SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Thinkstock)

Ilustrasi (Thinkstock)

PHNOM PENH-Pesawat penumpang milik maskapai Thailand, Bangkok Airways, yang terbang di dekat wilayah perbatasan ditembaki tentara Kamboja. Rupanya, tentara Kamboja mengira pesawat komersil tersebut sebagai pesawat mata-mata.

Promosi BRI Group Buka Pendaftaran Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 untuk 6.441 Orang

“Militer Kamboja melepaskan tembakan karena ada pesawat penumpang Thailand — Bangkok Airways — yang tidak bisa mendarat di Bandara Siem Reap karena cuaca buruk. Pesawat tersebut salah dimengerti sebagai pesawat mata-mata oleh Kamboja,” ujar wakil juru bicara Angkatan Bersenjata Thailand, Kolonel Sirichan Ngathong, seperti dilansir oleh Channel News Asia, Jumat (13/7/2012).

Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam insiden penembakan yang terjadi pada Kamis (12/7) waktu setempat ini.

Secara terpisah, tentara Kamboja yang berjaga-jaga di wilayah perbatasan kedua negara, memastikan bahwa pihaknya telah melepas tembakan ke arah sebuah pesawat. Menurut mereka, pesawat tersebut terbang berputar-putar di wilayah perbatasan yang menjadi lokasi bentrokan kedua negara tahun lalu.

“Saat itu langit sangat gelap, jadi kami tidak bisa melihat dengan jelas tipe pesawat tersebut. Tapi pesawat tersebut terus berputar-putar dan kemudian tentara kami melepas 18 kali tembakan dengan senapan mesin, tapi tembakan tersebut meleset karena pesawat tersebut terbang terlalu tinggi,” terang Komandan Militer Kamboja, Seng Phearin.

“Kami pikir sebuah pesawat penumpang tidak mungkin terbang di sekitar wilayah perbatasan. Kami mencurigainya sebagai pesawat mata-mata, jadi kami melepas tembakan untuk mempertahankan wilayah udara kami,” imbuhnya.

Sementara itu, pihak Bangkok Airways tidak bisa dihubungi untuk dimintai tanggapan mengenai insiden ini.

Diketahui bahwa pada awal 2011 lalu, terjadi konflik bersenjata antara militer Kamboja dan Thailand di wilayah perbatasan terkait perebutan perbatasan. Namun pertikaian ini sedikit melunak sejak Perdana Menteri Yingluck Shinawatra memimpin Thailand.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya