SOLOPOS.COM - Wahana bermain air di Taman Pintar (JIBI/Harian Jogja/dok)

Wahana bermain air di Taman Pintar (JIBI/Harian Jogja/dok)

JOGJA—Objek wisata pendidikan Taman Pintar akan menambah wahana baru. Salah satunya adalah wahana Planetarium yang akan diresmikan awal Oktober ini. Selain itu, Taman Pintar juga akan melengkapi wisata pendidikannya dengan teleskop, rumah robot dan zona olahraga.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Kantor Pengelola Taman Pintar, Ita Rustanti menjelaskan, wahana baru Planetarium yang dibangun dengan anggaran Rp2,5 miliar tersebut terus dibenahi setelah dibuka satu minggu saat liburan lebaran lalu. Sejak saat itu, Planetarium terus diperbaiki sebelum diresmikan. “Planetarium sangat disukai para pengunjung. Rencana, 3 Oktober akan diresmikan,” jelasnya, Kamis (13/9).

Setelah dibuka Oktober mendatang, katanya, pengelola wahana edukasi akan melakukan evaluasi layanan. Wahana Planetarium memiliki daya tampung 50 orang. Pengunjung hanya ditarik tiket Rp15.000 untuk menikmati film tata surya, kisah perjalanan manusia ke bulan dan pengamatan kondisi riil langit saat itu dengan durasi setengah jam.

Selama libur Lebaran kemarin, kata Ita, Planetarium dalam sehari hanya bisa melayani tujuh kali kunjungan. Namun ke depan, lanjut dia, pemutaran film dalam sehari bisa dilakukan sebanyak 10 kali. “Jeda waktu penayangan saat libur Lebaran selama setengah jam. Kami mempersempit jeda itu menjadi 10 menit agar bisa menayangkan 10 kali memutar film untuk setiap pengunjung yang masuk,” tutur Ita.

Proyektor yang digunakan di Planetarium, jelas dia, merupakan proyektor digital. Dibanding planetarium lain yang sudah ada diIndonesia, proyektor digital baru pertama kali digunakan di Planetarium Taman Pintar. Sedangkan biaya yang dikeluarkan dinilai lebih efisien dibanding pembangunan sarana yang sama di tempat lain.

Teropong Bintang

Selain Planetarium, pengelola Taman Pintar akan menambah fasilitas teropong bintang di depan zona Planetarium. “Teleskop akan diletakkan di bangunan tinggi yang akan akan dibangun di depan Planetarium. Tapi, kami masih akan menunggu pengesahan APBD Perubahan untuk membeli teropong itu,” ujarnya.

Keberadaan teropong bintang tersebut, jelas Ita, akan dimanfaatkan untuk pengamatan bintang baik malam maupun siang hari. “Karena Taman Pintar buka dari pagi sampai sore, maka pengunjung yang ingin mengamati angkasa juga bisa menggunakannya. Bisa untuk melihat gerhana matahari,” imbuhnya.

Menurut Ita tahun ini Taman Pintar juga akan membangun zona olahraga, rumah robot dan pembenahan zona kehidupan purba. Bahkan, mantan Menristek BJ Habiebie saat menyambangi tempat itu, akan memberikan replika model berbagai jenis pesawat yang pernah diproduksiIndonesiake Taman Pintar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya