Dikritik Turki, China Rilis Video Musikus Uighur yang Dikabarkan Tewas

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA – Media milik pemerintah China merilis sebuah video yang memperlihatkan musikus beretnis Uighur yang dikabarkan tewas dalam tahanan. Kabar tewasnya Abdurehim Heyit menuai kecaman dari Turki yang mendesak China untuk segera mengakhiri penindasan yang mereka lakukan dan menutup kamp ‘detensi’.

Dalam video tertanggal 10 Februari yang diunggah oleh Radio Internasional China berbahasa Turki (CRI Turkce), Heyit mengaku dirinya berada dalam kondisi yang sehat dan tengah menjalani proses investigasi atas dugaan pelanggaran hukum nasional.

“Saya tengah dalam proses pemeriksaan atas dugaan pelanggaran hukum nasional. Kondisi kesehatan saya baik dan saya tak pernah disiksa,” kata Heyit dalam video tersebut sebagaimana dikutip dari BBC, Senin (11/2/2019).

Mengutip BBC, Ketua Proyek HAM Uighur yang berbasis di Amerika Serikat, Nury Turkel mempertanyakan keaslian video tersebut. Ia menyatakan terdapat sejumlah aspek dalam video yang “mencurigakan”.

Usaha klarifikasi China datang setelah otoritas Turki menyatakan desakan untuk menutup kamp detensi di Xinjiang setelah seorang musikus keturunan Uighur dilaporkan tewas di sana.

Abdurehim Heyit disebut telah menjalani vonis penjara selama 8 tahun di Xinjiang, sebuah provinsi di barat China yang diyakini menjadi lokasi penahanan sekitar satu juta keturunan etnis minoritas Uighur.

Laporan dari Kementerian Luar Negeri Turki menyebutkan bahwa mereka mengalami “penyiksaan” di “kamp konsentrasi”. Namun Pemerintah China menyatakan tempat yang dimaksud bukanlah kamp detensi, melainkan “pusat pelatihan vokasi”.

“Sudah bukan rahasia lagu bahwa lebih dari satu juta warga keturunan Uighur ditangkap secara sewenang-wenang, menjadi sasaran penyiksanaan, dan dicuci otaknya di penjara,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Turki Hami Aksoy sebagaimana dikutip BBC, Minggu (10/2/2019). Ia juga mengungkapkan bahwa warga yang tak ditahan berada di bawah pengawasan dan tekanan yang besar.

“Kembali diperkenalkannya kamp-kamp konsentrasi abad ke-21 dan kebijakan asimilasi sistematis pemerintah China terhadap etnis Uighur merupakan hal yang sangat memalukan bagi umat manusia,” kata Aksoy menambahkan.

Aksoy juga mengatakan laporan kematian Heyit semakin memperkuat reaksi publik Turki terhadap pelanggaran serius hak asasi manusia di Xinjiang. Ia pun meminta Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres untuk “mengambil langkah efektif guna mengakhiri tragedi kemanusiaan” di sana.

Pemerintah China secara tegas telah menyangkal segala bentuk tudingan internasional mengenai kamp detensi tersebut. Mereka menyatakan tempat itu adalah pusat pelatihan vokasi yang bertujuan untuk menangkal terorisme dari kawasan Xinjiang.

Abdurehim Heyit adalah seorang pemain Dutar, instrumen musik petik dengan dua dawai yang dikenal sulit dikuasai. Ia belajar musik di Beijing dan telah tampil di berbagai tempat di China.

Penahanan Heyit disebut dipicu oleh lagu berjudul “Fathers” yang ia tampilkan. Lirik lagu itu berasal dari sebuah puisi Ughur yang berisi ajakan untuk generasi muda menghormati pengorbanan para pendahulu mereka.

Namun terdapat kata “syuhada perang” dalam lagu itu yang kemungkinan dianggap otoritas China sebagai ancaman terorisme.

Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

Viral! Aksi Maling HP Terobos Lubang Pagar Besi Bikin Tegang, Dikira Nyantol Ternyata...

Aksi seorang pencuri ponsel yang terekam kamera CCTV viral di media sosial lantaran mampu melewati lubang pagar besi yang kecil.

Bobol Konter Dua Kali, Pasutri di Ponorogo Curi Puluhan Tabung Gas Elpiji

Sepasang suami istri mencuri 50 tabung gas 3 kg dan uang Rp1 juta di konter 212 Cellular depan BRI Siman, Desa Brahu, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo.

IKM di Grobogan Didorong Meningkatkan Daya Saing

Pemkab Grobogan bersama anggota DPR RI menggandeng sejumlah perusahaan untuk sosialisasi agar IKM memiliki daya saing.

Kompolnas Desak Pengusutan Tuntas Kasus Napoleon Aniaya Muhammad Kece

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mendesak kasus penganiayaan terhadap Muhammad Kece ini diusut tuntas.

Ramalan Zodiak Hari Ini: Sagitarius Gampang Tergoda Penawaran Kerjasama

Ramalan zodiak hari ini menyebut seseorang bisa jadi datang ke rumah dan mampu membuat percaya Sagitarius untuk terlibat kerjasama.

Tanpa Ampun, Ajax Libas Tim Promosi Cambuur 9-0

Ajax memberondong tim promosi Liga Belanda Cambuur Leeuwarden dengan 9 gol tanpa balas dalam laga pekan kelima di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam.

Juergen Klopp Puji Sadio Mane Seusai Liverpool Libas Crystal Palace 3 Gol Tanpa Balas

Juergen Klopp menyanjung tinggi-tinggi Sadio Mane setelah Liverpool mengatasi Crystal Palace 3-0 dalam lanjutan Liga Inggris di Anfield, Sabtu (18/9/2021) waktu setempat.

Sudah Bikin 37 Buku Novel hingga Komik, Siswi MAN 1 Solo Ini Raih Penghargaan dari Gubernur DIY

Nadia Shafiana Rahma adalah salah satu cerpenis dan novelis dari MAPK dan Pondok Pesantren Hadil Iman MAN I Solo.

Petik Hasil Imbang Lawan Southampton, Guardiola Sebut Pemain City Punya Masalah Ini

Manchester City hanya memetik hasil imbang 0-0 saat menjamu Southampton dalam lanjutan Liga Inggris di Etihad, Sabtu (18/9/2021) waktu setempat.

Jelang PTM, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Madiun Ikuti Vaksinasi

Selain sebagai persiapan PTM, vaksinasi ini juga penting karena sebagai salah satu syarat seseorang mendapatkan pelayanan umum dan pelayanan transportasi publik.

Eks Napi Terorisme Desak Pembubaran BNPT

Para eks Napiter NKRI itu meyebut program BNPT pemberdayaan para alumni napiter yang sudah bebas tidak jelas.

Sepuluh Persen SMP di Bantul Jalani Uji Coba PTM

Senin Depan, sejumlah SMP sederajat di Bantul menjalani uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Rusak Gembok, Pasutri di Ponorogo Mencuri di Toko Dua Kali

Pasangan suami ini dua kali berturut-turut mencuri di sebuah Toko di Desa Brahu, Kecamatan Siman, Ponorogo.

500 KPM PKH di Karanganyar Diverifikasi Pendampingan Usaha

500 KPM PKH di Karanganyar Diverifikasi Pendampingan Usaha

Dukung Herd Immunity, PDIP Grobogan Gelar Vaksinasi Gratis

Kegiatan vaksinasi yang digagas DPC PDIP Grobogan dengan menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) Grobogan menyasar 1.000 warga.

KAI Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA sampai Sarjana

PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuka rekrutmen pegawai untuk beberapa posisi seperti masinis sampai teknisi pemeliharaan.