SOLOPOS.COM - Peserta seleksi CPNS 2019-2020 tahap SKB untuk formasi penempatan di Karanganyar mengikuti ujian di UNS Solo sesuai protokol kesehatan Covid-19 Kamis (3/9/2020). (Istimewa/ BKPSDM Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Seleksi CPNS 2019-2020 sudah pada tahap akhir melalui ujian kompetensi bidang (SKB). Meskipun begitu, diklat kepegawaian dan training di instansi masih menunggu kebijakan pemerintah pusat.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karanganyar, Suprapto, mengatakan setelah melalui test SKB, peserta yang lolos melalui keputusan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) akan ditempatkan di instansi yang dituju.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pasien Positif Covid-19 Melonjak 51 Orang, Sragen Masuk Zona Merah

Mereka akan melakukan pekerjaan di instansi sembari menunggu jadwal diklat. Namun, apabila wabah pandemi Covid-19 belum usai, maka diklat yang menjadi syarat penetapan PNS kemungkinan besar akan diundur.

“Setelah diserahkan ke instansi masing-masing oleh bupati biasanya maksimal satu tahun akan menjalani diklat kepegawaian selama sebulan. Atau setidaknya pertengahan 2021 kalau penetapannya pada Desember 2020. Itu sebagai salah satu syarat dan wajib mengikuti untuk menjadi PNS sepenuhnya. Tapi kalau masih pandemi, kami belum tahu apakah ditiadakan atau diundur, masih menunggu kebijakan pemerintah pusat,” terang dia kepada Solopos.com, Jumat (4/9/2020).

Tetap Waspada! Ada 6 Klaster Persebaran Covid-19 di Boyolali

Selain itu, Suprapto menjelaskan untuk CPNS yang diterima khususnya dari luar daerah tidak ada regulasi menunjukan hasil swab atau rapid test sebelum bekerja pada hari pertama. Namun, ada peraturan khusus terkait izin mudik dan cuti selama menjalani pekerjaan di instansi pemerintahan.

“Untuk mudik tidak diperbolehkan selama pandemi. Kalau sebelum pandemi kan boleh-boleh saja. Cuti juga harus izin atasan langsung. Tidak boleh langsung. Tapi tidak diharuskan rapid test dulu sebelum masuk hari pertama,” imbuh dia.

Lapar di Tengah Malam? Yuk Coba Kuliner Murah Soto Ayam Kampung Pak Timbul di Solo

Sebelumnya, seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS 2019-2020 diselenggarakan di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo sejak Rabu (2/9/2020) hingga Kamis (3/9/2020). Seleksi tersebut diikuti oleh sekitar 650 peserta yang lolos seleksi kompetensi dasar (SKD) dari seluruh Indonesia untuk memperebutkan 244 formasi yang dibuka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya