Dikira Suporter Persija, Bus Jemaah Umrah Wali Kota Bogor Dilempari Batu

Dikira Suporter Persija, Bus Jemaah Umrah Wali Kota Bogor Dilempari Batu

SOLOPOS.COM - Ilustrasi garis polisi (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/SOLOPOS)

Bus jemaah umrah yang juga ditumpangi Wali Kota Bogor Bima Arya dilempari batu, diduga mereka dikira suporter Persija.

Solopos.com, BOGOR -- Bus pariwisata yang ditumpangi rombongan jemaah umrah termasuk Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto beserta keluarga dilempari batu saat melintas di Tol Jagorawi KM 27, kawasan Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (17/2/2018).

Bima saat dihubungi Antara menjelaskan peristiwa pelemparan terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Pelemparan diduga dilakukan oleh sekelompok suporter tim sepak bola yang berkumpul di sekitar tol.

"Ini dugaan saya, karena mereka tidak pake atribut. Mereka duduk-duduk dipinggir jalan tol, setelah kami melintas kami melihat ada mobil suporter The Jakmania berjarak mungkin sekitar 500 meter dari lokasi mobil kami di serang," kata Bima.

Akibat lemparan batu tersebut, kaca bus pariwisata dengan nomor polisi F 7950 AA yang ditumpangan 28 orang jemaah umrah pecah dan retak-retak. Bahkan dua perempuan di dalam bus mengalami luka kecil pada bagian pipi akibat pecahan kaca.

Menurut Bima, saat kejadian pelemparan seluruh jemaah kaget. Bahkan bus sempat oleng sehingga seluruh jamaah shock dengan kejadian tersebut.

"Tadi sopir sempat mau berhenti, tapi saya arahkan untuk tetap jalan dan berhenti di shell [rest area]," katanya.

Bima menduga, pelemparan dilakukan oleh suporter bola karena saat ini juga sedang dilaksanakan final Piala Presiden 2018 yang mempertemukan antara Persija Jakarta dan Bali United di Stadion Utama Gelora Bung Karno. "Ini baru dugaan, karena kebetulan seluruh jamaah umrah mengenakan baju oranye khasnya Persija," kata Bima.

Hingga pukul 15.45 WIB seluruh penumpang bus jamaah umroh sudah dapat menenangkan diri. Pihak travel juga sudah mengirim bus pengganti untuk melanjutkan perjalanan menuju Bandara Soekarno Hatta.

Bima mengatakan peristiwa tersebut menjadi catatan penting yang harus menjadi perhatian bersama. Apalagi menyangkut keselamatan pengguna kendaraan di jalan tol.

"Mungkin ini bisa jadi perhatian aparat keamanan, kenapa bisa ada yang bergerombol di jalan tol, apalagi suppoter bola. Bisa jadi bahan evaluasi agar peristiwa ini tidak terulang lagi," kata Bima.

Bima bersama istri dan kedua anaknya hari ini bertolak ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah umrah. Rombongan berangkat dari Masjid Raya Bogor pukul 14.00 WIB. Dalam rombongan tersebut juga ada istri Sekda Ade Sarip Hidayat dan istri Ketua DPRD Kota Bogor.

Berita Terkait

Berita Terkini

H+1 Lebaran Jalanan Wonogiri Kok Ramai, Ternyata Ini Alasannya

Arus lalu lintas di Wonogiri pada H+1 Lebaran atau hari kedua Lebaran, Jumat (14/5/2021) terpantau ramai lancar. Banyak warga yang berwisata maupun bersilaturahmi.

Israel Tewaskan 7 Warga Palestina di Tepi Barat

Tujuh orang warga Palestina meninggal dunia pada Jumat (14/5/2021) akibat aksi kekerasan pasukan Israel yang membubarkan aksi unjuk rasa mereka.

Pengrajin Jamu Gendong Asal Sukoharjo Tak Pulang Kampung, Sebelum Ramadan Sudah Kulakan Dulu

Sebagian pengrajin jamu asal Nguter Sukoharjo memilih tidak pulang ke kampung halaman saat Lebaran 2021. Mereka kulakan bahan baku jamu dalam jumlah besar untuk menambah stok jamu sebelum bulan puasa.

Ini Alasan Mantan Tetap Ingin Berteman, Terima atau Tidak?

Ada sejumlah penyebab melandasi niatan sang mantan ingin tetap berteman.

Benarkah Makan Bawang Merah Berlebihan Bikin Bau Vagina Tak Sedap?

Makan bawang merah bisa memicu bau tak sedap pada vagina.

Partai Golkar Kecam Keras Serangan Israel ke Palestina

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan pihaknya mengecam keras serangan tentara Israel terhadap rakyat Palestina.

Penonton Liga Inggris Bisa Sepenuhnya Datangi Stadion di Musim Ini

Pengelola Premier League Inggris berencana membuka akses bagi para penonton untuk menonton di stadion pada musim 2021- 22 ini.

Duh! Sampah Petasan Kotori Alun-Alun Pengging Boyolali

Alun-Alun Pengging Boyolali dikotori dengan keberadaan sampah. Sebagian besar sampah itu adalah serpihan-serpihan kertas bekas petasan.

Makin Brutal, Pemboman Israel Tewaskan Satu Keluarga Palestina

Pemboman oleh pasukan Israel pada Kamis (13/5/2021) malam menumpas habis seluruh anggota sebuah keluarga Palestina di wilayah utara Jalur Gaza.

Ada Larangan Mudik, Bus dan Truk yang Masuk Solo Turun Drastis

Jumlah bus dan truk yang keluar masuk Kota Solo menurun drastis selama pemberlakuan larangan perjalanan mudik oleh Kementerian Perhubungan.

Satgas Covid-19 Evaluasi Kasus Selama Libur Lebaran

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, mengatakan belum bisa memperkirakan apakah terjadi lonjakan kasus Covid-19 selama libur Lebaran.

Resiliensi Sektor informal

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa, 4 Mei 2021. Esai ini karya Muhammad Taufik Nandito, mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyan Surakarta dan aktif di Lingkar Studi Sasadara di Kleco, Kota Solo.