SOLOPOS.COM - Pemain Timnas Indonesia U-16 bersama Menpora Zainudin Amali merayakan kemenangan seusai mengalahkan Timnas Vietnam U-16 saat laga final AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, D.I. Yogyakarta, Jumat (8/12/2022). (ANTARA FOTO/ Andreas Fitri Atmoko/rwa.)

Solopos.com, JAKARTA—Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dikritik netizen atau warganet setelah ikut mengangkat trofi Piala AFF U-16 2022 bersama Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan seusai Timnas Indonesia U-16 juara.

Momentum itu terjadi seusai Indonesia menjuarai laga final Piala AFF U-16 2022 dengan mengalahkan Vietnam 1-0 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, D.I. Yogyakarta, Jumat (12/8) malam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Atas sorotan masyarakat tersebut Menpora Amali menyampaikan klarifikasi.

Baca Juga: Juara Piala AFF U-16 2022, Bima Sakti: Ini untuk Masyarakat Indonesia

“Saya itu awalnya diminta oleh master of ceremony (MC) untuk naik ke panggung bersama Presiden AFF, Sekjen AFF, Ketum PSSI dan Sekjen PSSI,” kata Menpora Amali melalui pernyataan tertulis di Jakarta, Minggu (14/8/2022).

“Kami secara bergantian memberikan penghargaan dan mengalungkan medali, mulai dari wasit, pencetak gol terbanyak, penjaga gawang hingga pemain terbaik,” lanjutnya.

Menpora menjelaskan dirinya bersama Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Sekjen AFF diminta oleh Presiden AFF untuk penyerahan piala dan memegang trofinya. Kemudian trofi itu diangkat ke atas bersama-sama.

Baca Juga: Indonesia Juara Piala AFF U-16 2022, Sejarah dan Kado Spesial

“Saya mendapat giliran menyerahkan kepada pemain terbaik (M. Iqbal) dan mengalungkan medali bersama Ketum PSSI kepada juara I (Indonesia). Setelah selesai semuanya, tibalah saatnya penyerahan piala AFF U-16 oleh Presiden AFF kepada kapten Tim (M Iqbal),” katanya.

“Saat itulah Presiden AFF meminta saya bersama Ketum PSSI dan Sekjen AFF untuk memegang piala bersama-sama kemudian diangkat ke atas bersama-sama,” tambah Amali.

Seusai penyerahan trofi itu, Menpora Amali mengaku justru diajak kembali oleh M Iqbal dan kawan-kawan untuk kembali berfoto bersama dengan momen mengangkat trofi.

Baca Juga: Kemenpora Angkat 193 Atlet Jadi PNS, 57 di Antaranya Atlet Disabilitas

“Ramailah suasananya, anak-anak dengan riang gembira menikmati kemenangan sambil berfoto bersama. Setelah itu, saya turun podium, tapi baru beberapa langkah Iqbal dan kawan-kawan serta ofisial memanggil lagi supaya saya bersama Ketum PSSI berfoto dengan mereka,” sebut Menpora Amali.

Jadi, kata dia, M. Iqbal dan kawan-kawan yang mengajak Menpora Amali sambil mengangkat trofi sebagai euforia kebanggaan atas kemenangan Timnas Indonesia U-16.

“Ada juga momen yang sambil mengangkat piala trofi itu. Jadi, bukan keinginan saya. Tapi Iqbal dan kawan-kawan yang sedang gembira meminta saya berfoto memegang piala dengan mereka. Bahkan, saya juga diajak keliling lapangan bersama mereka sambil menyapa penonton. Begitulah kejadian sebenarnya,” pungkas Menpora.

Baca Juga: Menpora Tegaskan Penggunaan Anggaran ASEAN Para Games 2022 Siap Diaudit

Sebelumnya, warganet menyentil Ketum PSSI dan Menpora yang mengangkat trofi Piala AFF seusai Timnas Indonesia U-16 menaklukkan Vietnam.

Biasanya, trofi diangkat oleh kapten tim sebagai penghormatan bagi para pemain serta pelatih yang telah berjuang di lapangan, sementara para pejabat teras seperti menteri hingga pejabat federasi sebatas memberikan kepada pemain atau pelatih.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya