Dikawal Petugas Puskesmas, Pernikahan di Hotel Alana Cuma 2 Jam
Petugas Puskesmas Colomadu mengawal pernikahan di The Alana Hotel, Minggu (22/3/2020). (Istimewa/Hotel Alana)

Solopos.com, KARANGANYAR - Beberapa pasangan yang sudah terlanjur menyebar undangan pernikahan terpaksa menggelar pesta pernikahan mereka di kondisi wabah corona (covid-19). Salah satunya pernikahan di Hotel The Alana, Colomadu, Karanganyar, Minggu (22/3/2020).

Kendati demikian, pesta pernikahan tersebut didampingi petugas Puskesmas Colomadu, Karanganyar. Selain itu, pengawasan suhu tubuh diperketat manajemen hotel. General Manager Hotel The Alana, Sistho A Sreshtho, mengatakan pesta pernikahan tersebut tidak bisa dibatalkan lantaran persiapan sudah selesai semua.

Waspada Corona, ASN Sragen Boleh Bekerja di Rumah Mulai Senin

Terlebih jadwal yang terlalu mepet sehingga tak bisa ditunda. Meskipun nekat mengelar pernikahan, Sistho menyebut pihaknya sudah memperketat keamanan mulai dari pintu masuk hingga di dalam gedung. Kursi pun ditata dengan jarak satu meter ditambah dengan penyediaan alat kesehatan seperti hand sanitizer.

“Kami sudah meminta sekitar 20 acara pernikahan untuk ditunda dan bisa. Hanya yang satu ini menjadi yang terakhir di momen wabah corona ini karena memang sudah tidak bisa dibatalkan. Soalnya persiapannya sudah selesai semua dan pihak pengantin menginginkan tetap diadakan," kata dia kepada Solopos.com, Minggu (22/3/2020).

"Kami perketat keamanan akses masuk hanya dari basement dan lobi. Staff dan tamu wajib di periksa suhu tubuh dengan batas toleransi 37,5 derajat celcius,” lanjutnya.

Tambah 1, Pasien Positif Corona di Jateng Jadi 15 Orang

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan ruangan steril untuk menempatkan tamu yang kedapatan bersuhu tubuh tinggi. Tamu yang sudah diarahkan ke ruangan steril kemudian akan mendapatkan penanganan medis dari rumah sakit yang diajak bekerjasama.

“Kami juga sudah bekerjasama dengan JIH Solo. Jadi kalau ada tamu yang yang masuk ke steril room akan dijemput untuk mendapatkan penanganan medis. Kami juga setiap enam jam sekali menyemprot seluruh area hotel dengan desinfektan untuk menjaga keamanan dari virus corona,” imbuh dia.

Sistho juga menjelaskan pesta pernikahan di Hotela Alana itu hanya berdurasi dua jam mulai pukul 09.00 WIB dan harus selesai pada pukul 11.00 WIB. Jadwal tersebut lebih cepat dibandingkan hari biasa dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 13.30 WIB.

Update! Ada 64 Kasus Baru, Pasien Positif Corona Indonesia 514 Orang

Dikawal 4 Personel

Sementara itu, Kepala Puskesmas Colomadu II, Ririn Nurliyani, mengatakan pihaknya mengerahkan empat personel untuk mendampingi dan menyosialisasi tamu yang datang. Pihaknya juga mengawasi jalannya durasi pesta pernikahan lantaran prosesi harus dipercepat untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona.

“Prosedur kami memantau dan mengawasi kebutuhan untuk upaya antisipasi pencegahan corona. Ini kan berpotensi berkumpul dalam satu tempat. Harus ada hand sanitizer, tidak boleh jabat tagan, cium pipi dan kalau sistem duduk kursi harus berjarak satu meter. Acara harus dipercepat, tidak boleh lama-lama juga,” bebernya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho