SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Lantaran terhantam ombak, kapal nelayan Pantai Baron, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul terbalik, Minggu (24/11/2013) malam. Akibatnya, nelayan mengalami kerugian jutaan rupiah.

Pemilik kapal Lasimin menuturkan peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 21.00 WIB. Ketika itu dirinya dan tekong Dermo tengah menuju Pantai Baron setelah mencari ikan bawal di Perairan Parangtritis.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Setelah mencapai jalur masuk ke Pantai Baron, kapal terhantam pecahan ombak setinggi dua meter dari depan. Akibatnya bagian depan kapal menancap di pasir. Ketika dalam posisi tersebut, kapal kembali terhantam ombak dari belakang sehingga kapal terangkat dari belakang.

“Kapal itu sampai berdiri. Padahal ombaknya juga termasuk halus. Kami pun terlempar. Saya ke kanan [timur] sedangkan teman saya ke bagian kiri [barat]. Beruntung kami masih selamat,” papar dia kepada Harianjogja.com ketika ditemui di Pantai Baron, Senin (25/11/2013).

Akibat peristiwa tersebut, sekitar 15 kilogram ikan bawal yang berhasil ditangkap hilang. Satu kilogram bawal bisa mencapai harga Rp100.000 hingga Rp150.000. Hanya sekitar tiga kilogram bawal yang bisa diselamatkan. Selain itu jaring penangkap ikan juga rusak lantaran tersangkut di karang. Kapal juga mengalami patah katir dan gading-gading.

“Kerugian kapal bisa mencapai Rp1 juta kalau kerusakan seperti itu. Kalau ditambah dengan ikan dan harus libur itu bisa mencapai Rp5 jutaan. Selain itu harus menunggu perbaikan kapal. Kira-kira sepekan. Terpaksa harus libur dulu padahal baru musim bawal,” tutur tekong kapal Dermo.

Ia menambahkan sebagai nelayan sudah menjadi risiko mengalami keadaan darurat. Nelayan harus bisa bergerak dan mengambil tindakan cepat dan tepat ketika menghadapi kondisi darurat.

Proses evakuasi kapal menghabiskan waktu kurang lebih setengah jam. Proses evakuasi dibantu anggota tim Search And Rescue (SAR) Wilayah II Baron dan nelayan yang kebetulan berada di Pantai Baron. “Ada 15 personel SAR yang kami kerahkan untuk membantu,” tutur Koordinator Tin SAR Wilayah II Baron Marjono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya