Dikawal Polisi-Dishub, Mesin Ukuran Besar Diangkut Truk ke PLTSa Solo

Kendaraan yang mengangkut komponen mesin berukuran besar mendapat pengawalan ketat dari Semarang menuju lokasi PLTSa di TPA Putri Cempo, Mojosongo, Solo.

 Truk mengangkut komponen mesin berukuran besar menuju lokasi PLTSa di TPA Putri Cempo Solo,  Jumat (26/11/2021). (Istimewa/Dishub Solo)

SOLOPOS.COM - Truk mengangkut komponen mesin berukuran besar menuju lokasi PLTSa di TPA Putri Cempo Solo, Jumat (26/11/2021). (Istimewa/Dishub Solo)

Solopos.com, SOLO — Komponen-komponen mesin berukuran besar untuk Pembangkit Listrik Tenaga Sampah atau PLTSa Putri Cempo, Solo, mulai didatangkan, Jumat (26/11/2021). Ukuran komponen mesin yang besar, mengharuskan adanya pengawalan agar tak mengalami hambatan selama di perjalanan.

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Solo, Ari Wibowo, mengatakan komponen mesin tersebut diberangkatkan dari Semarang sekitar pukul 21.00 WIB. Truk kontainer pengangkut mesin mulai tiba di Solo sekitar pukul 01.30 WIB.

Ia mengatakan satu truk kontainer itu mengangkut satu komponen dengan lebar sekitar 7,2 meter. Truk memasuki Solo melalui jalan nasional.

“Jadi masuk melalui Kleco. Kemudian sampai simpang Hotel Alila ke kiri masuk Jl Prof Dr Soeharso. Sesampainya di simpang Fajar Indah ke arah kanan melalui Jl Adi Sucipto. Sampai perempatan Patung Wisnu, Manahan, ke kiri,” jelasnya kepada Solopos.com, Jumat (26/11/2021).

Baca Juga: Pemimpin Mangkunegaran Solo Harus Kuasai Ilmu Hasta Brata, Apa Itu?

Dari Manahan, kendaraan pengangkut mesin PLTSa Solo itu berjalan menyusuri Jl Letjen Suprapto, kemudian masuk ke Jl Ki Mangun Sarkoro hingga menuju palang Joglo. Melewati Jl Sumpah Pemuda, truk mengarah ke TPA Putri Cempo. Truk sampai di lokasi PLTSa Putri Cempo sekitar pukul 05.00 WIB.

Pengiriman Bertahap

Menurut informasi, komponen mesin berukuran besar yang telah dikirim itu merupakan satu dari delapan unit alat yang akan didatangkan. Namun pengiriman dilakukan secara bertahap.

“Tadi malam diujicobakan satu unit berangkat dengan pengawalan PJR dari Polda [Jawa Tengah]. Kemudian dari Dishub [Dinas Perhubungan Solo] ada tim pemanduan dua unit sepeda motor. Ada juga tim derek yang meluncur di awal, memastikan tidak ada mobil yang parkir di tepi jalan,” katanya.

Baca Juga: Pekerjaan Molor, Pelaksana Proyek Jembatan Jonasan Solo Kena Penalti

Ari mengatakan pengiriman mesin PLTSa Solo tersebut berjalan lancar. “Khusus di palang Joglo, setelah Kantor Pos Nusukan, kendaraan ambil kanan median. Harusnya lewat lajur kiri namun truk harus ambil jalur kanan untuk bermanuver,” katanya.

Pengiriman mesin tersebut direncanakan dilakukan bertahap. Namun untuk mengantisipasi kemacetan, pengiriman dilakukan selain hari Sabtu dan Minggu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Solo, Gatot Sutanto, membenarkan adanya pengiriman komponen mesin berukuran besar untuk PLTSa tersebut. “Ini baru tahap pertama. Nantinya ada tahap selanjutnya,” katanya, Jumat.

Berita Terkait

Espos Plus

Rehabilitasi Pencandu Narkoba Lebih Efektif Secara Sukarela

+ PLUS Rehabilitasi Pencandu Narkoba Lebih Efektif Secara Sukarela

Kesukaleraan menjalani rehabilitasi lebih efektif mengentaskan pencandu narkoba. Pendekatan hukum acap kali membuat pengguna narkoba tiarap dan enggan melaporkan diri ke institusi penerima wajib lapor.

Berita Terkini

Bhre Disebut Calon Terkuat MN X, Begini Komentar Panjang Lebar Paundra

GPH Paundrakarna Jiwasuryonagoro memberikan tanggapannya mengenai pemberitaan yang menyebut GPH Bhre Cakrahutomo sebagai calon terkuat pemimpin baru Mangkunegaran Solo, MN X.

Butuh 2 Tahun Bagi SMAN 1 Sragen Untuk Raih Gelar Adiwiyata Tertinggi

SMAN 1 Sragen menjadi satu dari sedikit sekolah yang berhasil meriah predikat Adiwiyata Mandiri dari Kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan.

Jalan Sunyi Perpustakaan Umum Wonogiri

Perpustakaan Umum Kabupaten Wonogiri hanya dikunjungi maksimal tiga orang setiap hari.

9 Orang di Jateng Terpapar Omicron, Satu dari Sukoharjo

Sembilan sampel pasien Covid-19 di Jateng yang dites WGS dinyatakan terpapar Omicron, salah satunya dari Kabupaten Sukoharjo.

Selamat! 13 Sekolah di Sragen ini Lolos Adiwiyata Nasional dan Mandiri

Sebanyak 13 sekolah dari jenjang SD hingga SMA/SMK di Sragen berhasil menjadi Sekolah Adiwiyata baik tingkat nasional maupun mandiri.

Datangi Bengkel, Kapolsek Jatipurno Minta Aksesoris Motor Harus Standar

Kapolsek Jatipurno Wonogiri turun ke bengkel sepeda motor meminta pemilik bengkel tidak melayani pemasangan aksesoris motor tak sesuai standar.

Bupati Sukoharjo: Masyarakat Tak Perlu Takut Divaksin Booster!

Saat ini, BUpati mengungkapkan status Sukoharjo masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2.

Tepergok Coret-Coret Pintu Toko di Solo, 2 Pelaku Vandalisme Ditangkap

Tim Sparta Polresta Solo menangkap dua pemuda yang tepergok tengah melakukan aksi coret-coret pintu bekas toko di Jl A Yani, Rabu (19/1/2022) dini hari.

Keindahan WKO Bisa Dinikmati Maksimal di Gunung Kemukus pada Bulan Ini

Keberadaan Waduk Kedung Ombo menambah daya tarik Objek Wisata Gunung Kemukus di Sragen. Keindahan maksimal bisa dinikmati wisatawan saat air Waduk Kedung Ombo mencapai ketinggian puncak.

Kecemplung Kali Pas Naik Motor, Warga Trucuk Klaten Ditemukan Meninggal

Titik Dwi Sumiati, 60, warga Desa Gaden, Trucuk, Klaten, meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan tunggal di Kali Kuning, Kecamatan Trucuk, Kamis (20/1/2022) malam.

Di Sukoharjo, Anak-Anak Diajak Naik Mobil Patroli Polisi Usai Divaksin

Adanya varian baru virus Covid-19 jenis Omicron menjadi tantangan bersama untuk menurunkan angka penularan dengan cara percepatan vaksinasi maupun penerapan protokol kesehatan.

Ini Rahasia Kenikmatan Seduhan Teh Kemuning

Cita rasa teh asli Kemuning, Karanganyar begitu sedap dan berbeda dari produk lain karena diolah dengan cara tradisional.

Sedapnya Teh Kemuning Karanganyar, Beda dari Pabrikan

Cita rasa teh tradisional dari perkebunan di Kemuning, Ngargoyoso, Jawa Tengah, amat sedap dan berbeda dengan buatan pabrik.

Ini Kronologi Motor Tukang Ojek Asal Jumapolo Dibawa Kabur Penumpang

Entah apa yang membuat Sabar Mualim, tukang ojek asal Matesih, Karanganyar, mau menyerahkan sepeda motornya dipinjam penumpang yang belakangan diketahui adalah penipu ini begitu saja.

Niat Cari Jalan Halus, 2 Truk Ini Terperosok ke Jalan Rusak di Sragen

Dua truk sarat muatan terperosok ke jalan yang rusak di Jl. Gabugan-Sumberlawang tepatnya di dekat SMPN 1 Tanon, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Jumat (21/1/2022).