Diklaim Lebih Hemat, Segini Harga Kompor Induksi di Market Place

PT PLN (Persero) mengaku siap untuk mengawal program pengalihan kompor berbahan bakar liquefied petroleum gas (LPG) menjadi kompor listrik atau induksi.

Anik Sulistyawati/Lili Sunardi - Solopos.com
Jumat, 26 November 2021 - 10:53 WIB

SOLOPOS.COM - Ilustrasi memasak pakai kompor listrik. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA – PT PLN (Persero) mengaku siap untuk mengawal program pengalihan kompor berbahan bakar liquefied petroleum gas (LPG) menjadi kompor listrik atau induksi, sebagai salah satu solusi untuk menekan impor dan memperbaiki neraca perdagangan nasional.

Seperti diketahui, LPG sebagai bahan bakar yang digunakan kompor gas selama ini mayoritas dipenuhi dengan impor.

Sementara itu, sumber energi untuk kompor induksi bisa diperoleh dari listrik dalam negeri. Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan bahwa dengan cadangan daya yang telah lebih dari 30 persen di hampir seluruh sistem kelistrikan, PLN siap mendukung program konversi kompor induksi.

Baca Juga: Catat, Ini Tips Cari Cuan di Medsos Ala Emil Dardak dan Arumi Bachsin

“PLN juga siap menggulirkan diskon tambah daya guna mempermudah pelanggan untuk beralih ke kompor induksi,” katanya melalui keterangan resmi, Selasa (23/11/2021) seperti dilansir Bisnis.com. PLN, kata dia, berkomitmen untuk menjalankan program konversi kompor induksi.

Bahkan, perusahaan sebenarnya sedang menggulirkan Program Sejuta Kompor Induksi. Selain itu, saat ini PLN memberikan harga khusus tambah daya hanya sebesar Rp150.000 melalui Program Nyaman Kompor Induksi 2021 bagi pelanggan yang membeli kompor induksi melalui mitra yang memiliki kerja sama dengan PLN.

Ada sejumlah kelebihan kompor induksi sehingga peralatan memasak ini sudah mulai banyak digunakan oleh masyarakat khususnya di lingkungan perkotaan. Kompor jenis ini memungkinkan penggunanya untuk bisa memasak tanpa harus menggunakan api dan diganti dengan energi listrik sebagai sumber panasnya.

Selain itu, kelebihan kompor induksi yang menggunakan energi listrik adalah menawarkan efisiensi energi yang tinggi jika dibandingkan dengan kompor gas. Hal ini dikarenakan kompornya bisa bekerja dengan lebih cepat tanpa harus menciptakan api. Kamu hanya perlu menyalakan kompor untuk waktu lebih singkat.

Baca Juga: Stagnan Nih, Cek Harga Emas di Pegadaian Jumat 26 November 2021

Lantas berapa harga kompor induksi di market place? Berdasarkan pantauan Solopos.com, Jumat (26/11/2021), di Tokopedia, kompor induksi 2 tungku merek Miyako KG-302C dijual dengan hagrga Rp265.000. Kompor induksi Philips protable (second hand) dijual seharga Rp500.000. Ada juga kompor induksi Philips HD4932 yang ditawarkan seharga Rp1.010.000.

Di Tokopedia juga ada kompor induksi Informa 1 tungku yang ditawarkan dengan harga Rp700.000. Ada juga kompor induksi Advance ditawarkan seharga Rp350.000.

Sementara di market place Shopee, ada kompor induksi Modena Pl1315 yang ditawarkan seharga Ep1.085.000. Kompor listrik Maspion S-300/SH-31 dijual sekitar Rp154.500. Ada juga Kompor listrik Induksi Bolde Super Stove Omega yang dijual seharga Rp826.000.

Memang banyak sekali ragam dan pilihan kompor induksi di market place yang ditawarkan. Anda bisa membeli sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif