SOLOPOS.COM - Soekarno. (Thelookofsilence.com)

Solopos.com, SOLO -- Jauh sebelum kue klepon viral, Presiden ke-1 Republik Indonesia (RI), Ir. Soekarno, rupanya sudah mengusulkan klepon sebagai asupan pangan ketika krisis melanda. Soekarno punya resep sendiri dalam mengolah jajanan tradisional satu ini.

Mengutip laman https://indonesia.go.id yang diambil dari buku resep Mustika Rasa karya Ir. Soekarno tahun 1967, berikut resep olahan klepon ala Presiden Soekarno:

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

Cegah Duit Keluarga dan Usaha Tercampur, Aplikasi Ini Wajib Dimiliki UMKM

Klepon Madura

Bahan untuk membuat klepon madura ala Presiden pertama Soekarno antara lain 250 gram tepung ketan, ons gula merah, seperempat butir kelapa setengah tua, dan 1 gelas air hangat.

Ekspedisi Mudik 2024

Cara membuatnya cukup simpel. Pertama, uleni tepung ketan dengan air hangat hingga kalis. Setelah itu, bentuk bulat adonan sebesar bola kelereng besar. Tambahkan pula irisan tipis gula merah untuk isiannya.

Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan bulatan adonan klepon. Jika sudah mengambang di permukaan air, artinya klepon sudah matang. Angkat klepon yang sudah matang tersebut, kemudian gulingkan dalam parutan kelapa. Klepon madura ala Presiden Soekarno siap disantap, simpel bukan?

Pengumuman! 1.912 Masjid & Musala di Sragen Boleh Gelar Salat Id Besok

Klepon Ubi Jalar

Resep olahan klepon ala Presiden Soekarno selanjutnya adalah klepon ubi jalar. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain satu kilogram ubi jalar, 250 gram tepung kanji, satu ons gula merah, dan satu sendok teh garam. Jangan lupa siapkan juga seperempat butir kelapa untuk taburan klepon serta daun pandan sebagai pewarna alami.

Langkah pertama, tumbuk daun pandan, lalu ambil air perasannya. Kedua, potong kecil-kecil gula merah. Selanjutnya, rebus kelapa kemudian kupas dan haluskan.

Jadi Ramai Gegara Viral di Instagram, Ini Keistimewaan Bakso Pak Min Solo

Campur rata tepung kanji yang sudah dicampur air pandan dengan kelapa halus. Bentuk bulat adonan tersebut seukuran setengah bola pingpong serta isikan potongan gula merah. Masukkan ke air mendidih, lalu angkat, dan tiriskan apabila sudah matang.

Kemudian, parut kelapa dan campuri dengan garam. Gulingkan klepon yang sudah matang ke parutan kelapa. Klepon madura yang manis nan gurih sudah siap dinikmati bersama keluarga.

Ini Penampakan Sonar, Sapi Kurban Presiden Jokowi di Jogja

Klepon Singkong Wonosobo

Resep olahan klepon Presiden Soekarno yang terakhir adalah klepon singkong wonosobo. Adapun bahan untuk membuatnya adalah satu kilogram tepung kanji, setengah butir kelapa, 250 gram gula merah, setengah sendok garam, dan air mendidih.

Cara mengolahnya mudah. Pertama, siapkan tepung kanji lalu siram dengan air mendidih. Uleni perlahan hingga membentuk adonan yang kalis. Setelah itu, bentuk bulat adonan menyerupai biji kelereng.

Isi adonan dengan gula merah lalu rebus dalam air mendidih hingga matang. Siapkan kelapa parut yang sudah diberi garam, kemudian guling-gulingkan klepon yang sudah matang tersebut. Itu dia aneka resep olahan klepon ala Presiden pertama RI Soekarno. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya