Dijamin Ampuh, Ini 9 Cara Menyembunyikan File dan Aplikasi Smartphone
Foto ilustrasi (REUTERS/Mike Segar)

Solopos.com, SOLO - Ada banyak cara juga yang digunakan orang untuk menyembunyikan data yang ada. Apalagi kasus perselingkuhan, biasanya pasangann pandai dalam urusan menyimpan file pada aplikasi yang tidak menarik untuk di klik.

Cara mengetahui aplikasi tersembunyi di smartphone terbilang cukup mudah. Tinggal masuk ke "Setting" kemudian cari pilihan "Show all hidden apps," maka aplikasi tersembunyi akan dengan mudah terdeteksi. Namun kadang ada yang memakai aplikasi khusus untuk menyembunyikan file.

Berikut sejumlah aplikasi populer yang dipakai untuk menyembunyikan file dan aplikasi;

Solid Explorer File Manager

Solid Explorer File Manager memungkinkan pengguna untuk membuat sebuah folder khusus yang dapat diisi dengan sejumlah foto-foto yang kamu gak ingin orang lain lihat.

Setelah folder dibuat dan foto-foto telah selesai dimasukkan, folder tersebut kemudian akan otomatis tersembunyi dan gak akan terlihat di galeri smartphone Android.

Keepsafe Photo Vault

Aplikasi ini menghadirkan layanan keamanan berlapis. Keepsafe Photo Vault akan mengamankan satu per satu foto pribadi kamu dengan menggunakan PIN, sensor sidik jari, bahkan enkrispi yang selevel militer.

Secret Calculator

Aplikasi ini memudahkan pengguna menyimpan foto dan video yang ingin disembunyikan. Tampilan awal seperti aplikasi kalkulator pada umumnya tapi begitu mengaksesnya dengan memasukkan "sandi rahasia" bisa jadi Anda menemukan hal tak terduga di dalamnya.

Coverme

Ini adalah aplikasi yang membuat orang bisa menyimpan percakapan via teks dan telepon. Bahkan, pesan akan otomatis terhapus bila sudah terbaca.

Gallery Lock (Hide pictures)

Aplikasi bernama Gallery Lock (Hide pictures) merupakan satu dari sepuluh aplikasi dengan tingkat pemasangan terbanyak di Google Play Store. Dari segi fungsi, aplikasi ini menyediakan layanan keamanan untuk foto pribadi yaitu mengunci (lock) dan/atau menyembunyikan (hide).

Secure Gallery(Pic/Video Lock)

Nyaris serupa dengan aplikasi sembunyikan foto lainnya, aplikasi bernama Secure Gallery ini juga menyediakan layanan pelindung galeri untuk foto-foto yang tidak ingin sampai dilihat orang lain. Sebagai pengunci, aplikasi ini menyediakan layanan penguncian menggunakan kata sandi atau pola (pattern) sebagai pengamanan.

PrivateMe

Tanpa memiliki akses root, aplikasi android satu ini sudah bisa anda gunakan. Anda bisa menyembunyikan ikon aplikasi, recent app, hingga foto dari launcher. Aplikasi satu ini juga mampu menyembunyikan notifikasi hingga menyamarkan notifikasi dari aplikasi.

Anda akan dibekali fitur kunci aplikasi dengan PIN, kloning aplikasi agar kita bisa menggunakan dua aplikasi sekaligus namun dengan dua akun berbeda.

Hide Apps

Aplikasi ini mampu mengunci menggunakan pola sehingga lebih aman, anda pun tidak perlu melakukan rooting terlebih dulu, selain itu user interface aplikasi satu ini cukup enak dipandang karena didesain lebih keren.

Menyembunyikan aplikasi menjadi lebih mudah dengan sekali tap saja, tersedia pula beberapa pilihan tema yang membuat smartphone lebih menarik.

Menggunakan Secure Folder

Beberapa ponsel Android seperti seri Samsung Galaxy memiliki fitur untuk menyembunyikan aplikasi, gambar, dokumen, dan file lain didalam sebuah secure folder alias folder yang terkunci. Sama seperti ponsel, secure folder ini membutuhkan PIN, password, sidik jari, pattern, atau metode otentifikasi lain untuk membukanya.

Untuk menggunakan fitur ini (kalau ada), masuk ke Settings > Biometrics and security > Secure Folder dan kemudian ikuti langkah yang muncul untuk membuat sebuah secure folder dan mengatur passwordnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho