Dijuluki Paris-nya Timur Tengah, Ini Deretan Fakta Menarik Tentang Lebanon
Kondisi Beirut, Lebanon setelah ledakan. (Reuters)

Solopos.com, SOLO — Tragedi ledakan dahsyat yang terjadi di Kota Beirut, Lebanon, membuat negara tersebut menjadi perhatian masyarakat dunia. Tahukah Anda bahwa ada fakta Lebanon dijuluki sebagai Paris-nya Timur Tengah?

Selain itu, negara tersebut juga menyimpan fakta menarik. Negara dengan luas negara sekitar 10.452 kilometer persegi itu mendapat julukan sebagai negara terkecil di Asia.

Lebanon terletak di persimpangan Basin Mediterania dan Arab, oleh karena itu negara ini memiliki beragam identitas budaya, etnis, hingga sejarah. Dikutip dari Suara.com dan Telegraph.co, Jumat (7/8/2020), berikut deretan fakta menarik mengenai Lebanon:

Julukan Paris dari Timur Tengah

Pada pertengahan 1970-an, Lebanon mendapatkan julukan Paris dari Timur Tengah karena kosmopolitannya. Saat itu, negara ini memiliki sejumlah masakan berkelas dunia, bangunan bergaya Prancis, hingga para wanita yang mampu bergaya modis.

Hari Ini Dalam Sejarah: 7 Agustus 1949, Negara Islam Indonesia Berdiri

Julukan itu telah disematkan selama 60 tahun terakhir. Pada 1920 dan 1943, Lebanon memang di bawah kendali Prancis.

Tak Punya Gurun Pasir

Fakta selanjutnya mengenai Lebanon tak kalah menarik. Meskipun terletak di Timur Tengah, Lebanon tak memiliki gurun pasir. Negara ini justru memiliki hutan yang cukup luas. Pada 2012, tercatat hutan di Lebanon mencakup 13,4% dari luas total daratan negara tersebut.

Punya 4 Musim

Lebanon memiliki empat musim, yakni musim panas, musim dingin, musim gugur, dan musim semi. Bahkan beberapa pegunungan bersalju di Lebanon saat musim dingin mencapai suhu dibawah 0 derajat celcius.

Beirut & Phoenix

Ibu Kota Lebanon, Beirut, sering dibandingkan dengan burung legenda, yakni phoenix. Pasalnya, terdapat sejarah yang mengatakan bahwa Beriut pernah dihancurkan dan dibangun kembali sebanyak tujuh kali.

Ada 18 Agama

Fakta selanjutnya adalah Lebanon memiliki keragaman agama paling tinggi di Timur Tengah dengan adanya 18 agama yang dianut penduduknya. Terdapat tiga agama yang mendominasi di Lebanon, yakni Islam, Kristen, dan Druze. Pemeluk agama Bahai, Hindu, Buddha, Mormon, Yahudi memiliki jumlah penganut yang sangat sedikit di Lebanon.

Ngeri! Hantu Teke Teke Jepang Bisa Ngesot Sampai 150 Km Per Jam

Data CIA World Factbook 201 memperkirakan komposisi agama penduduk Lebanon dengan perincian 54% Islam, 40,5% Kristen, 21% Katolik Maronit, 8% Ortodoks Yunani, 5% Katolik Melkite, 1% Protestan, 5,5% Kristen lainnya, dan 5,6% Druze.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya


Kolom