Dikritik Walhi Jateng, Gibran: PLTSa Putri Cempo Solo Jalan Terus

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menegaskan proyek PLTSa Putri Cempo tetap jalan terus dengan target operasional pada April 2022.

 Anggota Komisi III DPRD Kota Solo meninjau proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Putri Cempo, Mojosongo, Jebres, Solo, Jumat (22/10/2021). Proyek pembangunan PLTSa Putri Cempo saat ini sudah mencapai 50,3% dan ditargetkan selesai pada April 2022 mendatang. (Solopos.com/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Anggota Komisi III DPRD Kota Solo meninjau proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Putri Cempo, Mojosongo, Jebres, Solo, Jumat (22/10/2021). Proyek pembangunan PLTSa Putri Cempo saat ini sudah mencapai 50,3% dan ditargetkan selesai pada April 2022 mendatang. (Solopos.com/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menegaskan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Sampah atau PLTSa Putri Cempo Solo jalan terus kendati ada kritik dan permintaan agar proyek itu dihentikan.

Permintaan agar proyek PLTSa tersebut dihentikan disampaikan oleh Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jawa Tengah (Jateng) saat audiensi dengan Komisi III DPRD Solo, Selasa (22/3/2022). Ada beberapa hal yang disampaikan Walhi Jateng, yaitu dampak PLTSa bagi warga yang menjadi pemulung di TPA Putri Cempo.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Selain itu, PTLSa juga dinilai berdampak pada keberlangsungan usaha ternak warga yang selama ini mengandalkan sampah di TPA untuk pakan ternak tersebut. Informasi yang diperoleh Solopos.com, jumlah pemulung yang mengais rezeki di TPA Putri Cempo, Mojosongo, Solo, terus bertambah dari tahun ke tahun.

Baca Juga: Walhi Jateng Minta PLTSa Putri Cempo Solo Disetop, DPRD: Tak Realistis!

Dalam lima tahun terakhir jumlah pemulung bertambah dari 170-an orang menjadi 260-an orang. Jumlah tersebut didapat berdasarkan wawancara Solopos.com dengan Karni, salah satu warga Jatirejo RT 003/RW 039 yang mengoordinasi pemulung TPA Putri Cempo, Kamis (27/1/2022) lalu.

Gibran mengatakan permintaan Walhi Jateng untuk menghentikan proyek PLTSa dengan alasan akan berdampak pada nasib pemulung di TPA Putri Cempo Solo tidak logis. Proyek PLTSa tetap akan terus berjalan dan ditargetkan beroperasi pada April 2022.

“Jalan terus, wis meh rampung. Kalau alasannya menghentikan proyek PLTSa hanya karena pemulung itu ya ora [tidak] logis,” kata Gibran kepada awak media, Kamis (24/3/2022).

Baca Juga: Walhi Jateng Minta Proyek PLTSa Putri Cempo Solo Disetop, Kenapa?

Walhi Jateng menilai ada kekurangtahuan warga sekitar TPA Putri Cempo Solo mengenai proyek PLTSa dan operasionalnya nanti. Selain itu, Gibran mengatakan permintaan Walhi sekadar ingin menghentikan, namun tak disertai dengan solusi.

Solusi Nasib Pemulung

“Mereka punya solusi untuk mengurangi gunungan sampah itu apa? Kalau punya solusi ya enggak apa-apa. Gur meh nutup-nutup tok [hanya mau nutup saja],” kata Gibran.

Mengenai nasib pemulung, Gibran mengatakan Pemkot Solo berupaya mencarikan solusi saat PLTSa sudah beroperasi. “Nanti kita carikan solusi untuk pemulungnya seperti apa,” jelasnya.

Baca Juga: Menteri ESDM Puji Teknologi Gasifikasi di PLTSa Putri Cempo Solo

Gibran belum membeberkan apa solusi tersebut. Menurutnya, proyek PLTSa di TPA Putri Cempo Solo akan lebih banyak manfaatnya. Tidak ada alasan kuat untuk menghentikan proyek tersebut.

“Nanti kita carikan solusi. Saya tau kok itu pemulungnya banyak sekali, enggak mungkin kita lepas begitu saja. Kalau menghentikan proyek ya enggak bisa. Itu proyek yang sudah lama tertunda. Habis itu saya kejar biar cepat selesai kok njaluk dihentikan ya enggak masuk akal. Ini proyeknya lebih banyak manfaatnya lo,” imbuh Gibran.

Hal senada sebelumnya juga disampaikan Ketua Komisi III DPRD Solo, YF Sukasno, yang menerima audiensi Walhi Jateng di DPRD pada Selasa lalu. Menurut Sukasno, permintaan Walhi Jateng agar proyek PLTSa Putri Cempo Solo disetop tidak realistis dan sulit untuk dipenuhi.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Dangdut Koplo Menggema dari Kalangan Bawah hingga Menembus Istana

      + PLUS Dangdut Koplo Menggema dari Kalangan Bawah hingga Menembus Istana

      Mengundang kontroversi di awal kemunculannya, dangdut koplo yang sebelumlnya populer di kalangan masyarakat bawah menjelma sebagai musik populer yang menembus kasta. Bahkan, gaung dangdut koplo mampu menembus kokohnya tembok Istana Merdeka, Jakarta.

      Berita Terkini

      Rumah Subsidi Boyolali Punya Fasilitas Lengkap, Dekat Jalan Raya, Mau?

      Sejumlah pengembang perumahan di Boyolali punya strategi khusus agar rumah subsidi  yang mereka jual cepat laku di pasaran.

      Budaya Peserta G20 Meriahkan Karnaval HUT Ke-77 RI di Karanganyar

      Sesuai jadwal karnaval mulai berjalan pukul 13.00 WIB. Rute dari Alun-alun Karanganyar sampai Rumah dinas bupati Karanganyar.

      Duh, Tas 22 Siswa SMKN 1 Klaten Diacak-Acak Maling saat Upacara HUT RI

      Pencurian terjadi di ruang kelas di lantai II SMKN 1 Klaten saat para siswa mengikuti upacara HUT ke-77 RI di halaman sekolah.

      Catat, Ini Jadwal Hiburan di Ketandan Fashion Challenge

      Sejumlah makanan nonhalal juga disediakan dalam Ketandan Fashion Challenge di kawasan Pasar Gede.

      Jalan Dilebarkan, Warga Catur Boyolali Malah Senang, Kok Bisa?

      Dengan dilebarkannya jalan di Desa Catur tersebut akan membantu mobilitas di daerahnya sekaligus mengurangi angka kecelakaan di daerah tersebut.

      Ditunjuk Jadi Komisaris PT KAI, Begini Kata Mangkunegara X

      Ditunjuk sebagai Komisaris PT KAI, begini kata Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo (KGPAA Mangkunegara X).

      Akhir Pekan Ini, Ketandan Fashion Challenge Solo Digelar, Ada Apa Aja? 

      Kali pertama Pemkot Solo menggelar Ketandan Fashion Challenge di kawasan Pasar Gede.

      Selamat! Bhre Cakrahutomo Mangkunegara X Ditunjuk Jadi Komisaris PT KAI

      Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo alias KGPAA Mangkunegara X ditunjuk untuk menjadi Komisaris PT KAI.

      Jalur Solo-Purwodadi Bakal Diperlebar hingga 9,5 Meter

      Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng memulai membangun jalan itu pada 2022 dengan menggunakan anggaran dana alokasi khusus (DAK) dari pemerintah pusat senilai Rp20 miliar.

      Kelurahan Sukoharjo Kembangkan Minapadi, Ini Keunggulannya

      Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), Dinas Perikanan dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo, Sri Wijiastuti, mengatakan awal mula kegiatan Minapadi dicetuskan karena tawaran dari Dinas Perikanan dan Kelautan Sukoharjo.

      Bergembira di Antara Karya Seni Rupa dan Barang Lawas

      Karya seni rupa—mayoritas lukisan—dipamerkan dan diperjualbelikan bersama barang-barang antik, unik, langka, dan klasik di Rumah Banjarsari, Jl. Syamsyurizal Nomor 10, Setabelan, Banjasari, Kota Solo, Jawa Tengah.

      Univet Janjikan Kuliah Gratis untuk Mahasiswa Berprestasi, Berminat?

      Univet Bantara mendukung para atlet dalam berprestasi tanpa meninggalkan pendidikannya di Univet.

      Nasib Transportasi Umum, Masihkah Dibutuhkan Warga Sragen?

      Sejumlah warga Sragen memilih menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan transportasi umum untuk mendukung aktivitas.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 18 Agustus 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Kamis (18/8/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Perhatian! Jalan Ini Ditutup saat Karnaval Serentak di Wonogiri

      Rekayasa jalan di kecamatan diserahkan kepada forum komunikasi pimpinan kecamatan (Forkompimcam) masing-masing.