Tutup Iklan

Dikaitkan dengan Mafia Bola, Ini Jawaban Kapolda Jateng…

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol. Condro Kirono, meminta masyarakat untuk tindak mudah percaya terhadap oknum yang memanfaatkan nama pejabat negara untuk mencari keuntungan pribadi.

Dikaitkan dengan Mafia Bola, Ini Jawaban Kapolda Jateng…

SOLOPOS.COM - Kapolda Jateng Irjen Condro Kirono. (dok. Solopos-Antara/Roekotomo)

Solopos.com, SEMARANG — Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol. Condro Kirono, meminta masyarakat untuk tindak mudah percaya terhadap oknum yang memanfaatkan nama pejabat negara untuk mencari keuntungan pribadi.

Hal itu disampaikan Condro menyusul pemanfaatan namanya oleh tersangka kasus pengaturan skor atau mafia bola, Priyanto alias Mbah Pri. Pria yang juga menjabat sebagai Komisi Wasit PSSI Jateng  menggunakan nama Condro untuk membujuk Manajer Persibara Banjarnegara, Lasmi, memberikan uang untuk memenangkan timnya.

“Saya ini nomor teleponnya sudah tersebar di mana-mana. Maka itu, saya minta ke masyarakat untuk lebih berhati-hati. Jangan hanya karena melalui SMS [short message service] dan foto dengan pejabat langsung percaya dan memberikan sejumlah uang. Klarifikasi dulu sama pejabatnya,” ujar Condro saat dijumpai wartawan seusai memimpin upacara di Mapolda Jateng, Kota Semarang, Kamis (17/1/2019).

Condro menambahkan pihaknya menyerahkan kasus pengaturan skor atau mafia bola itu pada Satuan Tugas  Antimafia Bola.

“Kasus ini sudah ditangani satgas mafia pengaturan skor dengan profesional di Polda Metro Jaya. Mereka akan terus melakukan pengembangan, termasuk Polda Jateng ini menjadi bagian dari satgas itu,” ujar pria yang juga menjabat sebagai anggota Komisi Eksekutif (Exco) PSSI.

Namun, saat disinggung wartawan apakah dirinya siap diperiksa atau memberikan klarifikasi terkait pencatutan namanya, Condro enggan menjawab. Ia hanya tersenyum sambil berlalu menjauhi kerumunan wartawan.

Pemanfaatan nama Condro dalam kasus pengaturan skor yang melibatkan sejumlah petinggi Asprov PSSI Jateng itu diungkapkan kuasa hukum Lasmi, Boyamin Saiman.

Dari pengakuan Lasmi, Boyamin menyebut jika Mbah Pri sempat memanfaatkan nama Kapolda Jateng untuk membujuk Lasmi agar memberikan sejumlah uang. Uang itu digunakan untuk memenangkan Persibara Banjarnegara dalam sejumlah laga Liga 3.

Tak hanya menggunakan nama Condro, Mbah Pri juga sempat menunjukkan foto jenderal polisi bintang dua itu saat bersalaman dengan tersangka lainnya, yakni Johar Lin Eng yang juga menjabat sebagai Ketua Asprov PSSI dan anggota Exco PSSI, untuk meyakinkan Lasmi.

“Mbah Pri saat itu bilang ke klien kami,’Aman, kita ada jenderal kok yang melindungi’. Klien saya lalu tanya, ‘Siapa?’Kemudian ditunjukkan sama Mbah Pri foto Pak Condro yang sedang bersalaman dengan Johar Lin Eng,” ujar Boyamin saat dihubungi Semarangpos.com, Kamis.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Malaysia Targetkan Vaksinasi 60% Penduduk

Pemerintah Malaysia menargetkan dapat melakukan vaksinasi terhadap 60% penduduk dengan deadline akhir September 2021.

Panen Hadiah Simpedes BRI Klaten Diundi, Ini Nasabah Yang Beruntung Dapat Honda Mobilio

Bank BRI Cabang Klaten menggelar penarikan undian panen hadiah Simpedes periode II dengan hadiah utama satu unit mobil Honda Mobilio.

Kronologi Munculnya Klaster Takziah Covid-19 di Kabupaten Pasuruan

Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan menemukan klaster takziah di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Ada 21 orang positif terpapar Covid-19.

Begini Perketatan Aktivitas Masyarakat Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali melakukan perketatan aktivitas masyarakat selama masa PPKM Skala Mikro.

Sinyal Ferdinand Sinaga Merapat ke Persis Solo

Seorang sumber Solopos.com menyebut peluang Ferdinand merapat ke Persis mencapai 90%.

3 Zodiak Ini Konon Insan Paling Kreatif

Dalam urusan kreativitas, ada beberapa orang yang bingung dengan idenya, namun ada yang mudah mewujudkan layaknya zodiak insan kreatif.

Persika Karanganyar 0-1 Persis Solo: Assanur Rijal Akhirnya Pecah Telur

Setelah nihil gol di empat laga uji coba awal klub, Rijal Torres akhirnya pecah telur saat Persis beruji coba melawan Persika Karanganyar

Ngeri! Tabrak Pikap Pengendara Motor Tewas Terlindas Tronton

Kecelakaan itu terjadi antara pengendara sepeda motor Honda Vario dengan mobil Grand Max pikap dan truk tronton

Waduh! Stok Oksigen Menipis, RSUD Sragen Ketir-Ketir

RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen dibuat ketir-ketir dengan kondisi stok oksigen untuk pasien Covid-19 yang menipis.

8 Vaksin & Obat Covid-19 Ini Paling Laris

Bagi kaum skeptis, datangnya pandemi virus corona berati kesempatan bagi para penyedia obat-obatan dan vaksin pencegah Covid-19.

Target Vaksinasi Covid-19 di Jepang Terlampaui, Ini Kiatnya…

Jepang menuntaskan target vaksinasi Covid-19 melalui kerja keras memenuhi target, yakni mewujudkan sampai satu juta dosis vaksin setiap hari. 

Parah! Mau Diberi Masker, Pria Kulonprogo Malah Memukul Polisi

WW, 46 tahun warga Kulonprogo ditangkap setelah memukul Kanit Binmas Polsek Pandak, Ipda Tetepana yang hendak memberinya masker.