergelombang. Sudah diatur agar setiap satu jam pendukung Bajo yang diverifikasi di kisaran 70-100 orang.

Positif Corona Sukoharjo Tembus 302 Kasus Lur, Ayo Disiplin Protokol Kesehatan!

Dengan begitu, saat proses verifikasi pendukung Bajo di Pilkada Solo berlangsung tidak terjadi kerumuman besar orang dan jarak mereka bisa diatur.

Optimistis Lolos

“Kami sangat optimistis pasangan Bajo bisa lolos proses verifikasi ini dan maju dalam Pilkada 2020. Mohon doa restu masyarakat,” kata dia.

Sebagaimana diinformasikan, pada verifikasi faktual tahap pertama, Juli lalu, ada sekitar 7.000 pendukung Bajo yang dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Pantang Menyerah Untuk Pilkada Solo, Putri Woelan Cucu PB XII Giliran Temui Partai Golkar

Untuk menutup kekurangan tersebut, tim cawali-cawawali independen Pilkada Solo 2020, Bajo, sudah menyerahkan 16.700 berkas syarat dukungan di mana mereka akan menjalani verifikasi mulai Minggu.

Verifikasi faktual ini berbeda dengan tahap pertama di mana petugas verifikator mendatangi para pendukung satu per satu di alamat rumah mereka.

Kali ini verifikasi dilakukan dengan mengumpulkan pendukung secara berkelompok di satu tempat dan petugas akan mendatangi lokasi yang ditentukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya