Dikirimi 500 Set Sarpras dari BNPB untuk Tempat Isoter, Bupati Karanganyar : Ini Keren

Kabupaten Karanganyar merasa perlu menyiapkan isoter lengkap dengan sarpras penunjang untuk mengantisipasi lonjakan kasus positif Covid-19.

 Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengunjungi tempat isoter di bekas SMP di Kerjo, Kamis (19/8/2021). (Solopos-Sri Sumi Handayani)

SOLOPOS.COM - Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengunjungi tempat isoter di bekas SMP di Kerjo, Kamis (19/8/2021). (Solopos-Sri Sumi Handayani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Kabupaten Karanganyar mendapatkan bantuan 500 set sarpras (sarana prasarana) penunjang tempat isolasi terpusat atau isoter dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menyampaikan itu saat berbincang dengan wartawan, Kamis (19/8/2021).

Informasi yang dihimpun Solopos.com, bantuan tersebut sudah dikirim dan diterima oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karanganyar, Jumat (20/8/2021). Rencana bantuan dikirimkan secara bertahap.

PromosiKembalinya Sentralisasi

“[Dibantu] Danrem [074/Warastratama] menyambungkan dengan BNPB. Saya minta bantuan sarpras isoter supaya lengkap. Barang-barang itu akan menjadi inventaris. Ke depan tidak kesulitan,” kata Bupati.

Baca juga: Salut! Petani Cepogo Kirim Sayur untuk Warga Terdampak PPKM dan Covid-19 di Karanganyar

Yuli, sapaan akrab Juliyatmono, mengaku mengajukan permohonan bantuan berupa container drawer 500 unit, kasur busa single 500 unit, ranjang besi single 500 unit, bantal 500 buah, sarung bantal 1.000 lembar, seprai 1.000 lembar, selimut 500 lembar, jemuran 500 unit, tempat sampah 100 unit, dan tabung oksigen 50 unit. Permohonan bantuan tertulis dikirimkan pada Kamis (12/8/2021).

Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19

BNPB sudah mengirimkan container drawer sebanyak 393 unit pada Jumat. Dia tidak bisa menutupi kebahagiaan sehingga menyebut respons BNPB sebagai suatu hal yang keren.

“Ini keren. Tempat isoter di Gedung Wanita nanti akan jadi bagus dan sarpras komplet. Malah bisa menjadi semacam rumah sakit darurat ya,” ungkapnya.

Baca juga: Pelaku Usaha Wisata Karanganyar Didorong Bikin Promo bagi Pengunjung yang Sudah Divaksin

Kabupaten Karanganyar merasa perlu menyiapkan isoter lengkap dengan sarpras penunjang untuk mengantisipasi lonjakan kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Terlebih, Bupati membuat kebijakan masyarakat harus menjalani isolasi di rumah isoter.

Langkah itu untuk menekan persebaran Covid-19 melalui kontak erat dan mengantisipasi kemungkinan buruk selama isolasi mandiri di rumah.

“Seluruhnya harus masuk isoter supaya aman dan menyelamatkan. Isoter kami siap ditempati. Rapat dengan Pak Luhut [Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi], Soloraya fokus bagaimana isoman itu 70% harus berada di isoter. Itu tidak ringan,” jelas dia.

Dihubungi secara terpisah, Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Kabupaten Karanganyar, Bagoes Darmadi, menyampaikan harapan BNPB dapat menyalurkan bantuan lain.

Baca juga: Minat Petani Karanganyar Beralih ke Pertanian Organik Minim, Ini Penyebabnya

Salah satu hal yang disebut rompi khusus untuk sukarelawan. Menurutnya itu sebagai bentuk apresiasi kepada kiprah sukarelawan selama penanganan pandemi Covid-19.

“Pengiriman bertahap. Kali ini container drawer dulu. Barang-barang itu untuk kebutuhan masyarakat selama di isoter Gedung Wanita. Respons BNPB untuk penanganan Covid-19 di Karanganyar baik,” ujar dia saat dihubungi Solopos.com Jumat.

Menunggu Instruksi Bupati

Ditanya rencana Karanganyar menambah tempat isoter terutama di Kecamatan Gondangrejo dan Colomadu, Bagoes mengungkapkan hal itu menunggu instruksi Bupati Karanganyar. Sementara warga dari dua kecamatan itu dikirim ke Gedung Wanita dan Balai Latihan Kerja (BLK) Karanganyar.

Baca juga: Gawat! Ada Upaya Penggalangan Dana Terorisme Melalui Kotak Amal

“Sementara kami arahkan ke Gedung Wanita dan BLK tergantung jenis kelamin. Isolasi terpusat biar tidak di rumah masing-masing. kalau isolasi di rumah kan kontrol tenaga medis kurang. kalau di tempat isoter bisa tiap hari dicek perkembangan dan ada nakes.,” ungkapnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Aspal Meleleh, Krisis Iklim Perburuk Gelombang Panas India-Pakistan

+ PLUS Aspal Meleleh, Krisis Iklim Perburuk Gelombang Panas India-Pakistan

Gelombang panas ekstrim menghantam India dan Pakistan dengan cuaca bertemperatur tinggi hingga 50 derajat celcius yang membuat aspal meleleh dan diprediksi bakal lebih buruk akibat krisis iklim.

Berita Terkini

Pasar Hewan Ditutup 2 Pekan, Pedagang Sapi Boyolali: Serba Repot

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali menutup seluruh pasar hewan di wilayah setempat selama dua pekan, mulai Jumat (27/5/2022) hingga Jumat (10/6/2022).

Begini Kocaknya Bio One Cs Dari Film Srimulat Saat Kunjungi Solopos

Para aktor, sutradara, dan kru film Srimulat: Hil Yang Mustahal tampil kocak dengan lelucon-lelucon saat mengunjungi Griya Solopos di Solo.

Pasar Hewan di Cepogo Boyolali Mendadak Sepi H-1 Penutupan, Alasannya?

Pasar Hewan Sunggingan yang berada di Jelok, Cepogo, Boyolali tak seramai seperti biasanya sehari menjelang penutupan sementara, Kamis (26/5/2022).

Prabowo Hingga Surya Paloh, Ketum Parpol Hadiri Pernikahan Adik Jokowi

Selain menteri dan pejabat tinggi kepolisian dan TNI, tampak sejumlah pimpinan parpol menghadiri pernikahan adik Presiden Jokowi, Idayati, dengan Ketua MK Anwar Usman di Solo.

H-1 Penutupan Pasar Hewan, Ini yang Dilakukan Tim Gabungan Boyolali

Tim gabungan menggelar sosialisasi penutupan pasar, pengecekan hewan, hingga penyemprotan disinfektan sehari menjelang penutupan pasar hewan di Boyolali, Kamis (26/5/2022).

Begini Suasana Perayaan Kenaikan Isa Almasih di Wonogiri

Sejumlah personel Kepolisian Resor (Polres) Wonogiri diterjunkan ke sejumlah gereja selama ibadah perayaan Kenaikan Isa Almasih, Kamis (26/5/2022).

Pandemi Covid-19! Penangkar Jalak di Bayat Klaten Tetap Untung

Peternak jalak di Kampung Jalak, Dukuh Nglebak, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, masih merasakan keuntungan di tengah pandemi Covid019.

PPPK Klaten Geruduk BKPSDM Klaten PascaPeroleh SK, Ada Apa?

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang pekan lalu baru menerima surat keputusan (SK) menggeruduk Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Klaten, Rabu (25/5/2022).

Gibran Dan Menhub Jajal KRL Solo Balapan-Palur, Sudah Siap Beroperasi?

Menhub Budi Karya Sumadi dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjajal jalur KRL Solo Balapan-Palur, Kamis (26/5/2022).

PMK Belum Pengaruhi Harga Daging Sapi di Wonogiri, Benarkah?

Merebaknya kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) dinilai belum mempengaruhi harga daging sapi di Wonogiri.

PMK Mulai Serang Sapi Lokal Wonogiri, Ini Persebarannya?

Sebanyak lima ekor sapi lokal di Wonogiri mulai terserang penyakit mulut dan kuku (PMK), Selasa (24/5/2022).

Serangan Jantung, Warga Karanganyar Meninggal di Pertapaan Pringgodani

Seorang pengunjung kawasan wisata religi pertapaan Pringgodani di Desa Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Boyolali Hari Ini: 26 Mei 2015, Dirazia! Anak Punk Pamer Tato Doraemon

Tujuh tahun lalu, tepatnya 26 Mei 2015, Polres Boyolali menangkap enam anak punk lewat operasi cipta kondisi di sepanjang Jalan Raya Ampel sampai Sunggingan Boyolali Kota.

PMK & Penutupan Pasar Hewan Tak Pengaruhi Harga Daging Sapi Sukoharjo

Harga daging sapi di Pasar Ir Soekarno Sukoharjo tidak terpengaruh dengan merebaknya wabah PMK di beberapa daerah Soloraya maupun penutupan Pasar Hewan Bekonang.

Kisah 43 Calhaj Purwantoro ke Tanah Suci Berkat Program Talangan Haji

Di tahun 2022, Kecamatan Purwantoro memberangkatkan calon haji (calha) terbanyak se-Wonogiri, yakni mencapai 43 orang.