SOLOPOS.COM - Petugas mempersiapkan Gedung Nusantara menjelang sidang tahunan MPR, sidang bersama DPR- DPD, dan sidang paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (11/8/2022). Presiden dijadwalkan menyampaikan pidato kenegaraan pada 16 Agustus 2022 mendatang dalam rangkaian sidang tahunan MPR bersama DPR dan DPD RI jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa.

Solopos.com, JAKARTA — Sebanyak 4.642 personel gabungan TNI, Polri, dan Dinas Perhubungan dikerahkan untuk mengamankan Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD  Tahun 2022 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

“Dalam catatan saya, sebanyak 4.642 personel gabungan, termasuk TNI, Polri, Dinas Perhubungan, akan diterjunkan untuk melaksanakan kegiatan pengamanan pagi hari ini sampai dengan malam hari,” kata Kapolres Jakarta Pusat Kombes Komarudin ketika memimpin apel Pengamanan Pidato Kenegaraan Republik Indonesia di halaman Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa, seperti dilansir Antara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hari ini, tutur Komarudin, terdapat tiga agenda yang akan berlangsung, yakni Pidato Kenegaraan pada pagi hari, Pidato RAPBN pada siang hari, serta Renungan Suci pada malam hari.

Ketika menyampaikan arahannya, Komarudin mengingatkan kepada seluruh personel untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan gangguan yang dapat mengusik kelancaran pidato kenegaraan dan RAPBN.

“Mengantisipasi berbagai kemungkinan gangguan yang akan muncul,” ucap Komarudin.

Baca Juga: Beberapa Pasal RKUHP Mengancam Iklim Usaha dan Investasi

Fokus utama dari penjagaan adalah keamanan dari ancaman teror dan ancaman keamanan lainnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, akses jalan di depan Gedung Nusantara dijaga aparat gabungan dari Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) dan Petugas Pengamanan Dalam (Pamdal) DPR yang berjaga sejak Selasa pagi.

“Mari kita melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” kata Komarudin.

Sebelumnya, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan MPR RI siap melaksanakan Sidang Tahunan MPR 2022 dan Sidang Bersama DPR-DPD RI pada Selasa ini.

“MPR RI siap melaksanakan Sidang Tahunan dan Sidang Bersama MPR RI, DPR RI, dan DPD RI besok mulai pukul 09.30 WIB. Dimulai dengan pembukaan, pengantar sidang ketua MPR, dan ketua DPR untuk mendengarkan pidato dalam rangka HUT RI dari Presiden,” kata Bambang Soesatyo dalam konferensi pers di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (15/8/2022).

Baca Juga: Gedung DPR Mulai Bersolek Jelang Pidato Kenegaraan Presiden

Dia mengatakan setelah Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama, acara akan dilanjutkan pada pukul 13.30 WIB untuk melaksanakan Rapat Paripurna DPR.

Menurut dia, dalam Rapat Paripurna DPR tersebut Presiden Joko Widodo akan membacakan nota keuangan.

Dalam susunan agenda Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD, acara dimulai pukul 09.30 WIB diawali dengan Pidato Pengantar Sidang Tahunan MPR Tahun 2022 oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Kemudian dilanjutkan dengan Pidato Pengantar Sidang Bersama DPR-DPD RI oleh Ketua DPR RI Puan Maharani yang dilanjutkan Pidato Presiden Joko Widodo dalam rangka penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara serta Pidato HUT Ke-77 Republik Indonesia.

Baca Juga: Momentum Mempercepat Reformasi Polri

Acara dilanjutkan kembali pukul 13.30 WIB dengan Pidato Pembukaan Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022-2023 yang disampaikan Ketua DPR dan dilanjutkan Pidato Presiden Jokowi Menyampaikan Pengantar/Keterangan Pemerintah Atas RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2023 beserta Nota Keuangan.

Selanjutnya diagendakan Presiden Menyampaikan RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2023 beserta Nota Keuangan dan Dokumen Pendukung kepada Ketua DPR RI dilanjutkan dengan Penyampaian RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2023 beserta Nota Keuangan dan Dokumen Pendukung serta Surat Permintaan Pertimbangan dari Ketua DPR RI kepada Ketua DPD RI.

Acara Sidang Tahunan MPR, Sidang Bersama, dan Rapat Paripurna DPR tersebut direncanakan selesai pukul 15.07 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya