SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta– Sore ini, rencana kunjungan Presiden AS Barrack Obama ke Indonesia akhirnya terlaksana. Rencana kunjungan kenegaraan yang digagas sejak November setahun lalu itu sudah dua kali ditunda realisasinya.

Menurut jadwal, pesawat Air Force One yang menerbangkan Obama dan rombongan dari India akan mendarat di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, pukul 15.00 WIB, Selasa (9/11). Kemudian Obama langsung menuju Istana Merdeka, Jakarta, untuk menemui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

Seperti juga para tamu negara lainnya, Obama disambut dengan upacara kenegaraan di Istana Merdeka. Acara selanjutnya pertemuan empat mata antara Presiden SBY dengan Obama di ruang Jepara, Istana Merdeka dan dilanjutkan  pertemuan bilateral delegasi dua negara.

Puncaknya adalah peluncuran Indonesia–US Comprehensive Partnership (CP). Kesepakatan yang telah dibahas sejak 2008 itu sekaligus juga menandai peningkatan kerjasama RI-AS di berbagai bidang dan menjadi dasar untuk pematangan Plan of Action dari Comprehensive Partnership tersebut oleh pejabat teknis terkait.

“Perdagangan dan investasi merupakan isu yang menjadi perhatian penting dalam kunjungan Presiden Obama ke Indonesia. Lebih dari 50% investasi AS terkonsentrasi pada sektor migas, chemical, pollution control, water sanitation, telecommunication equipment, retail dan power system,” ujar Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional, Teuku Faizasyah.

Pada mulanya Presiden Obama berencana mengadakan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada November 2009, usai kunjungannya ke Singapura. Tapi karena ingin mengajak dua putrinya, Sasha dan Malia, berkeliling kota tempatnya dibesarkan, Obama menundanya hingga Juni 2010 yang betepatan dengan libur sekolah.

Rencana kunjungan pada Juni 2010 itu sempat dipersiapkan pemerintah AS dan RI secara matang dan detail. Sebab rupanya Obama ingin juga mengajak keluarganya berwisata ke Candi Borobudur serta Ubud, Bali, sehingga lama kunjungan menjadi 3 hari 2 malam.

Tetapi, rencana itu ditunda karena Obama memutuskan untuk mewaspadai dinamika politik nasional AS terkait proses pengesahaan RUU Kesehatan oleh Kongres AS. Jadwal yang ketiga juga ditunda sebab Obama ingin berkonsenterasi memimpin langsung penanggunangan bencana tumpahan minyak mentah di Teluk Meksiko.

Kunjungan kenegaraan yang akhirnya terlaksana ini sedikit berbeda dari yang Obama rencana awal, Sasha dan Malia urung berwisata ke Indonesia. Mungkin kelak setelah Borobudur tak lagi berselimut abu vulkanik Merapi, Obama dan keluarganya akan berwisata ke candi yang sempat tercatat dalam daftar tujuh Keajaiban Dunia itu.

dtc/tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya