Dikukut Polisi, Ruko di Jakut Jalankan 14 Aplikasi Pinjol Ilegal

Zulpan juga mengungkapkan perusahaan operator pinjol ilegal tersebut juga melakukan penagihan kepada nasabahnya dengan cara-cara yang melanggar hukum.

 Ilustrasi tahanan (Dok/JIBI/Solopos)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tahanan (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, JAKARTA — Sebuah rumah toko (ruko) di Pantai Indah Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara, menjalankan atau mengoperasikan sedikitnya 14 aplikasi pinjaman daring atau pinjaman online (pinjol) ilegal.

“Mereka ini semua mengoperasionalkan 14 aplikasi pinjol ilegal,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan di Jakarta Utara, Rabu (26/1/2022) malam seperti dilansir Antara.

PromosiHadir di TMII Sejak 1977, Kereta Kelinci Melawan Mahalnya Akses Hiburan

Zulpan memberikan contoh, sejumlah nama aplikasi pinjol ilegal tersebut antara lain Dana Aman, Uang Rodi, Pinjaman Terjamin, Go Kredit, Dana Induk, dan Dana Online.

Zulpan juga mengungkapkan perusahaan operator pinjol ilegal tersebut juga melakukan penagihan kepada nasabahnya dengan cara-cara yang melanggar hukum.

Baca Juga: 5 Tips Pinjol Cepat Cair, Prosesnya Cuma Hitungan Menit!

“Di antaranya adalah pengancaman, kemudian mengunggah hal-hal yang bisa menurunkan harkat martabat derajat dari peminjam dan sebagainya,” kata Zulpan.

Dalam penggerebekan tersebut polisi mengamankan sebanyak 99 karyawan pinjol ilegal yang terdiri dari satu manajer dan 98 karyawan.

Meski belum mengungkapkan angka pastinya, polisi menyebut cukup banyak masyarakat yang menjadi korban pinjol ilegal tersebut.

“Cukup banyak orang yang melakukan peminjaman di kegiatan ini. Kita lihat karyawannya saja sampai 98. Tentunya banyak masyarakat yang menjadi korban,” kata Zulpan.

Baca Juga: Serem, Modal Pinjol Ilegal Diduga dari Hasil Kejahatan di Luar Negeri

Seluruh karyawan dan manajer pinjol ilegal selanjutnya akan dibawa ke Polda Metro Jaya untuk dilakukan pemeriksaan secara intensif.

Zulpan menegaskan penggerebekan kantor pinjol tersebut karena mereka tidak mengantongi izin dan melanggar ketentuan hukum.

“Pertama adalah UU ITE, kedua adalah UU Perlindungan Konsumen, nomor 8 tahun 1999 khususnya Pasal 62, yakni para pelaku pinjol ilegal bisa dipidana dengan ancaman hukuman lima tahun penjara,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Beli Furnitur IKEA Kini Dapat Asuransi, Cek Syaratnya

IKEA bekerja sama dengan PT PasarPolis Insurance Broker dan PT Asuransi Astra Buana dalam memberikan asuransi pada sejumlah furniture yang dijualnya.

Apresiasi 1,5 Juta Nakes, KPC PEN Salurkan Insentif Rp8,83 Triliun

Komite Penanganan Coronavirus Disease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) telah menyalurkan insentif untuk 1,5 juta nakes dengan total senilai Rp8,83 triliun.

Bank Indonesia Prediksi Penyaluran Kredit Kuartal II/2022 Tumbuh

Saldo Bersih Tertimbang (SBT) perkiraan penyaluran kredit baru triwulan II/2022 hasil survei periode April 2022 sebesar 79,0% dan membuat Bank Indonesia memproyeksi penyaluran kredit bank lebih tinggi dibandingkan kuartal I/2022.

Dorong Transformasi, Dirut BRI Sunarso Jadi Business Person of the Year

Pada acara Fortune Indonesia Summit 2022 tersebut, Direktur Utama BRI Sunarso dinobatkan sebagai Business Person of the Year.

Bayar Tol Tak Lagi Pakai E-Toll dan Diganti MLFF, Ini Jawaban BPJT

Penerapan layanan nirsentuh pembayaran tol bukan hanya wacana, tetapi segera direalisasikan pada akhir 2022.

Favehotel Solo Raih Travellers' Choice Awards 2022 dari Tripadvisor

Favehotel Solo (Manahan Solo dan Solo Baru) berhasil meraih penghargaan Travelers’ Choice Awards 2022 dari TripAdvisor sebuah platform perjalanan terbesar di dunia pada Jumat (13/5/2022).

Begini Harapan CT pada PT Alo Bank Tbk. (BBHI) Dapat Cuan Tahun Ini

Chairman CT Corp Chairul Tanjung mengatakan perbankan selama ini tumbuh dari pinjaman yang disalurkan dan pendapatan di luar bisnis perbankan (fee based income). Pada tahap awal, Allo Bank belum akan fokus pada fee based income.

Pemerintah Yakin Defisit APBN 2022 4,3 Persen, Turun dari Asumsi Awal

Pemerintah meyakini defisit APBN 2022 mencapai 4,3% turun dibandingkan asumsi awal 4,85%

Siap-Siap, Harga 4 Komoditas Pangan Terpantau Naik Sejak Sepekan

Empat komoditas pangan mengalami kenaikan harga sejak sepekan terakhir

Sempat Melemah, IHSG Sesi I Kamis (19/5/2022) Menguat, Ini Pendorongnya

Saham GOTO dan ARTO menjadi salah satu pendorong menguatnya IHSG pada perdagangan sesi I Kamis (19/5/2022).

Kemenaker Sebut Dunkin Donuts akan Jual Aset untuk Bayar THR

Kemenaker menyebut dari hasil mitigasi pihak PT Dunkindo Lestari (Dunkin Donuts) akan menjual aset untuk membayar THR karyawan yang belum terbayarkan selama dua tahun.

Rupiah Diproyeksi Ditutup Melemah Kamis (19/5/2022), Begini Prediksinya

Kurs rupiah terhadap dolar AS diperkirakan melemah pada perdagangan Kamis (19/5/2022)

Imbas Bangun Tol, Erick Thohir: Beban Utang BUMN Karya Cukup Lebar

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir tidak menampik adanya beban utang yang cukup lebar yang dicatat BUMN Karya hingga pertengahan tahun ini.

Mantap, Bank Indonesia Sebut Utang LN RI Turun, Ini Pemicunya

Bank Indonesia (BI) menyebut posisi ULN Indonesia pada akhir kuartal I/2022 US$411,5 miliar, turun dibandingkan dengan posisi ULN pada kuartal sebelumnya US$415,7 miliar.

IHSG Dibuka Melemah Kamis (19/5/2022), Saham GOTO dan BUKA Beda Arah

Saham GOTO dan BUKA mengalami beda arah dalam pembukaan perdagangan IHSG yang melemah Kamis (19/5/2022)