SOLOPOS.COM - ilustrasi (news.bigdownload.com)

ilustrasi (news.bigdownload.com)

JOGJA—Sejak berganti nama menjadi Diklat Pengcab PSSI Kota Jogja, Diklat PSIM kini mencari sosok pelatih baru pengganti Suhari Marijo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sejek diberlakukan Permendagri Nomor 1/2011, PSIM tak lagi dibiayai APBD Kota Jogja. Oleh sebab itu, Diklat yang selama ini masih menjadi bagian dari PSIM, harus melepaskan diri dan bergabung dengan Pengcab PSSI Kota Jogja.

Manajer Diklat Nugroho Swasto Purnomo mengakui, hingga kini pihaknya masih menyeleksi beberapa nama pelatih yang sudah ada pada daftar. “Sudah ada beberapa, saya tidak bisa sebutkan satu-satu. Saat ini masih terus kami seleksi,” ujarnya saat dihubungi Harian Jogja.

Untuk sementara, ia menambahkan, posisi pelatih Diklat dirangkap pelatih Tunas Jogja, Daryanto Hadi. Posisi pelatih ditargetkan sudah terisi pada pertengahan September.

Keberadaan Diklat ini terbilang cukup vital untuk kepentingan pembinaan pemain usia dini secara berjenjang.

Terlebih pelaksanaan Porprov tinggal setahun lagi. Ia mengaku keberadaan Diklat bertujuan untuk mencetak pemain-pemain yang mewakili Kota Jogja di ajang Poprov tersebut.

“Biar tim Porprov bisa segera terbentuk nantinya. Meski sebenarnya, Diklat ini bukan tim, melainkan hanya tempat untuk pendidikan dan pelatihan saja,” tegasnya.

Untuk proses seleksi, pihaknya bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UNY dan beberapa pelatih profesional. Dengan begitu, para calon pelatih nantinya juga dibekali akademis kepelatihan selain syarat utama mereka paling tidak adalah Lisensi C. “Karena memang tujuan kami adalah pembinaan,” ujarnya.

Saat ini, terdapat 75 pemain yang terdaftar di Diklat dengan rentang usia antara 16-19 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya