SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jon Koplo mempunyai kakak ipar bernama Lady Cempluk. Di lingkungan tempat tinggalnya di daerah Grogol, Sukoharjo, Lady Cempluk dikenal hobi berutang, dari utang duit sampai perabotan rumah tangga. Sebenarnya Jon Koplo sudah sangat gerah dengan gunjingan tetangga, tapi daripada salah tampa dengan kakaknya yang notabene suami Lady Cempluk, Koplo memilih diam dan tak mau peduli.

Suatu siang, Koplo sedang asyik dengan pekerjaannya di teras rumah. Tiba-tiba datanglah sosok asing, sebut saja Tom Gembus, dengan dandanan seperti penagih utang lengkap dengan tas cangklong seperti yang sering dipakai para bank plecit.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kula nuwun, badhe kepanggih Bu Cempluk, menapa wonten dalem?” kata Tom Gembus dengan sopan.

Tanpa banyak cakap, Koplo pun menjawab, “Panci, Pak?tanyanya sambil mengamati Tom Gembus dengan sinis dan penuh curiga.

Ditanggapi dingin, Tom Gembus pun diam tanpa ekspresi. Ia tetap berdiri di depan pintu. Dengan terpaksa, Koplo mbengok, “Mbak, lebon panci…!”

Setelah bertemu Lady Cempluk, Tom Gembus menjelaskan maksud kedatangannya.

Nuwun sewu, Bu. Menapa bukunipun Gendhuk Nicole kepunjulan setunggal, kok wonten sekolahan kirang setunggal?” tanya Tom Gembus.

Oh, sekedhap nggih, Pak. Cobi kula tingali rumiyin,” jawab Cempluk.

Ternyata benar, tadi di sekolah Gendhuk Nicole katutan buku paket yang seharusnya untuk murid lain. Setelah buku dikembalikan, Gembus pun mohon diri.

Sepeninggal Gembus, Jon Koplo terperangah bengong menyadari kesalahannya. “Mulane suk meneh nek ana tamu ki dimanggakke dhisik. Mosok gurune Gendhuk diarani tukang kredit panci!” omel Cempluk. Koplo hanya bisa plendas-plendus tak bisa membela diri.

 

Ninik Noer Basuki, Cemani RT 007/RW 013, Cemani, Grogol, Sukoharjo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya