Dikukuhkan Hari Ini di Semarang, Siapa Pjs. Bupati Karanganyar?

Dikukuhkan Hari Ini di Semarang, Siapa Pjs. Bupati Karanganyar?

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengambilan sumpah dan janji pejabat pegawai negeri sipil. (JIBI/Solopos/Dok.)

Pejabat sementara (Pjs) Bupati Karanganyar akan dikukuhkan hari ini di Semarang.

Solopos.com, KARANGANYAR -- Teka-teki soal siapa yang akan menjadi pejabat sementara (Pjs) Bupati Karanganyar menyusul majunya bupati dan wakil bupati Karanganyar dalam Pilkada 2018 akan diumumkan Rabu (14/2/2018) pukul 15.00 WIB.

Sesuai rencana, pengukuhan Pjs. Bupati Karanganyar oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng digelar di Gedung Gradhika Bhakti di kompleks Kantor Gubernur Jateng. Sebagaimana diketahui, Bupati Karanganyar, Juliyatmono, harus mengajukan cuti di luar tanggungan negara karena kembali mencalonkan diri sebagai bupati Karanganyar di Pilkada 2018.

Pengajuan cuti serupa juga dilakukan Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo, yang juga mencalonkan diri sebagai bupati Karanganyar periode 2018-2023. Pengajuan cuti itu didasarkan Peraturan Dalam Negeri (Permendagri) No. 74/2016 tentang Cuti di Luar Tanggungan Negara bagi Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

“Pjs. bupati baru bisa diketahui besok [hari ini]. Selanjutnya, mulai pukul 00.00 WIB [Kamis (15/2/2018], beliau-beliau [Juliyatmono dan Rohadi Widodo] sudah tidak menggunakan fasilitas negara,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Karanganyar, Samsi, saat ditemui wartawan di gedung DPRD Karanganyar, Selasa (13/2/2018).

Surat undangan pengukuhan Pjs. Bupati Karanganyar sudah disebar Sekda Jateng, Sri Puryono, beberapa waktu lalu. Dalam surat undangan itu, pengukuhan Pjs. Bupati Karanganyar akan dibarengkan dengan Pjs. Bupati Temanggung, Pjs. Bupati Tegal, Pjs. Bupati Magelang, dan Pjs. Wali Kota Tegal.

“Yang perlu diperhatikan aparatur sipil negara di lingkungan Pemkab Karanganyar di Pilkada 2018 harus menjaga netralitas,” katanya.

Anggota Komisioner Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar, Muhammad Maksum, mengatakan jadwal kampanye Pilkada 2018 sudah disiapkan jauh-jauh hari. “Waktu kampanye 15 Februari 2018-23 Juni 2018,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Singapura Lockdown, Restoran Hanya Terima Take Away

Pemerintah Singapura mengumumkan lockdown pada pertemuan sosial dan kegiatan publik pada Jumat (14/5/2021).

Pekalongan Diprediksi Tenggelam 15 Tahun Lagi, Ini Sebabnya

Kota Pekalongan di Jawa Tengah diprediksi tenggelam pada 2036 akibat penurunan muka tanah dan naiknya permukaan air laut.

Wisata WGM Wonogiri Tutup, Pengunjung Kecele

Banyak warga yang kecele saat berkunjung ke sejumlah tempat wisata di Wonogiri, termasuk WGM, pada hari kedua Lebaran, Jumat (14/5/2021).

Duh, Pengemis Bawa Kabur Balita Usia 2 Tahun di Sragen

Seorang pengemis perempuan kedapatan membawa kabur seorang balita yang berusia 2 tahun asal Kelurahan Sragen Kulon, Sragen, pada Jumat (14/5/2021). 

Begini Kisah Seleksi Jadi Imam di Uni Emirat Arab

Kemenag melakukan seleksi imam masjid asal Indonesia yang akan diberangkatkan untuk bertugas di wilayah Uni Emirat Arab (UEA).

Melintas di Solo Saat Lebaran, 481 Kendaraan Diperiksa

Sebanyak 481 kendaraan berpelat luar Kota Solo diperiksa saat hari H Lebaran pada Kamis (13/5/2021).

Ketua LHKP-PWM Jateng Sesalkan Pernyataan Ali Mochtar Ngabalin, Desak Minta Maaf

Pernyataan Ali Muktar Ngabalin, Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden terkait Busro Muqodas disesalkan Khafid Sirotudin, Ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PW Muhammadiyah Jateng.

Bhabinkamtibmas Catat ada 1.241 Pemudik Tiba Sragen

Kebanyakan pemudik tiba di Sragen sebelum larangan mudik Lebaran diberlakukan.

Wuih! Ada Wahana Baru di Gunung Pegat Sukoharjo Loh

Gunung Pegat Sukoharjo kini dilengkapi sejumlah wahana baru.

Korban Tewas Karena Jebakan Tikus Di Sragen Tembus 17 Orang, Ini Daftarnya!

Korban meninggal dunia akibat tersengat jebakan tikus beraliran listrik terus berjatuhan di Kabupaten Sragen.

H+1 Lebaran, Pengunjung Wisata Air di Klaten Sepi

Disparbudpora Klaten memprediksi puncak kunjungan ke objek wisata air di Kabupaten Bersinar berlangsung, Sabtu (15/5/2021).