SOLOPOS.COM - Addie MS (lastfm.com)

Addie MS (lastfm.com)

JAKARTA–Ajang pencarian bakat di stasiun televisi kini tengah menjadi sorotan. Sedikitnya ada tiga stasiun TV yang memiliki tayangan itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Indonesia Mencari Bakat (IMB3) milik Transcorp kini sudah memasuki babak final yang menyisakan lima orang kontestan dengan juri Addie MS, Titi Rajo Bintang, Deddy Corbuzier, dengan juri bergantian Syahrini dan Soimah.

RCTI punya X Factor Indonesia yang kini mulai memasuki babak gala show dengan 12 kontestan. Juri di ajang ini adalah Ahmad Dhani, Bebi Romeo, Rossa, dan Anggun C. Sasmi.

Yang muncul belakangan adalah The Voice Indonesia milik Indosiar dengan juri Armand Maulana, Glenn Fredly, Giring Nidji, dan Sherina.

Di media sosial twitter, belakangan muncul ‘keributan’ menyusul kicauan Addie MS tentang bagaimana orang sering mencampuradukkan bahasa Indonesia dan Inggris yang menyebut-nyebut nama Anggun. Mau tidak mau hal itu dikait-kaitkan dengan juri-juri di ajang pencariang bakat.

 “Mampu berbahasa asing bukan berarti mencampuradukkan berbagai bahasa setiap berbicara.”

“Anggun lancar berbahasa Perancis & Inggris. Tp saat di Indonesia, beliau berbahasa Indonesia, tanpa campuran. Tetap keren.”

“Biasanya org yg gemar mencampuradukkan bahasa Indonesia dgn bhs Inggris, tdk mampu berbahasa Inggris scr utuh.”

“Kt lbh malu salah dlm berbahasa asing. Saling kritis mengkritik kesalahan brbahasa asing, tp permisif thdp kesalahan brbahasa Indonesia”

“Aku sendiri jg ga mampu berbahasa Indonesia scr konsisten. Sering kesulitan. Aplg utk istilah2 teknologi informasi. Hny berusaha”

“Nah! Sandhy ini jg fasih bhs Jerman. Tp ga mnyampurnya saat berbahasa Indonesia. RT @SondoroMusic: RT’haha Se7 ..”

“Yg jd masalah adlh when you campur English and Bahasa dlm 1 sentence. Sebaiknya konsisten 1 bahasa dlm 1 kalimat. If you know what I mean 🙂  ”

Begitu deretan tweet dari Addie MS. Ternyata kicauan Addie MS itu mendapat banyak tafsir antara lain ada yang memandang musisi senior itu tengah menyindir salah satu juri X Factor Indonesia, Rossa, yang belakangan sering menggunakan bahasa Inggris ketika memberikan komentar.

Ada juga yang membawa-bawa Glenn Fredly terkait dengan kicauan Addie itu. “@addiems Itu bkn mslh mas selm org lain ngerti, Emang mas ada yg ngak ngerti ya klu Rosa di X factor & Glen di Voice ngomong campur Inggris?” Begitu salah satu komentar yang ditulis @TheOnly1Way. “

Entah mengapa, tweet Addie juga membuat para fans Agnes Monica mencak-mencak.

Akhirnya, Addie pun memberikan penjelasan di tweet selanjutnya untuk menjernihkan persoalan.

“Tiba2 ada yg marah krn mengira tweetku soal bahasa tadi menyindir seorg artis idolanya. Pdhl org lain yg mention …http://m.tmi.me/Lw8ah.“

“Adalah bijak utk menelusuri TL org yg akan dikritisinya sblm menyerang. Drpd nanti malu sendiri krn salah alamat 🙂 ”

“Memuji seorg artis, bukan berarti mengkritik yg lainnya, teman 🙂 ”

“Dr awal tweetku soal bahasa, yg ada hny memuji artis yg aku kagumi bahasanya. Smskl ga kritik org/artis lain. Tiba2 ada yg resah. Lho?”

Tapi tampaknya ribut-ribut soal tweet Addie MS belum akan surut karena masing-masing juri dan ajang pencarian bakat itu memiliki fans fanatik sendiri-sendiri. Apalagi X Factor Indonesia, IMB3, dan The Voice Indonesia masih akan berlangsung sampai beberapa bulan mendantang. Jadi kita tunggu saja, keramaian apalagi yang akan muncul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya