SOLOPOS.COM - Warga berfoto di patung gitar yang tersebar di setiap wilayah rukun tetangga (RT) Desa Ngrombo, Kecamatan Baki, Sukoharjo, Sabtu (4/9/2021). (Istimewa/Saryadi)

Solopos.com, SUKOHARJO — Desa Ngrombo, Kecamatan Baki, Sukoharjo, yang menyabet juara I lomba desa wisata kategori kreatif bertajuk BCA Desa Wisata Awards 2021, awal September lalu, selama ini terkenal sebagai kampung gitar.

Hal itu tak lepas dari keberadaan sentra industri gitar di wilayah itu. Ada 212 perajin gitar dan 600 warga yang menggantungkan hidup pada industri tersebut.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Gitar menjadi ikon atau pusat keunikan yang mengantar Ngrombo, Sukoharjo, menjadi desa wisata terbaik dengan mengalahkan 464 desa lainnya di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Jadi Desa Wisata Terbaik Se-Indonesia, Ada Apa Saja di Ngrombo Sukoharjo?

Ikon kampung gitar diwujudkan dalam bentuk patung gitar dengan jenis berbeda-beda yang terdapat di semua lingkungan rukun tetangga (RT). Ada gitar klasik, ukulele, hingga flamingo.

Ketua Pokdarwis Ngrombo Kuncoro, Saryadi, mengungkapkan kunci keberhasilan membangun desa wisata adalah pemberdayaan masyarakat yang menyokong kearifan lokal.

Masyarakat Ngrombo terlibat langsung dalam pembuatan gitar, kuliner, dan pengembangan budaya. Mereka juga kerap mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) guna memperkuat branding desa wisata Ngrombo.

Baca Juga: Desa Ngrombo Sukoharjo Jadi Desa Wisata Terbaik se-Indonesia, Kunjungan Capai 1.000 Orang Saat Akhir Pekan

Pembuatan Video

Termasuk saat pembuatan video untuk dikirim guna mengikuti BCA Desa Wisata Awards 2021, seluruh masyarakat dilibatkan. Untuk lomba itu setiap peserta wajib mengirim video yang menggambarkan beragam potensi kepada panitia lomba.

“Persiapan pembuatan video dilakukan delapan sejak Oktober 2020 hingga Juni 2021. Sementara proses pembuatan video hanya sehari pada Juni 2021. Masyarakat dilibatkan dalam pembuatan video,” kata Saryadi kepada Solopos.com, Sabtu (4/9/2021).

Video tersebut menggambarkan kolaborasi aktivitas industri gitar, budaya, beragam kuliner ndesa, dan wisata alam. Beragam potensi desa itu dikemas dalam paket edukasi wisata atau jelajah kampung.

Baca Juga: 77 SMP Negeri di Sukoharjo Siap Gelar Simulasi & PTM Terbatas Pekan Depan

Ada 15 lokasi yang bisa dikunjungi masyarakat di Desa Ngrombo mulai dari taman di pinggir anak Sungai Bengawan Solo hingga produksi gitar di setiap rumah penduduk.

Selain gitar, sebenarnya ada banyak potensi wisata lainnya di Desa Ngrombo, Baki, Sukoharjo, yang digarap Pokdarwis Ngrombo Kuncoro selama beberapa tahun terakhir.

Potensi desa tersebut antara lain budaya, kuliner serta wisata alam. Keempat potensi desa ini menjadi bagian tak terpisahkan yang dioptimalkan pokdarwis setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya